Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Banyak manfaat yang bisa diambil dari sarapan pagi. Tetapi masih banyak orang yang menghiraukan hal ini dengan berbagai alasan. Untuk sarapan pagi sendiri tidak harus mengonsumsi makanan berat dengan porsi berat, melainkan cukup dengan beberapa makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan yang mengandung serat lain seperti gandum.

manfaat sarapan pagi

Oleh sebab itu usahakan untuk sarapan di pagi hari dengan menyempatkan waktu beberapa menit saja. Dengan sarapan tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi yang bisa digunakan sebagai sumber energi tubuh untuk menjalankan aktivitas seharian. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat sarapan pagi, di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari sarapan pagi.

Berikut Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu Meningkatkan Daya Konsentrasi pada Otak

Manfaat sarapan pagi yang pertama adalah membantu meningkatkan daya konsentrasi berpikir pada otak. Ketika perut terasa lapar akan mempengaruhi segala aktivitas terutama daya konsentrasi berpikir pada seseorang. Namun untuk megatasi hal tersebut dalam mengawali aktivitas seharian sebaiknya menyempatkan waktu untuk sarapan. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu peningkatan daya konsentrasi, sehingga membantu aktivitas seperti bekerja, belajar, dan kegiatan lainnya.

  • Membantu untuk Menetralisir Asam Lambung

Sakit maag menjadi penyakit yang dapat menghampiri siapa saja bagi mereka yang terlalu sering membiarkan perut dalam keadaan kosong, karena terlambat untuk makan. Maag menjadi permasalahan serius, karena dapat mengganggu saat melakukan aktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah yakni dilakukan dengan cara makan teratur termasuk sarapan di pagi hari. Sarapan di pagi hari berfungsi untuk menetralisir kadar asam lambung, sehingga mengurangi resiko penyakit maag.

  • Membuat Tubuh Siap Melakukan Aktivitas

Manfaat sarapan pagi yang ketiga adalah membuat tubuh siap melakukan aktivitas. Seperti pada penjelasan di awal tadi bahwa dengan sarapan membantu memberikan asupan energi pada tubuh. Energi yang didapatkan berasal dari makanan sehat yang dikonsumsi saat sarapan. Dengan begitu tubuh akan terasa lebih fit, tidak mudah lelah dalam menjalankan segala kegiatan.

  • Membantu untuk Mengontrol Berat Badan

Untuk manfaat yang satu ini cocok untuk mereka yang tidak ingin memiliki berat badan berlebihan. Berat badan berlebihan dapat menimbulkan resiko obesitas atau kegemukan. Sarapan pagi mencegah seseorang mengalami rasa lapar berlebih akibat rasa lapar yang ditimbulkan. Dengan rasa lapar tersebut seseorang cenderung ingin mengonsumsi makan yang banyak. Oleh sebab itu makan teratur dengan porsi tidak terlalu banyak menjadi salah satu alternatif mudah yang bisa dilakukan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketika menjalankan program diet harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Saat menjalankan program tersebut sebaiknya diimbangi dengan langkah awal yakni sarapan pagi. Sarapan pagi selain membantu mengontrol berat badan juga membantu menurunkan berat badan dengan cara menghindarkan seseorang dari keinginan mengonsumsi cemilan yang justru dapat meningkatkan berat badan.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan yang dapat Anda ketahui mengenai manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh. Baca juga artikel tentang Makanan yang baik untuk diet.

loading...
Tags:manfaat sarapan pagi