Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Vitamin B kompleks sendiri masih termasuk dalam vitamin B. Pada awalnya vitamin B hanya ditemukan dalam bentuk tunggal sama seperti dengan vitamin lainnya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Tapi setelah dilakukan dari berbagai penelitian oelh para ilmuan ternyata vitamin B sendiri terdapat berbagai jenis yang disebut namakan dengan vitamin B kompleks yang terdiri dari tiamin, riboflavin, asam pantotenat, biotin dan masih banyak lagi lainnya. Vitamin B kompleks sebagian besar bersifat larut di dalam air, maka artinya jika vitamin tersebut berlebihan maka sisanya akan dikelurkan melalui urin ataupun keringat.

Seperti yang kita tahu, vitamin B komples ini tidak dapat di produksi secara alami. Maka oleh karena itu, agar tubuh tercukupi asupan vitamin B kompleks harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti nasi, gandum, susu, keju, biji-bijian, kedelai dan produk hewani lainnya. Nah berkaitan dengan vitamin B kompleks, vitamin yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Ingin tahu manfaat vitamin B kompleks bagi kesehatan? Berikut penjelasannya!

B Kompleks

Inilah Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yang pertama adalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kesehatan pencernaan memang sangat penting untuk di jaga, hal ini dikarenakan jika kondisi pencernaan baik maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit seperti wasir, BAB tidak lancar dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu vitamin B Kompleks juga dapat berfungsi untuk membantu pemecahan lemak dalam tubuh serta membantu produksi asam klorida (HCL).

Menjaga kadar Kolesterol Baik

Seperti yang kita tahu dalm tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Nah untuk vitamin B kompleks ini dapat bermanfaat untuk mempertahankan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sehingga dengan begitu dalam hal ini dapat membantu Anda untuk mencegah pengerasan pembuluh  darah dan membantu menghindari penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.

Memproduksi Energi

Manfaat vitamin B kompleks berikutnya adalah berfungsi untuk memproduksi energi. Seperti yang kita tahu, energi digunakan oleh setiap orang dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Nah untuk mendapatkan energi secara maksimal, tubuh di butuhkan vitamin B kompleks, hal ini dikarenakan vitamin ini digunakan untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Sehingga jika seseorang mengalami kekurangan vitamin B kompleks akan membuat tubuh seseorang menjadi mudah lesu, lelah dan tidak bersemangat ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Menjaga Sistem Saraf dan Tubuh

Selanjutnya adalah berguna untuk menjaga sistem saraf dan kesehatan tubuh. Vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang Anda konsumsi memiliki peranan yang baik untuk mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar dan optimal. Tak hanya berguna untuk menjaga sistem saraf, vitamin B6 juga dapat membantu tubuh dalam membuat hormon-hormon tertentu dan memproduksi sel darah merah. Sehingga  dapat membantu untuk mencegah penyakit anemia.

Sedangkan vitamin B5 dibutuhkan tubuh agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik untuk memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf.  Vitamin B9 atau yang biasa disebut dengan asam folat sangat baik dan penting untuk ibu hamil. Seperti yang Anda ketahui asam folat berguna untuk mencegah lahir cacat pada janin dan menjaga pertumbuhan di dalam kandungan.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Manfaat vitamin B kompleks selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Vitamin B juga memiliki peranan penting reproduksi sel tubuh, DNA dan RNA. Agar kesehatan rambut dan kuku tetap terjaga, vitamin B yang Anda perlukan adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, vitamin B12 dan juga kulit. Kekurangan salah satu vitamin tersebut dapat menyebabkan kulit keriput, kering, kulit kusam, mudah berjerawat, rambut mudah rontok serta kuku pecah.

Meningkatkan Memori

Manfaat penting dari vitamin B adalah untuk meningkatkan memori dan konsentrasi otak. Hal ini dikarenakan vitamin B memiliki peranan penting  untuk melindungi di sekitar neuron otak dan membantu memecah homosistein. Homosistein sendiri merupakan asam amino yang diketahui menjadi racun bagi sel-sel saraf. Vitamin yang berperan meningkatkan memori adalah vitamin B6, B9, dan B12.

Efek Samping Kelebihan Vitamin B

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubu, kelebihan vitamin B juga dapat menyebabkan gangguan penyakit. Kelebihan vitamin B3 atau niasin dapat memperparah sakit maag, masalah penglihatan, mual dan juga muntah. Jika Anda sedang menjalani proses kemoterapi, kelebihan asam folat atau vitamin B9 dapat menganggu kinerja obat yang Anda minum.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat vitamin B kompleks bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui.

Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Vitamin C untuk Wajah.

loading...
Tags:apa manfaat vitamin b complek bagi kesehatan tubuh, manfaat vit b komplek untuk etitrosit tinggi