Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

By Categories : Kecantikan

Manfaat minyak ikan memang cukup banyak, salah satunya adalah untuk kesehatan. Banyak orang yang menggunakan minyak ikan untuk mengobati penyakit jantung, depresi, kolesterol tinggi, kecemasan, kekebalan rendah, peradangan, diabetes, penyakit alzheimer, gangguan mata terganggu, serta kanker. Selain itu, minyak ikan juga sering digunakan untuk membantu menurunkan berat badan, perawatan kulit, serta menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Minyak ikan merupakan salah satu sumber lemak  rendah kolesterol yang sangat aman dikonsumsi oleh semua orang termasuk anak-anak. Minyak ikan mengandung  Omega 3, Vitamin D dan Vitamin A. Kandungan omega 3 esensial di antaranya adalah asam dokosaheksaenoat dan asam eicosapentaenoic. Adapun manfaat minyak ikan baik untuk kesehatan karena mengandung asam alfa linolenat dan asam gamma-linolenat.

Kandungan nutrisi tersebut memang bermanfaat untuk tubuh. Anda dapat menemukan minyak ikan dari berbagai jenis ikan seperti ikan sarden, ikan herring, ikan todak, ikan asin, ikan makarel, dan ikan salmon. Dan yang paling umum diambil minyaknya adalah ikan tuna sirip kuning, ikan makarel, ikan sarden, dan ikan salmon. Untuk kualitas minyak sendiri tergantung dari jenis ikan apa yang diambil minyaknya.

Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan

manfaat minyak ikan

Minyak ikan baik dikonsumsi oleh segala usia. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa manfaat dari minyak ikan untuk kesehatan.

Mengobati Penyakit Alzheimer

Minyak ikan memiliki manfaat untuk mengobati penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian yang dilakukan di Louisiana State University menunjukkan bahwa  asam lemak sangat efektif untuk mengobati penyakit ini. Minyak ikan merupakan salah satu minyak terbaik dalam menghasilkan asam lemak esensial termasuk DHA dan EPA.

Meningkatkan Penglihatan

Manfaat minyak ikan selanjutnya adalah memiliki kemampuan untuk memperbaiki penglihatan. Selain itu minyak ini juga membantu untuk menghindari degenarasi makula yang terkait usia. Sebuah penelitian yang dilakukan di Hardvard University menyatakan bahwa tikus yang kurang akan asam lemak dan omega 3 menderita pendarahan retina yang menyebabkan degenerasi dan kebutaan. Oleh karena itu para ahli medis menyarankan mengonsumsi minyak ikan agar mata tidak kering dan penglihatan meningkat.

Mengurangi Depresi dan kecemasan

Manfaat lain dari minyak ikan yaitu dapat mengurangi depresi dan kecemasan. Dalam hal ini asam lemak Omega 3 sangat berperan penting karena minyak ini diklaim mampu mengurangi stres, cemas, gelisah dan gangguan saraf. Selain itu, minyak ikan juga mampu menstabilkan suasana hati dan dapat mengobati gangguan bipolar. Hal ini terbukti dari negara yang banyak mengonsumsi minyak ikan memiliki rendah depresi.

Menyehatkan Jantung

Minyak ikan merupakan sumber omega 3 yang sangat baik sehingga ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung. Minyak ikan juga dapat digunakan untuk mencegah aterosklerosis pada pasien jantung koroner. Penggunaan minyak ikan yang rutin sangat membantu menghindari kematian mendadak akibat serangan jantung. Selain itu, minyak ini juga dapat meningkatkan aliran darah karena mengandung antikoagulan yang berperan penting dalam peredaran darah.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi minyak ikan secara rutin juga baik untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe yang mengungkapkan bahwa kandungan pada minyak ikan mampu meningkatkan efektivitas latihan saat melakukan program penurunan berat badan. Mereka yang mengonsumsi minyak ikan akan mengalami penurunan berat badan lebih besar, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan ketika diet. Selain itu, kombinasi dengan latihan fisik secara rutin juga baik untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Meningkatkan Imunitas

Khasiat atau manfaat minyak ikan selanjutnya adalah mampu meningkatkan imunitas seseorang. Hal ini berguna untuk mencegah timbulnya penyakit seperti flu dan batuk. Kandungan asam lemak omega 3 pada minyak ikan mampu mempengaruhi sitokin serta eicosanoid di dalam tubuh. Selain itu, minyak ikan juga baik untuk pasien penderita lupus, yakni penyakit yang ditandai dengan serangan pada sistem kekebalan tubuh di berbagai jaringan atau organ.

Perawatan Kulit

Selain untuk kesehatan, minyak ikan juga baik untuk perawatan kulit. Minyak terbukti ampuh untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya menjadi cerah. Selain itu, minyak ikan juga baik untuk mengatasi masalah kulit, di antaranya adalah pso riasis, lesi kulit, ruam, gatal-gatal dan eksim. Pada umunya kapsul minyak ikan yang dapat Anda beli di pasaran dapat membantu mengurangi hilangnya kulit yang lembab.

baca juga : manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

Itulah beberapa manfaat minyak ikan. Gunakan minyak ikan secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit namun jangan gunakan minyak ikan secara berlebihan. Karena penggunaan minyak ikan yang berlebihan dapat mengakibatkan alergi, pendarahan internal sampai pendarahan otak.

Tags:apakah minyak ikan ampuh untuk mengibati ganguan saraf pd anak