Mengenal Gejala Penyakit Kanker Otak

By Categories : Kesehatan

Tumor otak merupakan pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Seperti yang Anda ketahui tidak semua tumor yang ada di dalam tubuh bersifat ganas. Akan tetapi jika tubuh terserang tumor ganas hal ini dapat mengindikasikan bahwa tubuh diserang oleh kanker. Pada umumnya ada beberapa jenis tumor yang menyerang otak yaitu tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Tumor otak primer sendiri adalah tumor otak yang berawal dari otak. Sedangkan tumor otak sekunder merupakan kanker ganas yang bermula dari organ tubuh lain dan menyebar ke otak.

Gejala Penyakit Kanker Otak

Pada umumnya gejala dari kanker otak memiliki variasi yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari ukuran tumor, lokasi dan juga tingkat pertumbuhan tumor. Dilansir dari Mayo Clinic berikut adalah gejala kanker otak.

Gejala penyakit kanker otak yang perlu Anda ketahui

Sakit kepala

Gejala kanker otak yang pertama adalah sakit kepala. Sakit kepala merupakan gejala yang paling umum dan paling sering muncul ketika seseorang mengalami kanker otak. Akan tetapi sakit kepala yang menyerang sangatlah berbeda dari sakit kepala akibat flu ataupun penyakit ringan lainnya. Saikt kepala akibat kanker otak biasanya terjadi di kepala bagian belakang ataupun di bagian belakang telinga. Tak hanya itu saja, sakit kepala akibat penyakit ini pun sering disertai dengan rasa mual yang berlebihan.

Perubahan perilaku

Seperti yang Anda ketahui otak merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengkoordinasi segala pikiran dan gerakan setiap manusia. Akan tetapi ketika seseorang terkena kanker otak pastinya ini akan membuat otak tersebut kehilangan fungsi pada umumnya. Oleh karena itu, seseorang yang terkena kanker otak biasanya akan mengalami berbagai macam perilaku, seperti respon yang lambat, gangguan kepribadian, sulit dalam berbicara serta hilangnya sensasi gerakan pada kaki dan lengan secara bertahap.

Mati rasa

Gejala penyakit kanker otak selanjutnya adalah mati rasa. Saat mati rasa pastinya tubuh tidak dapat merasakan segala sesuatu baik rasa sakit dan lainnya. Tak hanya itu saja, gejala lain yang mungkin dialami adalah tidak dapat menjaga keseimbangan, epilepsi serta kejang.

Gangguan pada indera penglihatan

Gejala yang sering dialami penderita kanker otak selanjutnya adalah gangguan pada indera penglihatan. Jika rasa sakit yang menyerang kepala sangatlah kuat, hal ini dapat memicu terjadinya gangguan pada penglihatan. Beberapa gangguan tersebut di antaranya adalah pandangan kabur, ganda ataupun berbayang.

Nah itulah beberapa gejala penyakit kanker otak. Akan tetapi untuk dapat memastikan lebih tepat, diperlukan pemerikasaan oleh pihak medis. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan untuk mendeteksi apakah otak bermasalah satu tidak adalah dengan cara menggunakan CT-Scan. Baca juga artikel mengenai Tips mencegah stroke sejak dini.