Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari kacang kedelai yang memiliki warna putih kekuningan.  Kedelai sendiri merupakan jenis kacang yang terdapat di Asia Timur. Kacang ini memiliki sembilan asam amino esensial  sehingga kedelai dianggap sebagai protein lengkap. Asam amino tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi protein yang baru yang berfungsi untuk menghasilkan energi dan sistem kekebalan tubuh. Protein juga memegang peranan penting pada jaringan tubuh.

Khasiat-Susu-Kedelai

Selain susu kedelai, kedelai juga  dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat tahu dan tempe. Dan tentunya juga memiliki rasa  nikmat yang dapat digunakan sebagai lauk pauk. Kali ini saya akan membahas tentang manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya.

Menyehatkan jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh seorang pria. Jika hal ini tidak mau terjadi pada diri Anda, mulailah untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Susu kedelai mengandung isoflavon dan protein yang berperan dalam membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Selain itu, kandungan lemak jenuh dengan jumlah yang sedikit pada susu kedelai dapat menjaga jantung Anda agar tetap sehat.

Menurunkan berat badan

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada kedelai dapat mencegah penyerapan lemak di usus secara langsung.  Penyerapan lemak di usus secara langsung dapat menimbun lemak sisa di saluran pencernaan karena sari- sari makanan yang penting tidak dipisah terlebih dahulu. Jika hal ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan penumpukan yang dapat menjadi kolesterol. Selain itu, kandungan serat pada susu kedelai dapat Anda jadikan alat untuk mengatur berat badan Anda.

Antioksidan

Susu kedelai mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam susu kedelai sendiri dapat membantu Anda untuk mengatasi penuaan dini seperti wajah kusam dan juga keriput. Selain menangkal radikal bebas antioksidan juga dapat menangkal penuaan. Mengonsumsi susu kedelai setiap hari dapat membuat Anda terlihat lebih muda.

Mencegah kanker

Tahukah Anda, kelebihan hormon testoteron akan membuat seseorang terkena resiko kanker prostat. Namun, kandungan  phytoestrogen pada susu kedelai dapat menghalau produksi hormon testoteron secara belebih. Selain phytoestrogen susu kedelai juga mengandung Vitamin E, selenium dan juga asam amino tryptopan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Mulailah untuk mengonsumsi susu kedelai untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti di atas. Karena sehat itu mahal loh :) Baca juga artikel terkait lainnya manfaat ikan salmon untuk kesehatan.

loading...
Tags:manfaat susu kedelai bagi kesehatan