Manfaat Musik Klasik Bagi Ibu Hamil dan Calon Bayi

By Categories : Kesehatan

Kemarin kita sudah membahas tentang tips agar cepat hamil. Kali ini, kami akan menjelaskan tentang manfaat mendengarkan musik klasik bagi ibu hamil dan calon bayi. Yuk simak tipsnya di sini!

Musik klasik merupakan komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa. Setelah berkembangnya zaman, musik klasik mulai tersebar ke seluruh penjuru dunia salah satunya Indonesia. Tahukah Anda musik klasik dapat memberikan manfaat yang besar bagi ibu hamil dan juga calon bayi dalam kandungan? Salah satu jenis musik klasik yang dianjurkan untuk didengarkan adalah musik klasik dari Mozart. Jenis musik klasik ini dipercaya dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan janin dalam kandungan.

pregnant-woman-using-headphones

Selain itu, musik klasik juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan janin. Penasaran kan apa saja manfaat musik klasik bagi ibu hamil dan calon bayi? Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat musik klasik bagi ibu hamil dan calon bayi

Mengurangi stres

Manfaat yang pertama musik klasik adalah dapat mengurangi stres pada ibu hamil. Biasanya seorang ibu hamil akan mengalami perubahan baik fisik atupun mental. Tak hanya itu, ibu hamil juga akan memiliki rasa sensitifitas yang lebih tinggi dari biasanya. Maka dari itu, mendengarkan musik klasik sangat dianjurkan. Karena selain dapat mengurangi stres dan juga tekanan, kondisi ibu hamil yang stabil juga akan mempengaruhi perkembangan janin menjadi lebih baik.

Berkomunikasi dengan baik

Seorang ibu, yang sering mendengarkan musik klasik saat hamil juga akanĀ  mempengaruhi tumbuh kembang bayi saat dewasa nanti. Saat bayi masih dalam kandungan, suara yang Ia dengar selalu menjadi acuan untuk mendengarkan informasi. Musik yang selalu Ia dengarkan, akan membantunya untuk mempelajari ucapan dan bagaimana cara merespon dengan baik. Sehingga, ketika sudah terlahir ke dunia Ia akan lebih mudah untuk berkomunikasi.

Menenangkan bayi

Manfaat musik klasik selanjutnya adalah dapat menenangkan bayi. Janin yang sudah terbiasa mendengarkan musik klasik akan dapat tertidur dengan pulas dan tidak mudah rewel. Selain itu, musik klasik juga bermanfaat bagi bayi prematur. Bayi yang terlahir prematur biasanya memiliki detak jantung yang cepat dan rasa tidak nyaman. Maka dari itu, cobalah untuk memutarkan musik klasik agar detak jantungnya kembali normal dan bayi akan terlihat tenang.

Merangsang kecerdasan otak

Musik klasik juga berpengaruh dengan kecerdasan otak, khusunya otak kanan. Otak kanan berhubungan langsung dengan kepribadian seseorang, kreativitas, seni, sosialisasi dan juga bahasa serta komunikasi. Seorang janin yang sering didengarkan musik klasik juga akan mendorong Ia untuk bergerak lebih aktif. Dan setelah dilahirkan Ia akan menjadi anak yang aktif dan juga cerdas.

Nah sekarang sudah tahu kan manfaat musik klasik bagi ibu hamil dan calon bayi? Sebaiknya, dalam mendengarkan musik klasik pada janin, ambilah waktu yang tepat yaitu sekitar jam 8 malam dengan cara menempelkan earphone pada sisi kiri dan kanan di perut ibu.

Baca juga artikel lainnya cara mengatasi anemia.

loading...
Tags:mengapa ibu hamil dianjurkan untuk sering mendengarkan musik klasik, waktu yang tepat mendengar musik klasik bagi ibu hamil, mengapa ibu hamil dianjurkan untuk sering mendengarkan musik klasik?, waktu untuk bayi dengarkan musik klasik, mengapa ibu hamil dianjurkan unt, manfaat musik klasik pada ibu hamil, manfaat musik klasik bagi bayi prematur adalah, manfaat musik bagi perkembangan janin, manfaat musik, manfaat mendengarkan musik klasik ke janin, manfaat lagu klasik untuk ibu hamil, lagu apa yang bagus didengarkan untuk ibu hamil? yang baik untuk bayi, gambar ibu berkomunikasi dg bayi hamil, gambar earphone yg di gunakan untuk mendengarkan music clasik kepada janin, berapa lama bayi dalam perut mendengarkan musik