Masker Rambut Kering dari Bahan Alami yang Menyehatkan

By Categories : Kecantikan

Masker rambut kering saat ini sudah banyak dijual di pasaran, mulai dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Meski terbilang mudah karena langsung dapat digunakan tetapi tidak semua jenis rambut cocok menggunakan produk masker rambut. Selain itu, campuran bahan yang digunakan juga belum menjamin aman untuk kesehatan rambut. Sehingga tidak sedikit yang justru mengeluhkan rambutnya menjadi semakin rusak.

Permasalahan rambut kering memang dapat dialami oleh siapa saja, terutama wanita. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap penampilan. Rambut yang kering selain tidak bagus karena pecah-pecah, bercabang, kusam, dan kusut, ternyata juga terlihat tidak rapi dan susah untuk diatur. Rambut kering terkait dengan kelembaban alami rambut yang sudah hilang. Hal ini dapat dikarenakan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Sebelum mengetahui masker rambut kering yang efektif, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu faktor internal dan eksternal penyebab rambut kering. Faktor internal dapat berasal dari keturunan atau genetik dan stress. Stress dapat mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh yang membuat tubuh tidak sehat sehingga kemampuan tubuh tidak seimbang. Selain itu, mereka yang kekurangan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, mineral seperti acid dan antioksidan juga akan mengalami rambut kering.

Sedangkan faktor eksternal dapat disebabkan karena sistem styling rambut yang berlebihan, penggunaan catok dan hairdryer. Penggunaan alat catok dengan suhu panas dapat menyebabkan kerusakan kutikula dan susunan serati yang terdapat di kulit akan hilang. Hal ini yang membuat kulit kepala dan rambut menjadi semakin kering. Selain itu, perawatan rambut yang kurang cocok seperti salah memilih shampoo juga dapat membuat rambut kering.

Bahan Alami untuk Membuat Masker Rambut Kering

masker-rambut

Masker rambut yang terbuat dari bahan alami sangat baik digunakan untuk mengembalikan kesehatan rambut. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk membuat masker rambut.

Putih Telur

Masker rambut alami yang pertama adalah dengan menggunakan telur. Telur mengandung protein yang sangat tinggi, mineral, serta sulfur sehingga sangat tepat untuk dijadikan masker rambut. Anda juga dapat mengombinasikan dengan minyak zaitun agar hasilnya lebih maksimal. Cara membuatnya adalah kocok putih telur kemudian tambah 1 sendok makan minyak zaitun hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan campuran bahan tersebut untuk dioleskan ke seluruh bagian rambut hingga merata. Diamkan kurang lebih 20 menit lalu bilas menggunakan shampoo dan air hingga bersih. Anda dapat menggunakan cara ini secara rutin agar rambut yang kering kembali normal.

Lidah Buaya

Masker rambut kering selanjutnya terbuat dari lidah buaya. Lidah buaya memang bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan, termasuk permasalahan rambut. Selain ampuh mengatasi rambut kering, ternyata lidah buaya juga dapat mencegah rambut rontok dan iritasi pada kulit kepala. Cara membuat masker alami dari lidah buaya adalah dengan menggunakan daging lidah buaya yang masih segar dan potong menjadi beberapa bagian. Usapkan potongan lidah buaya tersebut pada rambut secara merata dan diamkan hingga 1 jam. Setelah itu, Anda bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Madu dan Minyak Sayur

Masker madu dan minyak sayur akan membantu menutrisi rambut dan kulit kepala Anda seperti semula. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 2 sendok madu dan 2 sendok minyak sayur. Aduk kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta yang sedikit lengket. Anda dapat menggunakannya sebagai masker rambut lalu Anda bungkus menggunakan shower cap. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan shampoo dan air hingga bersih. Kandungan pada madu mampu membuat rambut menjadi lebih lembut dan mulus.

Santan

Santan juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker rambut kering. Santan difungsikan sebagai deep conditioner, yakni salah satu perawatan wajib untuk rambut keriting. Cra ini mampu melembabkan rambut kering dan kusam. Jika biasanya Anda menggunakan kondisioner dari shampoo, maka kali ini Anda dapat membuat sendiri kondisioner menggunakan santan.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah ΒΌ cap santan, 2 sendok teh madu, kapsul vitamin E, air mawar secukupnya dan glycerine. Jika perlu, Anda juga dapat menambahkan 1 sendok kondisioner rambut yang biasa Anda gunakan. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan dalam 1 wadah kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut secara merata. Setelah itu, bungkus rambut Anda menggunakan shower cap kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

baca juga : tips agar rambut tidak mengembang setelah keramas

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker rambut kering. Selain menggunakan masker di atas, Anda juga harus menghindari menggunakan pengering rambut terlalu sering dan gunakan sisir yang tepat untuk rambut Anda agar kondisi rambut tidak mudah rontok.

loading...