Mengenal Gejala Kanker Tulang Belakang

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Selain kanker prostat dan juga kanker serviks, penyakit kanker lainnya yang harus Anda waspadai adalah kanker tulang belakang. Meskipun jarang ditemui dalam beberapa kasus akan tetapi tidak ada salahnya Anda mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan penyakit ini. Hal ini dikarenakan jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat memicu rusaknya tulang belakang.

Gejala Kanker Tulang Belakang

Pada umumnya ada dua jenis penyakit kanker tulang belakang, yaitu primer dan sekunder. Untuk kanker primer merupakan kanker yang muncul dari tulang tersebut dan ini sangat jarang terjadi. Sedangkan kanker sekunder pada tulang belakang disebabkan sel-sel kanker yang berasal dari organ lain yang menyebar ke tulang. Lantas apa saja gejala dari penyakit ini? Berikut adalah gejala kanker tulang yang perlu diwaspadai.

Gejala kanker tulang belakang

Tubuh Melemah

Gejala yang pertama adalah tubuh semakin melemah dalam setiap harinya. Hal ini dikarenakan impuls pada tulang belakang terganggu dan mengalami penurunan fungsi. Yang pada akhirnya hal ini akan menyebabkan radang pada bagian belakang. Jika hal ini terjadi berkelanjutan, peradangan tersebut akan menyebabkan otak tidak dapat meneruskan impuls terhadap kaki. Akibatnya, penderita kanker tulang belakang akan kesulitan untuk berjalan.

Inkontinesia

Yang kedua adalah mengalami inkontinesia. Inkontinesia merupakan suatu keadaan di mana tubuh tidak mampu mengontrol  buang air kecil dan juga buang air besar. Hal ini dikarenakan  sarap tertentu yang ada di dalam tulang belakang yang berfungsi untuk mengontrol kinerja usus dan kandung kemih mengalami gangguan. Sehingga seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami ketidakmampuan dalam mengontrol kankdung kemih ataupun usus mereka.

Rasa sakit pada tulang belakang

Rasa sakit dan nyeri pada tulang belakang merupakan gejala umum dari penyakit ini. Nyeri yang akan dirasakan akan berlangsung lama dan disertai dengan gejala-gejala lainnya. Tak hanya daerah  belakang saja, anggota badan lain juga dapat mengalami hal tersebut tergantung pertumbuhan sel kanker.

Kurangnya rasa peka terhadap sentuhan

Gejala kanker tulang belakang selanjutnya adalah kurangnya rasa peka terhadap sentuhan. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi sumsum tulang belakang adalah sebagai saraf pusat. Sehingga adanya peradangan dan tekanan pada daerah ini dapat menyebabkan tulang belakang tidak berfungsi dengan baik. Seseorang yang menderita penyakit ini mungkin saja tidak dapat merasakan panas ataupun dingin.

Terjadinya kelumpuhan

Yang terakhir adalah dapat menyebabkan kelumpuhan. Seseorang yang mengalami kelumpuhan akibat kanker tulang belakang ini mengindikasikan bahwa kanker tersebut sudah sangat berkembang dan menyebar ke sekitar tulang belakang. Dan biasanya hal ini dapat menyebabkan kematian. Oleh kerena itu jika Anda mulai merasa nyeri pada tulang, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan.

Demikianlah ulasan mengenai gejala kanker tulang tulang belakang. Baca juga artikel mengenai Makanan untuk penderita Osteoporosis.

loading...