Menu Buka Puasa dan Sahur yang Sehat Paling Recomended

By Categories : Kesehatan

Menu buka puasa dan sahur merupakan salah satu hal yang paling dicari, terutama ketika memasuki bulan Ramadhan. Nah bagi Anda yang ingin menyiapkan menu spesial buat keluarga ketika puasa nanti, tak ada salahnya untuk membaca artikel berikut ini. Karena artikel kali ini akan membahas mengenai menu sahur  dan buka puasa lengkap dengan tips penting di dalamnya.

Setelah seharian menahan haus dan lapar, ketika melihat berbagai macam makanan seperti es buah, kolak, ayam goreng dan aneka cemilan lainnya pastinya ingin melahap semua makanan tersebut. Seperti yang kita ketahui kebanyakan orang akan memiliki nafsu makan yang lebih besar ketika puasa jika dibandingkan pada hari-hari biasa. Namun Anda masih tetap harus berhati-hati, karena tidak selektif memilih makanan justru dapat membawa malapetaka pada diri sendiri, seperti dapat menambah berat badan dan bahkan dapat mengalami masalah pencernaan.menu buka puasa dan sahur

Tak hanya itu saja, hanya mementingkan hidangan nikmat tanpa memenuhi asupan gizi yang seimbang juga dapat membuat puasa Anda menjadi berantakan. Selain dapat membuat Anda mudah mengantuk dan lemas, mengonsumsi menu sahur dan buka yang sembarangan juga dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh semakin meningkat. Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa menu untuk sahur dan buka puasa sehat yang dapat Anda konsumsi selama bulan Ramadhan.

Bagi Anda yang penasaran, langsung saja inilah menu untuk buka puasa dan sahur paling sehat dan paling recomended.

Menu Buka Puasa dan Sahur yang Sehat dan Tak Bikin Gemuk

Sebelum membahas mengenai contoh menu untuk berbuka dan sahur, tak ada salahnya jika Anda menyimak tips sahur dan buka puasa dari dr Phaidon L. Toruan, sport nutrition berikut ini:

Baca juga tips olahraga saat puasa agar lebih sehat dan bugar

Saat Sahur

  • Utamakan Air, Elektrolit dan Vitamin

Ketika sahur, pastikan Anda mencukupi kebutuhan air, vitamin dan juga elektrolit. Anda bisa minum air putih, air kelapa serta lengkapi dengan buah-buahan. Caranya, minumlah air kelapa terlebih dahulu lalu minumlah air putih. Menurut dr Phaidon, memulai puasa dengan cairan yang cukup adalah salah satu cara terbaik agar tetap sehat.

  • Konsumsi Lemak Sehat

Ketika membuat hidangan, pilihlah lemak sehat seperti minyak kelapa ataupun minyak zaitun. Kedua jenis minyak alami ini sangatlah sehat dan tidak dapat menyebabkan efek samping yang buruk bagi tubuh. Lemak sehat ini juga dapat membuat pergerakan makanan di dalam perut menjadi lambat, sehingga Anda akan bisa menahan lapar.

  • Pilih Menu Utama yang Sehat

Memilih menu utama yang sehat juga cara terbaik untuk tetap sehat dan bugar ketika puasa. Pilihlah menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti bubur kacang hijau, ubi, spageti dan nasi merah. Karbohidrat kompeks tersebut dapat membuat gula darah tetap stabil dan pastikan jangan lupa mengonsumsi serat agar pencernaan tetap terjaga.

Contoh Menu Sahur Sehat

Sebenarnya ada beberapa macam menu makanan yang dapat Anda konsumsi ketika sahur, seperti nasi merah dengan soto ayam, bubur kacang hijau dengan gula aren, bubur oatmeal, sandwich, roti gandum dengan butter, telur setengah matang, sambal minyak zaitun dan buah-buahan seperti pepaya, pisang, jeruk ataupun tomat.menu buka puasa

Saat Buka Puasa

  • Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Menu buka puasa dan sahur selanjutnya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memang sangat dibutuhkan baik saat sahur ataupun berbuka. Sebaiknya hindari gorengan ketika berbuka, karena makanan gorengan dapat membuat Anda cepat mengantuk. Gorengan yang Anda konsumsi dapat mengikat oksigen darah sampai 20%.

  • Minum dan Makan Makanan Manis

Mengonsumsi minuman dan makanan yang manis-manis adalah hal yang sangat dianjurkan ketika puasa. Selain dapat mengembalikan energi, minuman dan makanan manis juga sangat berpengaruh bagi kesehatan. Minumlah minuman yang manis alami tanpa gula seperti jus buah ataupun air kelapa. Hindari terlalu banyak mengonsumsi gula pasir karena dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

  • Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan juga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Setelah buka puasa, pastikan Anda mengonsumsi air putih lagi. Usahakan setelah buka puasa dan sebelum tidur Anda meminum air putih minimal 1 liter.

Lantas menu makanan apa yang cocok dikonsumsi ketika buka puasa?

Contoh Menu Buka Puasa yang Sehat

Sama seperti ketika sahur, menu buka puasa juga sangatlah beragam. Yang pertama adalah nasi merah dengan sate ayam dan buah pisang. Selain enak, makanan ini tentu saja sangat menyehatkan. Untuk menghindari lemak yang berlebihan hindari mengonsumsi sate ayam dengan kulit. Menu buka puasa yang kedua adalah nasi merah dengan soto ayam dan buah jeruk dan yang ketiga adalah spageti dengan saus tuna dan salad buah.

Baca juga  berikut 5 menu buka puasa yang sehat untuk dikonsumsi

Demikianlah ulasan mengenai menu buka puasa dan sahur paling sehat tak bikin gemuk. Jika bosan dengan menu makanan tersebut Anda bisa mencari alternatif lain dengan membuka buka masakan Anda.