Manfaat Yoghurt untuk Diet dan Kesehatan Tubuh Paling Lengkap

By Categories : Kesehatan

Manfaat yoghurt untuk diet dan kesehatan tubuh pastinya sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Namun tak jarang mereka juga tak mengetahui apa saja manfaatnya, oleh karena itu kali ini akan membahas mengenai apa saja khasiat yoghurt untuk diet dan kesehatan. Daripada pensaran, Anda bisa menyimak ulasan artikel berikut ini.

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal dan sehat? Hampir setiap orang pastinya ingin memiliki kedua hal tersebut. Dengan tubuh yang ideal tentu saja kita lebih percaya diri, sedangkan tubuh yang sehat akan membantu kita dalam menjalankan segala aktivitas yang akan dilakukan. Untuk mendapatkan kedua hal tersebut sebenarnya caranya sangat mudah. Selain dengan cara berolahraga Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat seperti yoghurt.Fresh Organic Healthy Yogurt

Yoghurt merupakan fermentasi gula susu yang menjadi asam laktat. Fermentasi ini akan membuat susu tersebut mengental, kenyal dan memiliki rasa asam yang khas. Selain mengonsumsi sayur dan buah, yoghurt juga sering dijadikan sebagai menu diet tambahan untuk menunjang turunnya berat badan. Tak hanya itu saja, kandungan kalsium, vitamin B6, vitamin B12 dan juga riboflavin juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan.

Sehingga mengonsumsi yoghurt secara teratur, tak hanya membantu Anda untuk memiliki berat badan yang ideal dan proporsional. Anda juga akan memiliki tubuh yang sehat dan bugar jika teratur mengonsumsinya. Namun tak hanya itu saja manfaat yoghurt, lalu apa saja yang lain? Beberapa manfaat yoghurt di bawah ini mungkin akan mengejutkan Anda dan membuat Anda akan semakin menyukai yoghurt.

Inilah Manfaat Yoghurt untuk Diet dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

Dapat Membuat Perut Lebih Rata

Siapa yang tak ingin memiliki perut rata dan six pack? Setiap orang tentu saja menginginkan hal tersebut. Tak perlu mengonsumsi obat pelangsing ataupun melakukan sedot lemak, Anda hanya perlu membutuhkan yoghurt. Menurut penelitian dari University of Tennessee, Knoxville, mengonsumsi  18 ons yoghurt sehari dapat menurunkan ukuran lingkar pinggang.

Baca juga makanan sehat untuk diet golongan darah O

Tak hanya itu saja, makan yoghurt saat diet akan membantu menghilangkan 22 persen berat badan dan 81 persen lemak perut yang menyebabkan perut buncit. Sedangkan  menurut profesor nutrisi dan penulis utama studi Michael Zemel, PhD, yoghurt dapat mempertahankan sepertiga lebih massa otot yang dapat membantu tubuh dalam membakar kalori dan menjaga berat badan lebih ideal.

Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tahukah Anda banyak orang yang setiap harinya mengonsumsi  garam lebih dari takaran yang dianjurkan? Lama kelamaan, hal ini tentu saja dapat memicu penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, hipertensi dan juga gangguan ginjal.

Oleh karena itu Anda harus mengimbanginya dengan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. 8 ons yoghurt yang Anda makan mengandung hampir 600 miligram kalium. Kalium tersebut memiliki peranan besar dalam membantu mengeluarkan sodium atau garam dari tubuh Anda. Sehingga dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit darah tinggi hingga jantung.

Memulihkan Kondisi Pasca Olahraga

Manfaat yoghurt untuk diet dan kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah olahraga. Sudah dijelaskan tadi bahwa yoghurt kaya akan protein dan karbohidrat. Dengan takaran dan jumlah yang tepat, yoghurt dapat memulihkan kondisi Anda setelah berolahraga.

Kandungan protein di dalam yoghurt menyediakan asam amino yang dibutuhkan oleh otot untuk memperbaiki diri. Sedangkan karbohidrat di dalamnya berguna untuk menggantikan energi yang hilang saat berolahraga. Menurut seorang ahli gizi di New York City, Keri Gans, RD, waktu yang tepat makan yoghurt adalah 1 jam setelah latihan atau olahraga.manfaat yoghurt untuk diet dan kesehatan

Mengandung Bakteri Baik

Sebagian besat merek yoghurt yang di jual di pasaran mengandung bakteri baik yang sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bakteri baik ini akan hidup di saluran pencernaan. Sehingga seseorang yang makan yoghurt secara rutin dengan takaran yang tepat dapat terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit, kembung hingga infeksi usus.

Yoghurt Kaya akan Vitamin

Dalam satu porsi, yoghurt kaya akan vitamin B5, vitamin B12, kalsium yodium, seng, fosfor dan juga riboflavin. Kandungan B12 pada yoghurt dapat membantu tubuh untuk mempertahankan sel darah merah serta membantu menjaga sistem saraf berfungsi lebih baik. Kebanyakan vitamin ini ditemukan dalam produk hewani seperti susu.

Sehingga bagi Anda yang vegetarian dapat memenuhi asupan vitamin ini dari yoghurt. Sedangkan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya pada yoghurt tentu saja dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan.

Mencegah Terserang dari Flu

Menurut sebuah studi di University of Vienna, mengonsumsi 4 ons yoghurt setiap harinya dapat membantu sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan mencegah dari serangan virus flu. Tak hanya itu saja, wanita yang mengonsumsi yoghurt dalam jumlah tersebut setia hari juga memiliki sel T yang jauh lebih kuat.  Sel T sendiri adalah sel kekebalan tubuh untuk memerangi berbagai jenis infeksi.

Baca juga makanan pengganti nasi saat diet yang tepat

Nah itulah beberapa manfaat yoghurt untuk diet dan kesehatan tubuh paling lengkap yang perlu diketahui.