Manfaat Pijat Refleksi untuk Tubuh

By Categories : Kesehatan

Rasa stress dapat dipicu oleh berbagai macam faktor seperti terlalu banyak pikiran serta banyaknya aktivitas kegiatan yang menghampiri. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mencoba pijat refleksi. Pijat menjadi alternatif bagi seseorang yang mengalami kelelahan tubuh dan juga lelah pikiran.

manfaat pijat refleksi

Terdapat banyak manfaat yang bisa diambil dari pijat refleksi. Pijat refleksi sendiri sampai saat ini masih menjadi banyak pilihan bagi mereka yang memiliki aktivitas padat seharian yang hidup dikeramaian perkotaan. Menurut beberapa ahli terapi pijat refleksi memiliki banyak khasiat seperti membantu mengobati rasa pegal pada bagian tubuh kepala, punggung, perut, dan kaki.

 

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja itu manfaat yang bisa diambil dari pijat refleksi, di bawah ini terdapat beberapa manfaat pijat refleksi yang telah dirangkum dari beberapa sumber di internet!

Berikut Manfaat Pijat Refleksi untuk Tubuh

Membantu Menghilangkan Lelah pada Tubuh

Manfaat pijat refleksi pada tubuh yang pertama adalah membantu menghilangkan lelah pada tubuh akibat aktivitas seharian yang padat. Manfaat inilah yang bisa didapatkan oleh tubuh dari pijat refleksi. Lelah pada tubuh ditambah dengan beban pikiran yang menghampiri menjadi faktor penyebab stress dan depresi pada seseorang.

Mencegah Cedera pada Tubuh

Manfaat pijat refleksi berikutnya adalah membantu dalam mencegah cedera pada tubuh. Dengan dilakukannnya pijatan refleksi pada tubuh akan melemaskan otot-otot pada bagian tubuh yang kaku. Hal inilah yang berperan penting sebagai pencegah terjadinya resiko cedera saat melakukan aktivitas berat maupuan saat berolahraga. Otot tubuh yang kaku rentan mengalami resiko cedera.

Membantu Meredakan Rasa Gelisah dan Depresi

Manfaat pijat berikutnya adalah membantu mengurangi rasa gelisah dan depresi. Ketika tubuh mendapatkan pijat refleksi tidak hanya menghilangkan capek pada tubuh saja, melainkan juga membantu merelaksasikan beban pikiran. Dengan pijat refleksi tubuh akan melepaskan hormone endorphin, sehingga akan mengurangi resiko stress dan cemas berlebih.

Membantu Meningkatkan Sirkulasi di Dalam Darah

Manfaat yang bisa diambil dari pijat refleksi berikutnya adalah membantu dalam meningkatkan sirkulasi di dalam darah. Dengan meningkatnya sirkulasi darah lancar dapat membantu meningkatkan berbagai fungsi hormone di dalam tubuh.

Memperlancar Sistem Pernapasan

Ketika tubuh mendapatkan pijat refleksi maka tubuh akan bernapas dengan rileks. Hal ini membuat oksigen pada udara masuk ke dalam tubuh secara perlahan-lahan dan melepaskan kembali secara perlahan. Dengan begitu oksigen tentunya akan mudah masuk ke dalam tubuh, sehingga akan membantu proses pernapasan serta membantu meningkatkan fungsi organ pada tubuh.

Membantu Mengatasi Susah Tidur

Manfaat pijat refleksi berikutnya adalah membantu mengatasi permasalahan seperti sudah tidur. Seperti pada penjelasan di atas bahwa dengan pijat refleksi tubuh akan mengalami rileks, sehingga permasalahan seperti susah tidur akan teratasi dengan baik. Oleh sebab itu bagi para penderita insomnia sebaiknya mencoba pijat refleksi.

Mengendurkan Otot yang Menegang

Selanjutnya adalah mengendurkan otot yang menegang. Seperti yang kita ketahui tubuh kita terdiri dari jutaan oto dan juga saraf. Jika tubuh stres, terserang penyakit dan juga kelelahan pastinya otot dan saraf tubuh akan menegang, dan jika hal ini terjadi dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang luar biasa pada bagian tubuh tertentu. Namun Anda jangan khawatir, karena ada cara mudah yang dapat dilakukan, yaitu dengan melakukan refleksi kaki.

Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fresh

Tubuh yang fresh dan segar juga dapat membuat tubuh lebih bugar. Hal ini merupakan dampak positif dari pijat refleksi. Pijat refleksi dapat membuat lebih rileks dan santai, pastinya hal ini juga akan membuat tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar.

Mencegah Penyakit Berbahaya

Selalu sehat dan terbebas dari penyakit berbahaya adalah impian bagi setiap orang. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, setiap orang harus mengubah pola makan dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. Namun tak hanya itu saja,  pijat refleksi yang menggabungkan teknik akupuntur dan acupressure pada bagian telapak kaki sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu dapat mencegah penyakit darah tinggi, kolesterol, kanker, diabetes, asam urat dan masih banyak lagi.

Mencegah Anemia

Manfaat yang satu ini sangat berkaitan erat dengan manfaat lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, anemia merupakan salah satu penyakit pada sistem peredaran darah manusia yang menyebabkan seseorang kekurangan sel darah. Jika tubuh terbebas dari anemia tentunya organ tubuh yang lain dapat memperolah suplai darah secara optimal. Dengan begitu tubuh akan selalu sehat. Jika Anda merasa sering pusing, lemas, mudah lelah dan tidak bersemangat, tak ada salahnya untuk melakukan pijat refleksi untuk mengatasinya.

Nah itulah tadi beberapa manfaat pijat refleksi untuk tubuh yang bisa Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Manfaat bekam bagi kesehatan.

loading...
Tags:pijat tubuh