Manfaat Senam Zumba untuk Menurunkan Berat Badan hingga Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Manfaat senam zumba sebenarnya banyak sekali dari untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan. Banyaknya manfaat yang didapat dari senam inilah yang membuat setiap orang khususnya kaum hawa  menyukai olahraga yang satu ini. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat dari zumba dance tak perlu khawatir, karena kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Siapa yang tidak kenal zumba? Hampir setiap orang pastinya mengetahui olahraga untuk menurunkan berat badan yang satu ini. Ya, zumba sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003. Namun di Indonesia sendiri baru populer sejak awal 2012 lalu. Saat ini zumba juga menjadi salah satu olahraga yang disukai oleh masyarakat, terutama para wanita. Sebab ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Jun Ko Agus, pelopor sekaligus instruktur Zumba Indonesia menjelaskan bahwa  zumba adalah tarian latin yang dipadukan dengan fitness 30 persen dan dansa 70 persen. Maka jangan heran jika latihan zumba per satu jam dapat membakar kalori antara 600 sampai 1.000. Di Indonesia sendiri zumba dibagi menjadi enam kategori dan bisa dilakukan oleh semua umur. Lalu bagaimana dengan gerakannya?

Jangan khawatir, gerakan zumba juga disesuaikan dengan kelompok usia masing-masing, mulai dari Zumbatomik, Toning, Sentao, Gold, Fitnes dan Aqua. Selain itu gerakan zumba juga bisa dipadukan dengan berbagai gaya dansa seperti saco, salsa, flamenco, reggaeto dan masih banyak lagi. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.Manfaat senam zumba

Inilah Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan hingga Turunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Manfaat utama senam zumba yang bisa didapatkan adalah menurunkan berat badan. Memiliki berat badan ideal dan proporsional adalah impian bagi setiap orang, baik pria dan wanita. untuk mendapatkan hal tersebut, tak ada salahnya jika Anda mencoba latihan senam zumba?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dalam satu kali latihan Zumba Fitness dapat membakar 600 sampai 1.000 kalori. Jika dilakukan dengan rutin maka Anda bisa menurunkan berat badan sekitar 1 kg dalam 1 minggu. Hal tersebut tentu saja kabar yang membahagiakan bagi Anda yang menginginkan tubuh kecil dan langsing.

Baca juga gerakan senam untuk mengecilkan perut buncit

Namun perlu diketahui bahwa penurunan berat badan tersebut bisa didapatkan dengan usaha ekstra. Jika ingin berat badan turun 4 kg sebulan, Anda harus mengikuti kelas zumba minimal seminggu lima kali baik pagi ataupun sore. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Menghilangkan Insomnia

Tak hanya menurunkan berat badan, senam zumba juga sangat baik untuk menjaga kesehatan seperti mengatasi insomnia. Jika tidak segera diatasi insomnia tak hanya dapat membuat Anda ngantuk dan tidak segar di pagi hari, insomnia juga dapat mengganggu kesehatan.

Nah bagi Anda yang mengalami masalah ini, mulailah untuk mencoba senam zumba. Sebab setelah zumba pastinya kita akan merasa capek dan lelah oleh karena itu tidur adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga orang yang susah tidur akan menjadi lebih mudah tidur.

Memperbaiki Saluran Pernapasan

Manfaat senam zumba selanjutnya adalah untuk memperbaiki saluran pernapasan. Saluran pernapasan yang lancar tentu saja dapat membuat aktivitas Anda semakin mudah dan ringan. Dan perlu diketahui pula bahwa gerakan tarian zumba yang dikombinasikan dengan olahraga dapat memperbaiki saluran pernapasan Anda.

Melancarkan Aliran Darah

Kalori tubuh yang terbakar tentu saja dapat membuat kolesterol jahat berkurang, sehingga aliran darah yang menuju ke seluruh tubuh dan jantung pun akan semakin lancar. Selain itu, senam zumba juga sangat dapat membuat tubuh berkeringat dan semakin segar.

Mengatasi Stres

Tak hanya mengatasi insomnia saja, latihan zumba juga dapat mengatasi stres dan penat. Sebab saat latihan zumba  kita akan diiringi lagu-lagu  yang penuh semangat dan pastinya dengan tema kegembiaraan. Sehingga saat stres cobalah untuk melakukan latihan zumba bukannya malah ngemil dan makan yang tak terkontrol. Ngemil saat stres tentu saja dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Memperbaiki Mood

Dengan tema kegembiraan yang diterapkan, tentu saja hal ini dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. Sehingga selain untuk kesehatan, senam zumba juga dapat memberikan pengaruh positif bagi kita yang sedang stres ataupun bad mood.

Mengencangkan Payudara

Manfaat lain dari senam zumba adalah dapat mengencangkan payudara. Senam zumba mengharuskan setiap orang untuk aktif bergerak dan membuat tubuh menjadi lebih tegak, sehingga rutin melakukan hal ini dapat membuat payudara tampak kencang dan tak kendur.

Baca juga nyeri pada lutut? atasi dengan olahraga berikut ini

Nah itulah beberapa manfaat senam zumba untuk menurunkan berat badan hingga kesehatan. Namun perlu ketahui, setelah senam zumba kita akan merasa lapar yang berlebihan. Sebaiknya pun Anda tetap menjaga pola makan, jika merasa lapar setelah latihan Anda bisa mengonsumsi buah-buahan seperti pisang atau apel daripada makanan berlemak.

Tags:senam zumba, manfaat zumba, zumba senam, manfaat zumba untuk wanita, manfaat zumba dance, senam jumba, senam zumba setiap hari, manfaat zumba bagi orang gemuk, manfaat senam zumba setiap hari, senam sumba, senam zumba adalah, menurunkan berat badan dengan zumba dance, manfaat senam zumba bagi wanita, senamzumba, manfaat zumba untuk tubuh