Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

By Categories : Kecantikan, Kesehatan

Rumput laut adalah tanaman yang tumbuh liar di lautan dan juga dibudidayakan oleh sebagian orang. Rumput laut sering digunakan untuk berbagai macam olahan minuman, makanan ringan, dan tak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Di beberapa negara di dunia, rumput laut menjadi makanan pokok untuk menambah cita rasa.

Di dalam rumput laut terkandung kandungan nutrisi positif seperti vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, D, E, F, K, juga kandungan asam lemak serta mineral. Dengan kandungan yang komplit membuat tanaman laut ini baik untuk dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik dan beberapa obat kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari rumput laut, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Rumput Laut

Berikut Manfaat Rumput Laut yang Perlu Anda Ketahui

Membantu Mengatasi Kulit Kering

Manfaat rumput laut yang pertama dapat membantu mengatasi kulit kering. Kulit kering biasanya disebabkan kekurangan akan asam lemak. Rumput laut merupakan tanaman laut yang mengandung asam lemak, sehingga sangat cocok sekali untuk Anda yang memiliki kulit kering. Jadi jangan ragu untuk menambahkan rumput laut ke dalam menu Anda.

Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas dapat memicu terjadinya penuaan dini pada kulit. Penuaan dini menjadi suatu hal yang tidak diinginkan setiap orang. Penuaan diri sebenarnya dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah rumput laut. Antioksidan tersebut berfungsi untuk mencegah proses penuaan dini serta timbulnya noda dan flek hitam pada wajah.

Membantu Mengurangi Berat Badan

Bagi yang memilki berat badan lebih, dan merasa kurang ideal sebaiknya mencoba menambahkan rumput laut ke dalam menu daftar diet. Di dalam rumput laut tidak mengandung sama sekali kandungan kalori atau lemak. Di sisi lain kandungan yodium yang cukup tinggi dapat membantu kesehatan kelenjar tiroid pada tubuh. Adapun peranan dari kelenjar tersebut adalah membantu mengatur metabolisme pada tubuh, sehingga berat badan akan tetap terjaga. Terlebih lagi mineral yang terkandung dalam tanaman laut tersebut membantu menghancurkan sel lemak pada tubuh.

Merawat Kulit pada Wajah

Manfaat rumput laut yang berikutnya adalah merawat kulit pada wajah. Sering kali rumput laut digunakan sebagai masker alami untuk perawatan kulit wajah. Peranannya sendiri seperti mampu mengangkat sel kulit mati serta mengembalikan sel kulit baru. Dengan begitu maka kulit akan tampak lebih halus, nampak segar, mengatasi jerawat dan lembut.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Serat yang cukup tinggi pada rumput laut baik untuk sistem pencernaan pada tubuh. Dengan mengonsumsi rumput laut memberikan bakteri baik pada perut, sehingga memperlancar sistem pencernaan dan membuat sistem pencernaan lebih sehat.

Demikianlah tadi manfaat rumput laut untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat Anda ketahui. Baca juga Tips merawat wajah berjerawat.

loading...
Tags:Manfaat rumput laut untuk mengatasi kulit kering