Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

By Categories : Kesehatan

Tanpa sadar masih banyak orang yang menyalakan lampu disaat mereka tidur. Padahal hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang masih tidur dengan kondisi lampu menyala, sebaiknya untuk mematikan lampu tersebut. Dengan mematikan lampu saat tidur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat mematikan lampu saat tidur? Yuk ketahui dengan membaca ulasannya di bawah ini!

Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Berikut Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur yang Perlu Anda Ketahui

Mengurangi Resiko dari Penyakit Diabetes

Tidur dengan lampu dimatikan mampu mengurangi resiko dari penyakit diabetes. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes alangkah baiknya untuk menjaga pola hidup dan makan sehat. Selain itu olahraga rutin juga diperlukan untuk mengurangi resiko tersebut. Namun tahukah Anda bahwa tidur dengan lampu dimatikan mampu mengurangi resiko penyakit tersebut? ini dikarenakan mampu meningkatkan hormone melatonin saat lampu dimatikan. Hormon tersebut berfungsi untuk merangsang lemak beige yang mampu membantu dalam proses kalori pada tubuh.

Mengurangi Resiko dari Penyakit Kanker

Manfaat mematikan lampu saat tidur selanjutnya adalah mengurangi resiko penyakit kanker. Cahaya yang dihasilkan dari lampu yang menyala bisa merangsang sel-sel dalam pembentukan penyakit kanker. Meski dalam jangka waktu lama, sebaiknya memulai mencegah mengingat penyakit kanker merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Seperti penjelasan di atas bahwa tidur dengan lampu menyala akan mengurangi produksi hormone melatonin yang mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bagi Anda yang mengalami susah tidur atau insomnia bisa jadi dapat diakibatkan oleh lampu yang menyala. Nah oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda dapat mencoba mematikan lampu ketika tidur. Dengan kualitas tidur yang baik maka tubuh akan lebih segar ketika bagun di pagi hari. Adapun tips tidur nyenyak dan berkualitas yang bisa Anda coba di rumah.

Menghemat Energi

Untuk poin yang satu ini bukan berarti menghemat energi tubuh, melainkan membantu untuk menghemat energi alam. Bayangkan saja mematikan satu lampu yang kurang berguna dapat membantu menyelamatkan dunia akibat dari pemanasan global yang terus membayang-bayangi bumi. Selain itu mematikan lampu saat tidur juga dapat menghemat pengeluaran untuk pembayaran listrik.

Membantu Meningkatkan Kinerja Otak

Untuk mendapatkan kemampuan otak agar tetap terjaga dengan baik, dibutuhkan latihan yang disebut belajar serta mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Salah satu waktu yang tepat untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup adalah tidur pada saat malam hari. Seperti penjelasan pada poin di atas bahwa salah satu kemungkinan yang dapat menyebabkan insomnia adalah lampu dalam kondisi menyala. Tidur dalam kondisi gelap membuat tidur lebih nyenyak, dengan begitu waktu istirahat untuk otak akan terpenuhi.

Nah itulah tadi beberapa manfaat mematikan lampu saat tidur yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel terkait mengenai Bahaya pola tidur tidak teratur.

loading...
Tags:apa yang digunakan oleh perempuan saat tidur, bahaya lampu menyala pada warna kulit saat tidur, mematikan lampu sAat tidur dapat mempercantik, menghemat hormon tubuh