Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Morinda citrifolia L adalah nama latin dari buah mengkudu yang termasuk dalam famili Rubiaceae. Tanaman ini biasa tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 3-8 m. Buah ini sudah terbukti mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Maka jangan heran jika ada banyak cerita bahwa nenek moyang kita selalu menggunakannya sebagai obat tradisional.mengkudu

Mengkudu yang sangat kaya akan antioksidan dan enzim dipercaya dapat menjadi pembangkit energi. Selain antioksidan dan enzim buah mengkudu juga mengandung glikosida, terpine, antrakuinon, xeronine, scopoletin yang pastinya memiliki fungsi yang sangat baik bagi kesehatan. untuk penjelasan yang lebih jauh, berikut adalah Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan.

  1. Melawan tumor dan kanker

Mengkudu yang mengandung damnacanthal mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Di dalam tubuh, mengkudu bekerja sinergis dengan mikronutrien yang lain untuk menghambat aliran darah yang menuju ke sel-sel kanker atau tumor. Karena suplai aliran darah terhambat maka sel tumor dan kanker dalam tubuh dapat dimatikan dan tidak menyebar.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sari buah mengkudu mampu merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh. Apa itu sel T? Sel T merupakan sel yang sangat berperan penting dalam melawan penyakit. Selain itu sari buah mengkudu juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga memiliki kemampuan menormalkan fungsi sel-sel yang tidak normal.

  1. Analgesik / penghilang rasa sakit

Morfin adalah salah satu obat penghilang rasa sakit yang biasa kita dengar. Seperti dengan morfin, buah mengkudu khususnya daunnya merupakan obat alami yang dapat meredakan nyeri. Tak hanya itu daun buah mengkudu biasa digunakan untuk meredam sakit kepala. Mengkudu yang memiliki kandungan analgesik sebesar 75%  mampu digunakan sebagai obat penghilang rasa nyeri.

  1. Mengatur suasana hati/ mood

Scopoletin yang terkandung dalam buah mengkudu mampu meningkatkan kegiatan kelenjar peneal yang terdapat pada otak. Disitulah tempat dimana hormon serotonin diproduksi untuk menghasilkan hormon melatonin.  Kurangnya serotonin dalam tubuh akan menyebabkan gangguan tubuh seperti depresi, migrain bahkan sampai penyakit alzeimer. Selain itu, serotonin dan melatonin juga berfungsi sebagai pengatur suasana hati (mood), siklus produksi sel telur, rasa lapar dan masa pubertas.

Itulah beberapa Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan.  meskipun tidak sakit mengonsumsi buah ini pun tidak ada salahnya. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan? Think again :)

loading...