Obat Sakit Telinga Tradisional Paling Ampuh

By Categories : Kesehatan

Obat sakit telinga tradisional lebih banyak dipilih karena terbukti ampuh dan aman untuk kesehatan telinga. Telinga merupakan organ tubuh dan panca indra penting dalam kehidupan manusia. Panca indra ini berfungsi sebagai alat pendengar dan keseimbangan tubuh. Meskipun begitu organ tubuh yang satu ini juga tidak lepas dari gangguan-gangguan yang dapat mempengaruhi fungsi telinga. Diantaranya bisa terjadi infeksi saluran napas dan telinga yang diakibatkan oleh kuman patogen, bising yang berkelanjutan, telinga berair dan telinga bernanah. Apakah Anda pernah menemukan orang yang kehilangan fungsi pendengarannya, itu juga termasuk gangguan pada telinga akibat penanganannya terlambat.

Adapun penyebab telinga mengalami gangguan tersebut, tentu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sebagai berikut :

  • Glue Ear, merupakan penumpukan cairan dalam telinga (diantara dalam gendang telinga).
  • Sumbatan pada liang telinga akibat penumpukan kotoran.
  • Infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran telinga bagian luar (otitis externa).
  • Eksim yang terjadi pada kulit liang telinga.
  • Trigeminal neuralgia atau nyeri pada syaraf wajah.

Nah itulah beberapa penyebab terjadinya gangguan pada telinga. Untuk mencegah hal tersebut paling utama adalah selalu menjaga kebersihan kondisi telinga secara efektif. Selain itu juga harus memperhatikan pola hidup dan pola makan Anda. Usahakan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi kalsium. Seperti misalnya bayam, kangkung, singkong serta daun kemangi.

Obat Sakit Telinga Tradisional

Tapi bagi Anda yang telah memiliki gangguan pada telinga, berikut ini akan kami jelaskan mengenai obat sakit telinga paling efektif. Sebenarnya obat sakit telinga terdapat dua jenis yaitu tradisional dan menggunakan resep dokter. Tapi untuk penjelasan kali ini kami akan mengulas mengenai obat sakit telinga tradisional. Simak penjelasan sebagai berikut!

Inilah Obat Sakit Telinga Tradisional

Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan alami yang bisa membantu menyembuhkan sakit atau gangguan-gangguan pada telinga. Caranya tumbuk halus 5 siung bawang putih dan lalu peras ambil airnya. Kemudian setelah itu teteskan sedikit air sari dari bawang putih pada telinga yang mengalami infeksi. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan zat antibiotik yang berfungsi membunuh bakteri di dalam telinga. Lakukan setiap hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Tea Tree Oil

Obat sakit telinga selanjutnya adalah tea traa oil. Selain menggunakan bawang putih, Anda juga bisa memanfaatkan tea tree oil. Caranya adalah larutkan tea tree oil ke dalam air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu teteskan air tersebut pada telinga Anda yang sakit. Tea tree oil ini berfungsi untuk menghancurkan bakteri dan menghilangkan cairan yang menumpuk di dalam telinga Anda.

Daun Anggrek dan Kunyit

Obat sakit telinga tradisional selanjutnya Anda bisa memanfaatkan daun anggrek dan kunyit. Kedua bahan tersebut sangat efektif dalam mengatasi masalah pada telinga. Caranya sediakan 3 lembar daun anggrek dan 1 ruas kunyit, setelah itu kedua bahan tersebut di tumbuk halus, peras dan ambil airnya. Kemudian teteskan air tersebut pada telinga Anda yang sakit sebanyak 3 tetes. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Menggunakan minyak zaitun

Berikutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Tak hanya dapat mengatasi masalah kecantikan saja, minyak zaitun juga dapat mengatasi kesehatan salah satunya yaitu dapat mengatasi sakit telinga. Caranya, panaskan minyak zaitun secukupnya lalu tetskan pada bagian telinga secara pelan-pelan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, gunakan minyak zaitun ini secara rutin dan teratur.

Daun Wungu

Obat sakit telinga tradisional selanjutnya adalah dengan menggunakan daun wungu. Caranya ambil beberapa lembar daun wungu lalu rebus dengan mencampurkan sedikit garam. Gunakan ramuan tradisional ini dengan rutin dan teratur. Cara ini terbukti sangat aman dan ampuh untuk mengobati sakit telinga. Agar tidak kambuh lagi, pastikan Anda mengetahui cara membersihkan telinga yang tepat dan benar.

Mengompres Dengan Air Hangat

Meskipun telihat sederhana, akan tetapi cara mudah ini juga terbilang efektif untuk mengobati sakit telinga. Caranya, siapkan air hangat dalam baskom lalu ambilah handuk kecil dan masukkan handuk tersebut ke dalam baksom yang berisi air hangat, peras handuk tersebut dan kompreskan pada bagian telinga yang sakit. Untuk meredakan rasa sakit, Anda harus mengompresnya berulang kali.

Herbal batang dan bandotan

Caranya, cucilah semua batang dan daun bandotan secukupnya. Setelah itu tumbuk hingga halus dan peras airnya. Lalu gunakan air perasan obat herbal tersebut sebagai obat tetes telinga. Lakukan pengobatan ini secara teratur agar sakit telinga dapat teratasi.

Baca juga artikel mengenai Obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi.

Nah itulah beberapa obat sakit telinga tradisional paling ampuh dan mujarab yang dapat Anda coba. Akan tetapi perlu Anda perhatikan apabila sakit telinga disertai demam tinggi, sakit telinga diawali sakit batuk pilek, sakit telinga yang tak kunjung sembuh dalam kurun waktu 48 jam hingga sakit telinga yang disertai dengan kepala pusing serta pembengkakan di sekitar telinga maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Tags:obat sakit telinga tradisional, kumpulan obat tradisional telinga bernanah, kumpulan obat sakit telinga tradisional, sakit telinga, obat tradisional sakit telinga, cara mengobati glue ear, obat sakit kuping, obat alami sakit telinga, obat telinga sakit, artikel cara mengobati sakit telinga secara tradisional, telinga gatal, obat herbal sakit telinga, obat sakit telinga alami, apakah daun semangi bisa mengobati telinga bernanah, foto dalam telinga