Nyeri Pada Lutut? Atasi Dengan Olahraga Berikut ini

By Categories : Kesehatan

Nyeri pada lutut merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh hampir setiap orang, terutama bagi seseorang yang melakukan aktivitas berat. Jika memang Anda sering mengalami masalah ini, pastikan Anda segera mengatasinya sebab jika didiamkan terlalu lama nyeri yang terjadi pada lutut tentu saja dapat menghambat ruang gerak Anda. Untuk lebih jelasnya, kali ini akan menjelaskan mengenai beberapa mengatasi nyeri yang terjadi pada lutut.

Masalah pada persendian contohnya nyeri lutut merupakan masalah sendi yang kompleks dan rentan dialami oleh  banyak orang. Umumnya ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah yang satu ini. Namun yang paling sering adalah disebabkan karena cedera dan juga tekanan berlebih pada lutut. Selain karena kecelakaan, cedera juga disebabkan karena olahraga yang berlebih dan tdak hati-hati.

Beberapa jenis olahraga yang bisa menyebabkan cedera pada lutut adalah sepak bola, futsal, bela diri, basket serta olahraga yang memiliki gerakan berlari dan melompat. Selain karena kegiatan sehari-hari, bertambahnya umur dan berat badan juga dapat menjadi faktor risiko seseorang mengalami nyeri pada persendian. Berat badan yang melebihi normal dapat menyebabkan lutut bekerja keras untuk menumpu berat badan Anda.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri yang terjadi pada lutut. Percaya tidak jika olahraga ringan justru dapat menyembuhkan nyeri lutut yang Anda alami? Jika tidak percaya, coba saja beberapa olahraga berikut ini.nyeri-pada-lutut

Inilah Olahraga yang Dapat Mengatasi Nyeri Pada Lutut

Berjalan

Olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri lutut yang pertama adalah berjalan. Meskipun terkesan sederhana namun jalan kaki secara rutin juga dapat membantu mengurangi nyri lutut yang Anda rasakan. Tak hanya itu saja, kegiatan yang satu ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah berat badan berlebih yang mungkin merupakan penyebab dari nyeri lutut.

Baca juga cara mengatasi nyeri otot tanpa obat

Saat ini ada permainan yang mengharuskan pemainnya untuk perjalan mencari yang ia inginkan. Permainan tersebut ialah Pokemon Go. Tak ada salahnya untuk memainkan permainan ini demi kesehatan tubuh. Namun pastikan, Anda menangkap pokemon dengan cara jalan kaki. Hindari melakukan permainan ini jika Anda sedang berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan.

Berenang

Berenang juga sangat berguna untuk mengurangi nyeri lutut. Nah bagi Anda yang hobi renang tak ada salahnya untuk melakukan olahraga ini dalam setiap minggunya. Tumpuan saat melakukan olahraga renang bukanlah di lutut, oleh karena itu seseorang yang mengalami nyerit lutut pun dapat melakukan olahraga ini.

Air mampu meringankan tubuh Anda hingga 90 persen dari total berat badan. Dengan berkurangnya beban tubuh dalam air hal ini tentu saja akan dapat mengurangi beban yang ditumpu oleh sendi lutut.

Bersepeda

Berikutnya adalah dengan bersepeda. Sama halnya berenang, olahraga bersepeda juga dapat Anda lakukan ketika nyerit lutut. Sebab olahraga ini memberikan tumpuan bukan pada lutut, melainkan pada pinggul saat mengayuh.

Yoga

Olahraga yang bisa dilakukan untuk meringankan nyeri pada lutut selanjutnya adalah dengan yoga. Dari sekian banyak masalah kesehatan, salah satunya nyeri lutut yoga adalah jawabannya. Tak hanya dapat membuat tubuh lebih rileks dan tenang, yoga juga dapat mengobati setiap jenis rasa sakit serta menjaga jantung dan otak agar tetap sehat.

Melakukan yoga secara teratur dapat meningkatkan fleksibilitas otot lutut dan pastinya hal ini sangat baik untuk menghilangkan nyeri. Bagi wanita yang sedang datang bulan, beberapa gerakan yoga juga sangat ampuh untuk mengatasi nyeri perut saat haid.

Baca juga gerakan yoga yang tepat untuk mengatasi sakit perut saat haid

Elliptical Trainer

Saat berlatih, tak ada salahnya untuk menggunakan elliptical trainer. Gerakan tangan pada elliptical trainer memiliki gerakan yang hampir sama dengan gerakan ski, sedangkan untuk gerakan kaki pada elliptical trainer hampir menyerupai gerakan pada sepeda stasioner, yaitu gerakan melingkar.

Gerakan melingkar yang Anda lakukan tentu daja dapat mengurangi beban yang bertumpu pada lutut. Disamping dapat membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan, latihan ini sangat aman untuk sendi lutut Anda.

Sepeda Stasioner

Sama seperti bersepeda, Anda juga bisa mencoba latihan sepeda stasioner. Namun yang membedakan adalah sepeda stasioner dapat Anda gunakan di dalam ruangan tanpa harus pergi ke luar rumah. Selain itu kursi pada sepeda stasioner ini juga dapat mengurangi beban tubuh. Agar lebih aman Anda bisa menggunakan semi recumbent bike untuk membantu tumpuan punggung Anda. karena sepeda jenis ini memiliki sandaran yang mirip seperti kursi pada umumnya.

Demikianlah ulasan mengenai olahraga yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri pada lutut. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan kaya kalsium agar kepadatan tulang teta terjaga dan terhindar dari masalah tulang dan persendian. Jika memang sudah memburuk, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

loading...
Tags:jenis olahraga yang menyebabkan sakit lutut, nyeri pada lutut