Obat Batuk Berdahak Tradisional Paling Ampuh dan Mujarab

By Categories : Kesehatan

Obat batuk berdahak tradisional adalah salah satu pilihan obat yang tepat ketika kita mengalami masalah kesehatan yang satu ini. Tak hanya aman dan tanpa efek samping saja, obat batuk tradisional dengan bahan alami pastinya lebih ekonomis jika dibandingkan dengan membeli obat di rumah sakit atau apotek. Nah bagi Anda yang masih bingung dengan obat batuk alami apa saja yang tepat dikonsumsi, simak saja ulasan berikut ini.

Berbeda dengan batu kering, batuk berdahak adalah batu yang mengeluarkan dahak atau lendir. Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan batuk, seperti merokok sering mengonsumsi makanan berlemak ataupun karena tertular dari kerabat yang batuk. Seperti yang kita ketahui batuk merupakan salah satu penyakit yang dapat menular lewat udara.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk menutup mulut ataupun menggunakan masker ketika batuk. Meskipun tergolong tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya, jika tidak segera diatasi batuk pun dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal dan tak nyaman pada tenggorokan. Sehingga jangan menganggap batuk berdahak adalah hal yang remeh.

Sebenarnya ada beberapa cara mengobati batuk berdahak, mulai dari mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, meminum ramuan tradisional ataupun dengan melakukan pengobatan herbal. Nah kali ini akan menjelaskan mengenai obat batuk tradisional yang tepat untuk batuk berdahak. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.obat-batuk-berdahak-tradisional

Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Efektif Tanpa Efek Samping

Daun Sirih dan Gula Batu

Obat batuk alami yang pertama adalah daun sirih dan gula batu. Siapa yang tidak tahu daun sirih? Kandungan vitamin dan manfaat daun sirih tentu saja sudah diketahui oleh banyak orang. Tak hanya mampu digunakan untuk mengatasi mimisan ataupun keputihan pada wanita saja, daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak yang Anda alami.

Baca juga obat batuk untuk ibu hamil yang tepat

Caranya, ambil daun sirih secukupnya lalu bersihkan. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tambahkan gula batu secukupnya. Diamkan hingga mendidih dan air hingga tersisa 1 gelas. Diamkan sebentar, dan minumlah selagi hangat. Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam meminum ramuan yang satu ini, daun sirih juga dapat membuat kandungan bermasalah.

Jeruk Nipis dan Kecap

Obat tradisional ini tentunya sudah diketahui oleh banyak orang. Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk berdahak. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat efektif untuk melawan bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya, peras jeruk nipis dan tambahkan dengan sedikit kecap.

Minum secara teratur untuk mempercepat proses penyembuhan. Tak hanya untuk kesehatan, jeruk nipis juga sangat efektif untuk merawat kecantikan kulit seperti menghilangkan jerawat, mengatasi flek hitam dan menghilangkan komedo serta kulit berminyak.

Jahe dan Madu

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan jahe dan madu. Jahe adalah sejenis rempah-rempah yang kaya akan kandungan vitamin dan khasiat. Beberapa manfaa jahe untuk kesehatan adalah untuk menghangatkan tubuh, mengatasi masuk angin, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengobati nyeri sendi dan juga sebagai obat batuk berdahak paling efektif.

Dari sekian banyak manfaat jahe untuk kesehatan, kali ini akan membahas mengenai manfaatnya sebagai obat batuk berdahak tradisional. Cara membuat obat tradisional ini pun cukup mudah, yaitu haluskan jahe lalu tempatkan pada gelas, masukkan sedikit madu sebagai perasa dan tuang air panas. Aduk hingga rata lalu minum selagi hangat.

Asam Jawa dan Gula Merah

Kedua bahan alami tersebut seringkali digunakan untuk memasak. Namun tak hanya itu saja manfaatnya, Anda juga bisa menggunakan campuran asam jawa dan gula merah sebagai obat batuk tradisional. Caranya, ambil 10 daging buah asam jawa dan tempatkan pada gelas masukkan air panas secukupnya dan gula jawa agar rasanya lebih nikmat. Aduk sampai rata dan minumlah secara teratur.

Jahe Merah

Tak hanya batuk berdahak, batuk kering pun bisa disembuhkan dengan menggunakan jahe merah. Jahe merah juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu. Caranya, ambil beberapa ruas jahe merah lalu kupas hingga bersih. parut jahe merah dan peras airnya. Minum air perasan tersebut secara teratur agar batuk yang Anda alami bisa cepat teratasi.

Daun Pegagan

Daun pegagan merupakan salah satu tumbuhan herbal yang bisa Anda gunakan menjadi obat batuk berdahak. Caranya pun hampir sama seperti ketika Anda memanfaatkan daun sirih, yaitu ambil beberapa lembar daun pegagan lalu rebus dengan 3 gelas air.

Setelah mendidih dan air terisia 1 gelas Anda bisa mematikan kompor dan menyaringnya.  Untuk memberikan rasa pada obat herbal ini Anda bisa menggunakan madu ataupun gula batu. Minum secara teratur hingga batuk Anda sembuh.

Baca juga manfaat daun sirih merah untuk pengobatan herbal

Demikianlah ulasan mengenai obat batuk berdahak tradisional yang paling ampuh dan efektif.

Tags:obat batuk mujarab