Manfaat Oregano untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Oregano merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan pada pembuatan spaghetti dan juga pizza. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah Mediterania dan juga Asia Tengah serta Selatan. Kandungan vitamin mineral dalam oregano sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Setiap orang pastinya ingin mendapatkan kesehatan dan kebugaran. Selain berolahraga dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, Anda juga dapat memanfaatkan oregano untuk menjaga kesehatan Anda. Agar lebih jelas, berikut adalah manfaat oregano untuk kesehatan.

Manfaat Oregano

Khasiat oregano untuk menjaga kesehatan tubuh

  • Melegakan hidung tersumbat

Manfaat yang pertama adalah melegakan hidung tersumbat. Tak hanya flu saja, udara dingin dan alergi juga merupakan salah satu penyebab hidung tersumbat. Jika Anda mengalami hal ini, Anda dapat memanfaatkan oregano. Kandungan dekongestan pada oregano dapat membantu Anda untuk melegakan hidung tersumbat dan tenggorokan. Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak oregano pada semangkuk air panas, kemudian hiruplah aroma uapnya.

  • Meredakan kram menstruasi

Saat datang bulan salah satu hal yang sering menimpa wanita adalah perut kram. Jika tidak segera diatasi, hal ini tentunya sangat tidak nyaman dan mengganggu. Oleh karena itu, cobalah untuk memanfaatkan oregano sebagai bahan campuran teh. Caranya Anda dapat menyeduh teh oregano kering dalam air mendidih. Selain memanfaatkannya sebagai teh, Anda juga dapat langsung menngunyah daun oregano yang segar.

  • Kaya akan mineral

Manfaat oregano yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Hal ini dikarenakan oregano kaya akan kalsium, magnesium, tembaga,potasium dan juga zat besi. Selain itu, rutin menambahkan oregano pada masakan Anda dipercaya dapat untuk mencegah anemia atau kurang darah.

  • Meringankan serangan asma

Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang pernapasan seseorang. Untuk meringankan serangan ini, Anda dapat membuat teh herbal dari oregano kering. Kandungan senyara terpen, flavonoid dan carvacrol pada oregano dapat membantu tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dan juga tabung bronkial dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ vital manusia yang berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami masalah, tentunya ini akan membuat kinerja organ lainnya semakin menurun. Kelainan pada jantung juga dapat mengakibatkan masalah serius yaitu serangan jantung hingga gagal jantung. Oregano yang Anda konsumsi kaya akan potasium yang dapat mengontrol tekanan darah dan denyut jantung menjadi lebih normal. Tak hanya itu saja, kandungan asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Nah demikianlah ulasan tentang manfaat oregano untuk kesehatan tubuh. Selain itu oregano juga bermanfaat untuk membunuh parasit dalam usus, membunuh virus penyebab flu serta kaya akan antioksidan yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan. Baca juga artikel mengenai  Khasiat teh putih untuk kesehatan.

Tags:kandungan dan manfaat oregano, khasiat oregano