Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

By Categories : Kesehatan

Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita yang harus dijaga kesehatan dan kecantikannya. Minyak kelapa memang sudah dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut sejak dulu. Rambut yang panjang, berkilau dapat dijadikan suatu acuan bahwa ia memiliki rambut yang sehat. Tak sedikit para wanita yang ingin memiliki rambut yang indah dengan cara melakukan berbagai macam perawatan ke salon. Namun tahukah Anda ada bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga keindahan rambut Anda, sehingga hal ini dapat mengurangi pengeluaran Anda. Lantas bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Berikut adalah manfaat minyak kelapa untuk rambut.

pppp

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Kulit kulit kepala yang sehat, ini menandakan bahwa rambut juga sehat. Sifat anti bakteri dan jamur yang terkandung dalam minyak kelapa berguna untuk mengatasi ketombe dan kutu pada rambut. Sehingga jika masalah tersebut dapat di atasi, pertumbuhan rambut lebih sehat dan lebat.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Saat Anda menggunakan minyak kelapa, pastikan Anda memijat kulit kepala Anda hingga rata. Pijatan ringan yang Anda lakukan dapat melancarkan dan meningkatkan sirkulasi darah yang menuju ke kepala Anda. Sirkulasi darah yang teratur dapat meningkatkan aliran oksigen ke folikel rambut. Sehingga hal ini akan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Melembabkan Rambut

Salah satu masalah yang sering dialami wanita adalah rambut kering. Rambut kering yang tidak segera di atasi tentunya dapat menyebabkan masalah lainnya seperti rambut mdah rontok dan berketombe. Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut.

Menutrisi Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut selanjutnya adalah menutrisi rambut. Rambut yang rusak dan mudah diatur merupakan salah satu ciri bahwa rambut tersebut tengah kekurangan nutrisi. Selain mengonsumsi makanan yang dapat merangsang kesehatan rambut, Anda juga harus melakukan perawatan dari luar dengan cara menggunkan minyak kelapa. Caranya pun mudah, yaitu oleskan minyak kelapa hingga rata dari batang hingga ujung rambut Anda, kemudian diamkan semalaman. Pada keesokan harinya bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Melakukan perawatan ini secara teratur, dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

Mencegah Hilangnya Protein Rambut

Selain mengandung vitamin E, minyak kelapa juga kaya akan asam lemak, asam laurat dan asam linoleat. Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa memiliki tingkat afinitas yang tinggi untuk protein rambut. Oleh karena itu menggunakan minyak kelapa secara rutin dapat membantu Anda meningkatkan nutrisi khususnya protein dalam rambut Anda. Protein sendiri berfungsi untuk menjaga keindahan rambut dan dan mencegah rambut terjadi kerusakan.

Nah itulah beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut. Baca juga artikel terkait tentang Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan.