Manfaat Susu Almond untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Manfaat susu almond sebenarnya ada banyak sekali mulai dari untuk diet hingga untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu jika dibandingkan dengan susu hewani, susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi oleh semua orang, termasuk bagi Anda yang intoleransi laktosa. Daripada penasaran, simak saja ulasan berikut ini.

Mengonsumsi susu kambing ataupun susu sapi adalah salah satu rutinitas yang masih dilakukan banyak orang untuk sarapan. Namun bagi seseorang yang alergi susu hewani tentu saja ia harus menghindari produk susu tersebut, sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi susu almond yang kaya manfaat. Menurut ahli gizi Leona Victoria Djajadi, jika dibandingkan dengan susu hewani susu yang terbuat dari kacang-kacangan memang sudah terbukti memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

Tak hanya itu saja, susu almond atau jenis susu nabati ini juga kaya dengan lemak, vitamin, mineral dan protein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Umumnya susu nabati dan hewani memiliki manfaat yang hampir sama, hanya saja sebaiknya Anda mengonsumsinya secara bergantian. Mengonsumsi kedua jenis susu tersebut secara bergantian akan membantu Anda untuk mengurangi risiko terkena defisiensi zat besi sehingga kesehatan bisa terjaga dengan baik.

Sedangkan jika hanya mengonsumsi sari nabatu saja, ada zat antimikromineral di dalam tubuh yang akan menghambat penyerapan mineral. Sehingga risiko untuk defisiensi zat besi lebih besar. Nah kali ini akan menjelaskan mengenai manfaat dari susu kacang almond. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Manfaat Susu Almond

Inilah Manfaat Susu Almond untuk Diet dan Kesehatan

Rendah Lemak dan Kalori

Anda sedang menjalani program diet? Jika iya, cobalah memasukkan susu kacang almond untuk membantu program yang Anda lakukan. Sebagian besar artis-artis Hollywood juga memanfaatkan susu kacang almond dalam program diet mereka. Hal ini dikarenakan selain enak, susu almond juga mengandung lemak dan kalori yang cukup rendah yaitu hanya 30 hingga 60 kalori per sajiannya.

Baca juga makanan sehat untuk diet golongan darah O

Sebuah penelitan yang diterbitkan di International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders menyarankan bahwa mengkombinasian susu kacang almond dengan diet rendah kalori dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan yang lebih banyak.

Kaya Kalsium

Selain kaya protein yang baik dalam pembentukan massa otot, susu kacang almond juga kaya kalisum. Kalsium yang terkandung dalam susu nabati ini sekitar 30 kalsium dalam setiap penyajiannya dan mengandung sekitar 25 persen untuk setiap penyajian.

Sehingga mengonsumsi susu kacang almond dapat membuat kita memiliki tulang yang kuat serta menurunkan risiko seseorang terkena penyakit osteoporosis. Kalisum juga sangat baik untuk memperbaiki bentuk gigi serta fungsi imun tubuh.

Mencegah Kanker

Siapa yang tidak takut dengan penyakit yang satu ini? Ya, penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang cukup berbahaya. Oleh karena itu sangat penting untuk mencegahnya. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat seperti susu almond.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 di Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa susu almond berguna untuk menekan pertumbuhan sel kanker prostat.

Bebas Kolesterol Jahat

Manfaat susu almond selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti yang dipaparkan oleh ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, susu kacang almond tidak mengandung kolesterol yang berpotensi menimbulkan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Sebaliknya, susu nabati ini kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Tak hanya itu saja, menurut American Heart Association susu kacang almond ini tak hanya bebas kolesterol, susu ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat lain dari susu kacang almond adalah dapat membuat kulit tampak lebih sehat. Selain itu, kandungan zat besi dalam susu ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit anemia, sehingga sel darah merah bisa menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh tanpa adanya gangguan.

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam susu nabati ini jua sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan kolesterol jahat. Selain menikmatinya sebagai susu, Anda juga bisa menambahkan kacang almond dalam sereal kesukaan Anda.

Menghambat Proses Penuaan

Selalu tampil cantik, menarik dan bebas keriput adalah impian setiap orang. Namun perawatan yang kurang dapat membuat radikal bebas dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Tak hanya dapat membuat kulit tampak tua, radikal bebas juga berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi makanan kaya vitamin E salah satunya kacang almond untuk mencegah hal tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan seorang pria yang mengonsumsi 40 sampai 90 gr kacang dalam setiap harinya selama satu bulan menunjukkan adanya perubahan pada tingkat stres. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan tubuh.

Baca juga khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat lengkap dengan cara penerapannya

Nah itulah beberapa manfaat susu almond untuk diet dan kesehatan tubuh.