Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena pada saat bulan tersebut merupakan bulan yang penuh berkah, di mana sesuatu kebaikan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan, akan digandakan berkali-kali lipat. Namun tak hanya itu saja manfaat bulan Ramadhan selain untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta serta melaksanan kewajiban sebagai umat muslim, berpuasa juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Selama berbulan-bulan sebelum puasa pencernaan kita tentunya akan bekerja keras untuk mencerna makanan. Saat puasa berlangsung, secara fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal untuk produksi sekresi pencernaan, akan tetapi dengan jumlah yang sedikit. Sehingga hal ini dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selama berpuasa organ pencernaan kita akan beristirahat dan meningkatkan fungsinya. Jadi setelah berpuasa, pencernaan kita akan lebih efisien dan mengurangi resiko seseorang terserang suatu penyakit seperti kembung, sembelit dan gastritis.

Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Kadar gula yang tinggi dalam darah seseorang dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes. Dalam kondisi tertentu seorang penderita diabetes boleh untuk melakukan puasa, namun tidak dianjurkan bagi penderita diabetes yang sudah parah. Mengapa demikian? Karena saat berpuasa tubuh akan meningkatkan pemecahan glukosa untuk mendapatkan energi. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi produksi insulin. Dalam hal ini Anda harus mengetahui cara mencegah panyakit diabetes agar saat berpuasa kondisi kesehatan Anda lebih terjaga.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat berpuasa tubuh akan terasa lemas dan lesu. Namun meskipun begitu berpuasa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan saat berpuasa tubuh akan menghasilkan limfosit B yang berjumlah 10 kali lipat dari biasanya. Sehingga hal ini akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh terhindari dari segala macam bakteri serta virus penyebab penyakit.

Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian “chronobiological” menyatakan bahwa seseorang yang berpuasa akan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), apoprotein alfa 1 dan tentunya penurunan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Sehingga menurunnya kolesterol LDL sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Menjaga Berat Badan

Selama berpuasa tubuh akan memecah glukosa sehingga ketika persediaan glukosa dalam tubuh sudah habis, maka ketosis dimulai yaitu memecah lemak untuk melepaskan energi. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh jadi penurunan berat badan lebih cepat karena mengurangi timbunan lemak yang ada di seluruh tubuh. selain itu berpuasa juga mendorong kita untuk meningkatkan kebiasaan diet yang sehat. Hal ini dikarenakan saat berpuasa pastinya kita akan mengurangi makan dan negemil aneka makanan olahan yang tidak sehat.

Nah itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Baca juga artikel tentang Tips agar perut tidak keroncongan saat puasa.

loading...