Obat Sakit Kepala Tradisional Paling Ampuh

By Categories : Kesehatan

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Jika tidak segera ditangani dengan menggunakan obat sakit kepala yang tepat, penyakit ini tentu saja dapat membuat pekerjaan seseorang terganggu. Dalam dunia medis sakit kepala disebut dengan cephalagia, yakni kondisi dimana seseorang mengalami rasa sakit di bagian kepala mulai dari leher belakang hingga naik ke bagian lainnya. Beberapa orang juga mengalami sakit kepala klaster yang bisanya disertai dengan sakit di bagian mata. Jenis sakit kepala lainnya yang sering dialami adalah sakit kepala sebelah atau migrain.

Penyebab sakit kepala disebabkan oleh banyak faktor, seperti stres atau guncangan jiwa, rutinitas yang terlalu padat, dehidrasi, mengonsumsi makanan tertentu, telat makan, penyempitan pembuluh darah pada otak, kekurangan vitamim B2 dan vitamin D, magnesium, kanker otak, dan sebagainya. Bahkan bau-bauan dapat membuat orang mengalami sakit kepala. beberapa orang memang terkadang tidak tahan dengan bau-bauan tertentu, seperti mencium buah durian.

obat sakit kepala

Bagi Anda yang tidak suka dengan minum obat,  Anda dapat menggunakan obat-obat tradisional sebagai alternatif untuk menyembuhkan sakit kepala. Pilihan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala sangat beragam dan mulai banyak diminati karena cukup aman dan tidak memiliki efek samping.

 

Inilah Obat Sakit Kepala Tradisional Paling Ampuh

Menggunakan cara-cara tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala memang pilihan yang tepat. Selain aman, harganya juga cukup terjangkau dan mudah didapatkan. Bahan-bahan alami yang digunakan juga baik untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan penyakit lainnya. Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit kepala.

Daun kayu putih

Selain dapat digunakan sebagai bahan pembuatan minyak kayu putih, daun kayu putih juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala. Kandungan zat yang terkandung di dalam daun tersebut sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala yang Anda derita. Cara memanfaatkannya pun mudah, yaitu ambilah 10 hingga 15 gram daun kayu putih, setelah itu bersihkan lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan saring ramuan tersebut. Dan minumlah secara teratur.

Jahe

Yang kedua adalah dengan menggunakan jahe.  Cara membuatnya pun mudah, yaitu siapkan 15 gram jahe, 15 gram bunga kenanga dan 400 cc air. Setelah jahe dan bunga kenanga di cuci hingga bersih, Anda bisa merebusnya hingga air yang tersisa hanya 200 cc. Kemudian saringlah air tersebut dan minumlah ramuannya selagi hangat.

Biji bunga matahari

Salah satu manfaat biji bunga matahari adalah untuk mengatasi sakit kepala. Untuk membuat obat sakit kepala dari biji bunga matahari caranya  pun sangat mudah dan simpel, pertama sangrai biji bunga matahari dan kupaslah kulitnya. Setelah itu Anda bisa menggilingnya hingga menjadi bubuk. Kemudian tambahkan gula dan air hangat lalu minumlah ramuan tersebut secara teratur satu kali sehari.

Daun alpukat

Selain buahnya yang enak dan segar ketika diolah sebagai jus, daun alpukat juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Yaitu untuk mengatasi sakit kepala, caranya ambilah 4-5 lembar daun alpukat yang masih segar. Cuci hingga bersih lalu rebus daun tersebut dengan air hingga mendidih. Selagi hangat, minumlah ramuan tersebut 1 kali sehari.

Kacang hijau

Tak hanya berguna untuk mengatasi panas dalam, kacang hijau juga sangat ampuh untuk mengatasi sakit kepala. Selain dapat dijadikan obat, kacang hijau juga dapat Anda jadikan makanan yang sangat enak dan lezat. Kacang hijau dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu sebagai obat sakit kepala dan masih banyak lagi manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh.

Minum air putih

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh. Jika Anda mengalami sakit kepala coba Anda minum air putih. Untuk ukuran harian, Anda disarankan meminum air putih minimal 8-10 gelas per hari.

Kentang

Obat sakit kepala tradisional lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi kentang. Sakit kepala biasanya disebabkan hilangnya elektrolit seperti kalium. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Makanan yang bisa Anda pilih adalah kentang. Untuk mengonsuminya Anda disarankan untuk mengolah kentang dengan cara dibakar dengan kulitnya atau direbus.

Pisang

Buah pisang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ini karena buah yang satu ini mengandung potasium yang cukup tinggi. Selain itu pisang juga mengandung magnesium yang mampu menyembuhkan migrain. Jadi, Anda mengalami sakit kepala, dapat langsung mengonsumsi buah pisang.

baca : manfaat buah pisang bagi kesehatan

Nah itulah beberapa obat sakit kepala tradisional paling ampuh yang bisa Anda coba di rumah.

loading...
Tags:jus obat sakit kepala ampuh