Mengenal Gejala Penyakit Liver Sejak Dini

By Categories : Kesehatan

Mengenal gejala penyakit liver sejak dini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah dan mengurangi resiko yang berbahaya bagi kesehatan liver atau hati. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, mengingat hati memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satu fungsi hati adalah untuk membantu mencerna makanan, menyimpan vitamin tertentu, mengatur hormon, mengontrol kolesterol serta untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga ketika hati mengalami masalah tentu saja ini menyebabkan tubuh mengalami berbagai macam gangguan seperti gangguan pencernaan dan lainnya.

Penyakit liver sendiri disebabkan oleh beberapa macam, yaitu penyakit liver karena virus, kelainan sistem kekebalan tubuh, faktor keturunan, penyakit liver karena kanker ataupun faktor-faktor lain seperti gumpalan lemak yang memenuhi hati atau penyalahgunaan alkohol kronis. Penyakit liver yang disebabkan oleh virus, merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini sering disebut dengan hepatitis A, hepatitis B ataupun hepatitis non A dan non B. Virus hepatitis ini biasanya menyebar melalui darah, air mani ataupun makanan yang terkontaminasi. Hal ini dikarenakan hepatitis merupakan jenis penyakit menular.

Selain hal itu, penyakit liver juga dapat disebabkan karena zat-zat polusi udara. Timah hitam dan kadmium merupakan kontaminan terbesar yang dapat disimpan secara akumulator dalam hati. Dalam jangka waktu yang panjang, zat-zat tersebut dapat menyebabkan sirosis hati. Oleh karena itu menjaga kesehatan hati merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Gejala Penyakit Liver

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan penyakit ini, berikut adalah beberapa gejala penyakit liver yang biasanya terjadi.

Inilah Gejala Penyakit Liver yang Perlu Anda ketahui

  • Warna urine berubah menjadi kekuningan ataupun kecoklatan
  • Terjadi jaundice atau yang lebih sering dissebut dengan penyakit kuning
  • Warna feses berubah menjadi pucat, dan biasanya disertai dengan darah
  • Hilangnya nafsu makan dan berujung pada penurunan berat badan yang sangat derastis
  • Sering mengalami gangguan pencernaan serta sakit perut pada bagian kanan atas
  • Mengalami anemia atau kurang darah
  • Sering mimisan, ini karena tubuh kekurangan protein
  • Terjadi pembesaran pembuluh darah
  • Selain nyeri, perut juga akan membusung seperti seseorang yang terkena busung lapar. Ini dikarenakan hati mengalami pembengkakan, jika tidak segera diatasi hal ini akan menyebabkan penderita kesulitan untuk bernapas.
  • Sering mengalami diare
  • Mudah lelah, serta tubuh terasa letih dan lesu
  • Kulit mudah memar apabila terkena gesekan ataupun ketika terjatuh
  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Bau mulut dan bau badan menjadi tidak sedap

Buah yang Baik untuk Penderita Liver

Terdapat beberapa buah yang baik untuk penderita liver. Jika Anda salah satu yang terkena penyakit liver maka buah-buahan ini dapat membantu proses penyembuhan. Selain itu, buah-buahan ini juga dapat mencegah penyakit liber. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa buah yang baik untuk penderita liver.

Alpukat – Buah pertama yang baik dikonsumsi oleh penderita liver adalah alpukat. Buah yang satu ini mampu membersihakan racun yang terdapat pada liber. Ini karena buah alpukat mengandung zat glutathione serta lemak tak jenuh untuk menekan kolesterol jahat.

Jeruk Lemon – Bagi Anda yang mengalami gajala penyakit liver juga baik untuk mengonsumsi jeruk lemon. Buah ini mengandung antioksidan yang dapat membantu mengoptimalkan proses detoksifikasi pada hati yang terkena virus.

Semangka – Seperti halnya jeruk lemon, semangka merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita liver. Ini karena semangka mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas yang terdapat di organ hati.

Pisang – Kita pasti tahu jika pisang sangat baik untuk penderita liver. Selain itu, bagi Anda yang mengalami gejala penyakit liver juga disarankan mengonsumsi buah ini karena pisang baik untuk menunjang menjaga organ hati. Buah ini mengandung zat berupa vitamin serta nutrisi dan Anda dapat mengonsumsinya setiap hari.

Pepaya – Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat Anda oleh menjadi pudding. Pepaya sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan hati. Buah ini memiliki tekstur yang lembut sehingga memudahkan organ lambung dalam mencerna dan melakukan penyerapan zat dengan mudah lalu menjalan ke seluruh bagian tubuh.

baca juga : pantangan makanan bagi penderita penyakit liver

Nah itulah beberapa penyebab dan gejala penyakit liver yang perlu diperhatikan agar terhindar dari penyakit tersebut. Untuk buah yang baik untuk penderita liver di atas dapat Ada konsumsi secara berselang seling. Buah buahan tersebut juga baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

loading...
Tags:Jilbab Jubah panjang untuk Remaja biar kelihatan masih Muda, style anak kuliah berhijab syari, style hijab syari modis, rok bawahan syari, Koleksi jilbab syari, Gamis setelan celana terbaru 2107, Testimoni hijab syari untuk ijab, style hijab syari yang modis, fashion style hijab syari, model wanita berhijab syari, model hijab kekinian tp syari, www warna salem cocok dg warna apa saja, Penampilan syari anak muda, Mempadu padankan baju dan rok muslimah, memadu padankan baju pesta dengan jilbab syari