Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Manfaat minum air hangat di pagi hari adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh setiap orang. Karena hal ini tak hanya dapat menghangatkan tubuh saja, meminum air hangat di pagi hari juga memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara ini pastinya sangat mudah dilakukan, hanya saja manfaat mengonsumsi air hangat di pagi hari belum banyak diketahui oleh banyak orang. Artikel kali ini akan membahas mengenai khasiat air hangat untuk kesehatan tubuh.

Jika dibandingkan dengan air hangat hampir setiap orang sangat menyukai minum air dingin. Hal ini dikarenakan air dingin dapat memberikan sensasi lebih segar pada tengorokan ketika kita merasa haus. Meskipun sama-sama bermanfaat untuk mengrehidrasi tubuh, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa minum air hangat secara teratur juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

manfaat minum air hangat

Agar dapat mengatasi kondisi tertentu serta agar manfaat yang dihasilkan lebih optimal, Anda bisa mencampurkan air hangat dengan menggunakan beberapa bahan alami seperti madu, jeruk nipis, jeruk lemon dan lainnya. Jika penasaran, berikut adalah manfaat meminum air hangat di pagi hari yang bisa Anda dapatkan.

Inilah Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai Detok Alami

Detok merupakan salah cara yang dilakukan untuk mengeluarkan toksin atau racun yang ada di dalam tubuh. Selain polusi udara, makanan yang kita konsumsi juga kaya akan racun, seperti makanan berlemak, makanan mengandung kolesterol, makanan berpengawet serta makanan yang kaya akan pewarna dan pemanis buatan.

Untuk membuang racun-racun dalam tubuh tersebut salah satu caranya adalah meminum air hangat. Air hangat yang Anda minum dapat memicu keluarnya keringat dan tentu saja racun dalam tubuh dapat keluar melalui keringat tersebut. Agar hasil lebih optimal, Anda bisa mencapurkan jeruk nipis ataupun madu ke dalam air hangat. Kandungan vitamin C pada kedua bahan alami tersebut dapat menangkal radikal bebas serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga cara menurunkan berat badan secara alami dan aman

Menurunkan Berat Badan

Seseorang yang sedang berdiet tak ada salahnya mencoba hal yang satu ini. Air hangat yang diminum dapat membuat temperatur tubuh meningkat, sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan lancar. Seperti yang kita ketahui metabolisme tubuh yang lancar dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu, mulailah untuk meminum air hangat setiap pagi, agar hasil lebih maksimal Anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Selanjutnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah lancar tentu saja hal ini akan membuat fungsi organ tubuh berjalan dengan baik. Tak hanya itu saja, air hangat juga dapat membuat sistem saraf lebih sehat karena air hangat dapat memecah tumpukan lemak dan kolesterol jahat yang ada disekitarnya. Dengan begitu jantung akan memompa darah lebih optimal.

Meredakan Gatal Tenggorokan

Manfaat minum air hangat berikutnya adalah untuk meredakan gatal pada tenggorokan. Saat batuk, salah satu hal yang sering dialami penderita adalah gatal pada tenggorokan. Rasa gatal tersebut disebabkan karena virus batuk. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa meminum air hangat dengan campuran perasan air jeruk nipis atau lemon. Campuran air hangat dengan perasan jeruk tersebut dapat menetralisir virus batuk yang menyebabkan batuk dan gatal pada tenggorokan.

Ketika mengalami masalah ini Anda pun juga harus menghindari beberapa makanan yang memperparah kondisi tenggorokan Anda. Beberapa makanan tersebut diantaranya adalah makanan berlemak, gorengan, makanan pedas serta minuman bersoda.

Meredakan Kram Perut

Setiap wanita pasti pernah mengalami kram perut ketika haid atau menstruasi hari pertama. Namun Anda jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya hanya dengan meminum air hangat di pagi hari. Air hangat sangat baik untuk menenangkan otot-otot perut, selain itu hawa panas pada air hangat juga dapat merileksasikan tubuh. Selain meminumnya, Anda juga bisa mengompres perut dengan botol yang berisi air hangat.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat berikutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Mengonsumsi air hangat setelah makan dapat membuat makanan yang Anda konsumsi terserap sempurna dan air hangat juga dapat melarutkan minyak dan lemak bersama dengan peredaran darah di dalam tubuh.

Membangkitkan Semangat

Seperti yang kita ketahui pada pagi hari banyak orang yang merasa malas untuk melakukan suatu aktivitas. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa meneguk segelas air putih hangat. Agar lebih nikmat Anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon. Dengan meminum air hangat di pagi hari, rasa kantuk dan malas yang Anda rasakan bisa teratasi.

Baca juga manfaat mandi air hangat untuk kesehatan tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari.