Obat Herbal Telinga Paling Ampuh

By Categories : Kesehatan

Telinga merupakan organ tubuh penting dalam kehidupan manusia. Karena telinga merupakan salah satu panca indera manusia yang berfungsi sebagai media untuk mendengar dan menjaga keseimbangan tubuh. Namun organ ini juga sangat rentan terhadap gangguan-gangguan yang dapat mempengaruhi kinerjanya. Oleh sebab itu kita harus selalu merawat telinga dengan baik agar dan benar. Biasanya gangguan atau masalah yang terjadi pada telinga sering kali disebabkan oleh faktor penumpukan kotoran pada telinga yang semakin lama akan menyebabkan terjadinya infeksi.

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, masalah pada telinga seperti telinga bernanah, sering berdenging, dan masih banyak lagi lainnya. Gangguan telinga yang di alami oleh penderita akan mempengaruhi tingkat pengembangan IQ, menurunkan daya konsentrasi, hingga menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, jika Anda merasakah keganjalan pada telinga Anda segeralah untuk memeriksakan ke dokter atau bisa juga dengan menggunakan obat sakit telinga tradisional.obat sakit telinga

Jika dibiarkan maka penyakit telinga akan menjadi serius. Untuk itu perlu Anda ketahui beberapa penyebab sakit telinga berikut ini.

  • Infeksi. Ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Berbentuk seperti benjolan atau bisul di liang telinga. Benjolan tersebut akan mudah pecah dan mengeluarkan nanah.
  • Kotoran telinga. Jika hal ini terjadi pada Anda maka tidak disarankan untuk menggunakan cutton bud saat membersihkannya. Ini karena ktoran tersebut justru akan semakin masuk ke dalam dan dapat membahayakan gendang telinga.
  • Eksim di telinga. Biasanya ini akan mempengaruhi setiap area kulit secara alami, membuat kulit telinga memerah,iritasi, meradang dan bersisik.
  • Abses gusi. Ini merupakan kondisi dimana gigi atau gusi terdapat nanah yang diakibatkan infeksi bakteri. Selain sakit kepala hal tersebut uga menyebabkan sakit telinga.

Inilah Obat Herbal Telinga Paling Ampuh

Penggunaan obat herbal telinga memang sangat dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu obat tradisional yang tidak memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatan lainnya. Langsung saja simak penjelasan berikut ini!

Daun Anggrek

Angrek atau orchidaceae merupakan salah satu tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Daun anggrek merupakan salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit telinga.

Kunyit

Obat sakit telinga tradisional yang kedua adalah kunyit atau curcuma loga linn. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk mengatasi segala macam penyakit salah satunya sakit telinga. Cara penggunaanya cukup dengan menumbuk halus kunyit lalu peras dan ambil airnya. Gunakan air perasan kunyit tersebut untuk obat tetes telinga. Lakukan setiap hari dua kali hingga dirasa gangguan sakit telinga Anda sembuh.

Bawang Bombai

Jika Anda mengenal tanaman yang satu ini sebagai bumbu masak, ternyata bawang bombai juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit telinga. Bukan hanya itu saja bawang bombai juga bermanfaat untuk menyembuhkan segala macam penyakit diantaranya kolesterol, meredakan sakit perut, menurunkan kadar gula dan masih banyak lagi lainnya. Cara memanfaatkannya adalah Anda bisa menjadikan bawang bombai sebagai jus  ataupun dikonsumsi secara langsung.

Akar Pinang

Obat sakit telinga yang selanjutnya adalah menggunakan daun akar pinang. Caranya cukup mengambil akar pinang yang masih muda. Setelah itu tumbuh akar pinang hingga halus dan ambil air perasan akar pinang tersebut untuk dijadikan obat tetes telinga Anda yang sakit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukannya setiap hari dua kali hingga dirasa sakit telinga Anda sembuh.

Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan telinga. Sebelum menggunakan bahan alami yang satu ini, Anda harus mempersiapkan madu dan air putih. Caranya adalah campurkan kedua bahan tersebut hingga rata, kemudian Anda dapat gunakan bahan campuran tersebut sebagai obat tetes telinga. Anda dapat melakukannya secara rutin setiap hari.

Bawang merah

Selanjutnya adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah mengandung sifat anti bakteri yang berguna untuk mengatasi bakteri yang dapat menyebabkan sakit telinga. Cara menggunakan bawang merah untuk obat herbal telinga cukup mudah. Anda cukup menyediakan beberapa buah bawang merah dan tumbuk hingga halus. Campurkan sedikit air dan aduk hingga rata. Namun jika telinga Anda sakit karena terjadi pembengkakan maka Anda dapat mengoleskan tumbukkan bawang merah ke bagian luar telinga. Ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit.

Minyak zaitun

Cara yang terakhir untuk mengatasi sakit telinga adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak ini memang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Cara memanfaatkan minyak zaitun untuk sakit kepala adalah dengan menghangatkan beberapa tetes minyak zaitun yang dimasukkan ke dalam botol yang sudah dibersihkan. Anda dapat gunakan minyak zaitun sebagai tetes telinga.

Sekian penjelasan mengenai obat herbal telinga paling ampuh yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Obat tradisional gatal paling ampuh.

loading...