Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Lada hitam sering dijadikan sebagai bumbu ketika membuat masakan. Meski membuat masakan menjadi lebih pedas, kehadiran lada hitam membuat masakan memiliki cita rasa yang khas. Lada hitam sendiri merupakan salah satu jenis rempah yang kehadirannya sudah terkenal sejak jaman dahulu. Lada merupakan tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis yang ada di negara India yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

manfaat lada hitam bagi kesehatan

Lada memiliki nama ilmiah yang disebut Piper Nigrum yang merupakan tanaman merambat dengan bentuk cenderung kecil dan bulat. Asal Anda tahu bahwa jenis tanaman rempah-rempah ini ternyata menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui. Untuk mengetahui apa saja manfaat lada hitam bagi kesehatan, silahkan simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Membantu Proses Menurunkan Berat badan

Manfaat lada hitam bagi kesehatan yang pertama adalah membantu proses menurunkan berat badan. Lada hitam berisi fitonutrien pada lapisan luar yang berfungsi untuk memecah sel lemak. Ini akan membuat tubuh berkeringat serta buang air kecil. Hal tersebut sangat membantu dalam menyingkirkan toksin di dalam tubuh. Perlu diingat bahwa dalam mengonsumsi lada hitam sebaiknya jangan terlalu berlebihan meski memiliki dalam membantu penurunan berat badan.

Membantu dalam Mencegah Penyakit Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Michigan Cancer Center menyatakan bahwa beberapa kanker dapat dihambat dengan kandungan piperine yang terletak di dalam lada. Lada hitam dapat dikombinasikan dengan kunyit untuk menghasilkan sifat anti-kanker yang semakin menguat. Sementara itu antioksidan yang terdapat di dalam lada juga turut membantu proses pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Membantu Mengatasi Beberapa Masalah Pencernaan

Manfaat lada hitam yang ketiga adalah membantu dalam mengatasi berbagai masalah pada pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sembelit. Ini dikarenakan di dalam lada hitam terkandung piperin yang bekerja dengan merangsang produksi asam hydrochloric. Asam hydrochloric berperan dalam mencerna protein di dalam perut. Untuk penggunaannya cukup dengan menambahkan lada hitam secukupnya ke dalam masakan.

Membantu untuk Meredakan Flu, Demam, dan Batuk

Manfaat lada hitam yang keempat adalah membantu dalam meredakan flu, demam, dan batuk. Sifat anti bakteri dan antioksidan di dalam lada hitam turut membantu dalam meredakan penyakit tersebut. Untuk penggunaannya cukup dengan menambahkan lada hitam secukupnya ke dalam masakan untuk membuat tubuh terasa lebih hangat. Selain itu Anda juga bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

Sebagai Anti Depresi Alami

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah sebagai anti depresi alami. Hal ini diungkapkan oleh The Journal of Food Chemical Toxicology bahwa piperin yang terdapat di dalam lada hitam membantu meningkatkan fungsi otak, sehingga membantu dalam pencegahan depresi. Seperti pada poin-poin di atas, penggunaan lada hitam dicampurkan ke dalam masakan.

Lada Hitam sebagai Anti Ketombe

Bagaimana lada hitam bisa menjadi anti ketombe? Ini disebabkan karena lada hitam memiliki sifat yang disebut dengan antibakteri dan antiinflamasi. Dengan begitu lada hitam memiliki kemampuan cukup dalam membantu menghilangkan ketombe pada rambut. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah, bagi Anda yang ingin mencoba menggunakannya silahkan ikuti caranya.

Campurkankan satu sendok teh lada hitam yang telah dihaluskan dengan secangkir yogurt. Setelah kedua bahan tercampur langkah berikutnya adalah oleskan pada bagian kulit kepala, tunggu selama kurang lebih setengah jam. Setelah menunggu selama kurang lebih setengah jam, bilas rambut dengan air bersih terlebih dahulu, Kemudian barulah gunakan shampoo rambut seperti biasa. Perlu diketahui, jangan gunakan lada hitam terlalu banyak agar tidak menyebabkan panas pada kulit kepala.

Lada Hitam Kaya akan Vitamin

Lada hitam digunakan untuk menambah cita rasa pada suatu menu maknan. Di dalam lada hitam mengandung beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah vitamin C, vitamin A, flavonoid, karoten, dan juga antioksidan yang membantu dalam menangkal radikal bebas. Dengan sifat antioksidan membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker. Sementara studi-studi lain menyarankan manfaat lada hitam ini dalam mengulur perkembangan dari kanker usus besar dan kulit. Tambahkan sekitar satu sendok teh lada hitam yang sudah dihaluskan ke dalam menu makanan sehari-hari. Akan lebih baik mengonsumsi lada hitam yang baru saja dihaluskan.

Lada Hitam Membantu Orang yang Mengalami Anoreksia

Manfaat lada hitam yang berikutnya adalah membantu orang yang mengalami anoreksia. Lada hitam memang sudah dikenal sejak lama dalam membantu menjaga kesehatan pencernaan serta merangsang selera makan pada seseorang. Dengan begitu lada hitam bisa menjadi salah satu obat alami yang bagus mereka yang menderita anoreksia (dimana seseorang sulit untuk tidak makan). Dengan begitu mereka akan mendapatkan nafsu makan secara perlahan-lahan.

Lada Hitam Dapat Dijadikan sebagai Tambahan Scrub

Lada hitam ternyata juga dapat berguna sebagai exfoliant. Ketika lada hitam dihaluskan dapat dijadikan sebagai scrub wajah yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati, merangsang sirkulasi, serta membantu memberikan oksigen pada kulit. Sifat antibakteri dan anti inflamasi membantu dalam menjaga kulit dari jerawat. Namun untuk penggunaan sebaiknya jangan terlalu berlebihan.

Lada Hitam Membantu Meredakan Perut Kembung

Manfaat lada hitam yang terakhir dalam pembahasan ini adalah membantu dalam meredakan perut kembung. Sifat karminatif dari lada hitam membantu dalam mencegah terjadinya pembentukan gas. Dengan begitu lada hitam bisa meringankan rasa tidak nyaman yang disebabkan karena perut kembung. Tambahkan lada hitam pada makanan guna membantu meredakan perut kembung.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat lada hitam bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Khasiat bawang merah mentah.

Tags:lada hitam, ciriciri lada hitam, ramuan tradisional untuk gatal di wajah