Manfaat Labu Siam Untuk kecantikan dan Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Labu siam atau yang lebih dikenal dengan nama jipang ini merupakan termasuk dalam jenis sayur-sayuran yang kaya akan kandungan gizi di dalamnya. Labu siam adalah tumuhan yang juga masuk ke dalam jenis labu-labuan (Cucurbitaceae) dengan ciri tumbuh secara merambat di tanah dan biasanya banyak kita temukan ditanam di perkarangan rumah. Nah apakah Anda suka mengonsumsi labu siam? Beruntung bagi Anda yang suka mengonsumsi labu siam, hal ini dikarenakan ternyata labu siam memiliki manfaat yang cukup banyak khususnya untuk kecantikan dan kesehatan. Ingin tahu manfaat labu siam untuk kecantikan dan kesehatan? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

manfaat labu siam

Inilah Khasiat Labu Siam Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, Amerika. Mengatakan bahwa labu siam merupakan salah satu sayuran yang sangat rendah kalori, tinggi serat dan kaya akan mineral. Maka sangat wajar jika labu siam sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehtan, diantaranya adalah sebagai berikut!

Manfaat dan khasiat labu Siam Untuk Kecantikan

  • Mencegah penuaan dini, labu siam memang sangat dipercaya ampuh mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini dikaenakan labu siam memiliki kandungan flavonoid yang cukup banyak. Dimana kandungan flavonoid yang terdapat di dalam labu siam dapat membantu tubuh melawan zat-zat berbahaya yang beresiko untuk merusak jaringan kulit yakni zat Reactive Oxygen Species (ROS). Selain itu juga dapat mencegah radikal bebas yang mendapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh.
  • Melembakan kulit, khasiat labu siam untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat membantu melebabkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang terdapat di dalam labu siam. Adapun caranya cukup dengan memarut labu siam, setelah itu oleskan secara merata pada area wajah Anda, lalu diamkan dan bilas menggunakan air bersih.
  • Mengatasi tumit menghitam, tumit kering, kasar dan hitam tentu saja dapat menganggu penampilan seseorang, terutama bagi seorang wanita. Namun tenang jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan getah dari labu siam. Caranya, potong-potong labu siam lalu oleskan pada tumit yang menghitam. Setelah itu diamkan hingga kering lalu cuci hingga bersih.

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

  • Mengatasi hipertensi, dengan mengonsumsi labu siam secara rutin dipercaya dapat membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Purdue, bahwa labu siam memiliki kandungan yang sangat ampuh dalam mengatasi penyakit hipertensi.
  • Sebagai sumber antioksidan, labu siam memang banyak memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan salah satunya adalah mengandung 7,7 mg vitamin C. Dimana kandungan vitamin C tersebut dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan radikal bebas dalam tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan, labu siam selain dapat mengatasi berbagai penyakit ternyata juga sangat membantu menueunkan berat badan. Hal ini dikarenakan labu siam memiliki kandungan rendah kalori. Selain itu labu siam juga sangat tinggi tinggi serat, maka dengan begitu labu siam sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang menjalani progam diet.
  • Memperbaiki mood, manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh selanjuntya adalah untuk memperbaiki mood. Hal ini dikarenakan labu siam kaya akan selenium. Seperti yang Anda ketahui selenium merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk memperbaiki mood seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa kadar selenium yang rendah dalam tubuh dapat membuat mood seseorang buruk dan mudah marah.
  • Menurunkan risiko diabetes dan asam urat, labu siam memiliki efek diuretik yang dapat menurunkan kadar garam di dalam darah melalui pembuangan urin. Tak hanya itu saja, kelebihan asam urat dalam tubuh juga dapat dibuang melalui air seni. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dalam labu siam juga membuat penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan.
  • Antimikroba, kandungan tanin yang ada di dalam labu siam juga memiliki sifat anti mikroba. Namun tak hanya itu saja, labu siam juga mengandung alkaloid yang dapat melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar pastinya dapat mencegah penyakit stroke.
  • Menjaga kesehatan ginjal, Selain berolahraga secara teratur cara mudah menjaga kesehatan ginjal adalah dengan cara mengonsumsi labu siam. Kandungan air dalam labu siam dapat membuat ginjal dan saluran pencernaan bekerja lebih baik.
  • Baik untuk ibu hamil, Manfaat berikutnya adalah sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.Hal ini dikarenakan labu siam kaya akan asam folat. Seperti yang kita ketahui, asam folat bermanfaat untuk mencegah bayi lahir prematur, cacat dan berat badan kurang.

Nah itulah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Kacang Polong dan Kandungannya.

loading...
Tags:khasiat labu siam untuk wajah, labu siem bt kecantikan, manfaat getah labu siam untuk wajah, manfaat labu siam untuk wajah, manfat buah labu siam, selenium manfat untuk tubuh ap