Menu Sehat untuk Diet Golongan Darah A

By Categories : Kesehatan

Hampir seriap orang orang menginginkan tubuh yang langsing dan ideal. Berbagai macam cara pun mereka lakukan salah satunya adalah dengan cara berdiet. Pada umumnya ada beberapa macam diet yang dapat dilakukan, antara lain diet ocd, diet mayo hingga diet golongan darah. Mungkin diet golongan darah terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia.

Diet Golongan Darah A

Akan tetapi menurut Dr Peter D’Adamo, penemu diet golongan darah menyatakan bahwa reaksi kimia terjadi antara makanan dan darah yang Anda konsumsi. Reaksi tersebut disebabkan oleh faktor yaitu Lektin. Lektin yang ditemukan dalam makanan memiliki sifat aglutinasi yang dapat mempengaruhi darah, sehingga ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lektin protein yang tidak cocok dengan tipe antigen darah, maka zat tersebut akan mengaglutinasi sel-sel darah dan pada akhirnya akan menyebabkan masalah pada kesehatan salah satunya yaitu kegemukan.

Oleh karena itu, diet golongan darah sangat disarankan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Berikut adalah menu sehat untuk diet golongan darah A yang dapat Anda coba.

Daftar makanan untuk diet golongan darah A

Daging dan aneka ikan

Menu sehat yang pertama adalah daging dan aneka ikan. Pada umumnya daging sangat tidak cocok dimasukkan ke dalam menu diet, akan tetapi tidak semua daging dilarang untuk mengonsumsinya. Daging yang disarankan untuk Anda konsumsi ketika berdiet adalah daging unggas, seperti ayam dan lainnya. Sedangkan untuk ikan, Anda dapat mengonsumsi ikan sarden, salmon dan juga abalone.

Makanan yang berkarbohidrat

Seorang yang berdiet juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk memenuhi asupan kalori dalam setiap harinya. Anda masih tetap dapat mengonsumsi nasi dalam setiap harinya, akan tetapi Anda juga dapat mengonsumsi makanan pengganti nasi lainnya seperti oatmeal, gandum, sereal dan juga roti.

Makanan kaya protein

Menu sehat untuk diet golongan darah A selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kaya protein. Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang berdiet. Hal ini dikarenakan protein tidak membuat sistem pencernaan Anda berat. Beberapa makanan kaya protein yang dapat Anda konsumsi adalah tempe, tahu, jenis kacang-kacangan dan juga telur.

Buah-buahan

Sejak dahulu buah memang merupakan salah satu makanan alternatif untuk orang yang sedang diet. Akan tetapi tidak semua jenis buah dapat Anda konsumsi, beberapa jenis buah yang baik untuk golongan darah A adalah buah berry, mentimun, kiwi, dan juga nanas. Sedangkan buah yang harus Anda kurangi adalah buah delima, jeruk serta pepaya.

Sayuran

Untuk jenis sayuran mungkin tidak ada pantangan bagi Anda, namun yang sebaiknya Anda konsumsi adalah kol, bayam, brokoli, selederi dan lainnya. Untuk minumannya, adalah teh hijau atau air mineral. Sebaiknya hindari susu, soda dan minuman beralkohol.

Nah itulah beberapa menu makanan sehat untuk diet golongan darah A.

Tags:apakah golongan darah A boleh makan nasi