Obat Batuk Untuk Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Seseorang yang tengah hamil, tentunya ia harus menjaga kesehatan dengan baik. Biasanya penyakit yang sering menyerang pada ibu hamil adalah batuk. Tentunya hal ini membuat seorang ibu hamil harus benar-benar memperhatikan kandungan obat yang ia minum. Pasalnya sembarangan mengonsumsi obat dapat berpengaruh pada kesehatan Anda dan janin Anda. Baca juga tips menjaga kehamilan agar lebih sehat.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja obat batuk untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi. Penasaran? Berikut adalah obat batuk untuk ibu hamil yang dapat menjadi rekomendasi Anda. Selamat membaca :)

obat batuk tradisional untuk ibu hamil

Obat batuk untuk ibu hamil

Parasetamol atau acetaminophen

Obat batuk yang pertama adalah parasetamol atau acetaminophen. Kandungan kedua zat tersebut sudah teruji tidak memiliki pengaruh buruk bagi ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Maka dari itu, Anda boleh minum obat ini namun harus sesuai dengan dosis yang tepat.

Pseudoefedrin

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan tidak mengalami cacat saat lahir. Ibu hamil boleh mengonsumsi obat ini. Namun sebaiknya obat ini hanya dikonsumsi dalam waktu yang singkat dan tidak berlebih.

Antihistamin

Sama seperti parasetamol dan pseudoefedrin, antihistamin juga merupakan salah satu obat batuk yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Menggunakan bahan alami

Selain mengonsumsi obat, Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami seperti berikut ini!

  • Lemon dan jeruk nipis

Bahan alami yang pertama adalah lemon dan jeruk nipis. Seperti yang Anda ketahui, lemon dan juga jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, vitamin C juga dapat melegakan tenggorokan serta menetralisir virus penyebab batuk. Caranya, peras jeruk nipis kemudian tambahkan dengan kecap manis. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Kunyit dan garam

Obat batuk untuk ibu hamil selanjutnya adalah dengan cara menggunakan kunyit dan garam. selain digunakan untuk bumbu dapur dan penyedap rasa, kedua bahan tersebut juga sangat ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan. Caranya mudah yaitu hanya dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu. Anda juga dapat menambahkan madu agar lebih nikmat. Sedangkan garam bermanfaat untuk mengurangi bengkak, gatal dan juga nyeri pada tenggorokan.

Nah itulah beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang dapat Anda coba jika Anda mengalami gangguan kesehatan tersebut. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel lainnya ciri-ciri wanita hamil di luar kandungan.

loading...
Tags:marimas bikin adem tidak bikin batuk