Obat Sariawan Alami Paling Ampuh dan Mujarab

By Categories : Kesehatan

Obat sariawan alami lebih sering ditanyakan oleh masyarakat jika dibandingkan dengan obat-obatan yang dijual di apotek. Hal ini dikarenakan obat alami pastinya lebh aman. Nah bagi Anda yang mengalami sariawan, tak usah terburu-buru untuk membeli obat di apotek, Anda bisa menerapkan cara alami berikut ini untuk mengobatinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Stomatitis aftosa atau yang lebih sering disebut dengan sariawan merupakan salah satu penyakit yang biasanya menyerang daerah mulut, baik di bibir, lidah ataupun di area lainnya. Jika diabaikan, sariawan tentu saja dapat menyakitkan dan mengganggu aktifitas penderitanya, khususnya pada saat akan makan dan menelan. Sebelum mengetahui obat sariawan yang alami untuk mengatasinya, pastikan Anda mengetahui penyebab dari sariawan itu sendiri.

Beberapa hal yang merupakan penyebab dari sariawan adalah mulut tergigit, kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi, kurangnya vitamin, daya tahan tubuh lemah ataupun tidak cocok dengan produk pasta gigi yang dikenakan. Dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut pastinya Anda lebih mudah dalam mengatasinya. Salah satu cara paling efektif mengatasi sariawan adalah dengan menghindari beberapa penyebab tersebut.

Obat Sariawan Alami

Namun tak hanya itu saja, Anda juga membutuhkan pengobatan dari dalam untuk mengobatinya. Bagi Anda yang memiliki alergi obat ataupun yang tidak suka minum obat, tak perlu memaksakan diri untuk meminumnya. Karena Anda bisa mengobati sariawan yang Anda alami dengan menggunakan beberapa bahan alami. Sudah dijelaskan tadi menggunakan bahan alami pastinya akan lebih terjangkau dan pastinya tidak memiliki efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati sariawan.

Inilah obat sariawan alami paling mujarab

Pisang dan Madu

Yang pertama adalah dengan menggunakan pisang dan madu. Kandungan vitamin dan nutrisi pada buah pisang dan madu murni yang Anda gunakan sangat efektif untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat sariawan. Cara memanfaatkannya pun mudah yaitu lumatkan pisang dan kemudian tambahkan madu. Aduk sampai rata hingga menyerupai pasta. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada bagian bibir yang sariawan. Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi.

Baca juga inilah penyakit gigi dan mulit yang perlu diwaspadai

Daun Saga dan Madu

Yang kedua adalah dengan menggunakan daun saga dan madu. Dari zaman dahulu madu memang sudah dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari mengatasi kulit yang iritasi dan bahkan mengatasi sariawan. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat anti bakteri, anti peradangan dan juga anti septik. Sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi sariawan. Caranya campurkan air perasan daun saga lalu campurkan dengan madu. Kemudian minum ramuan tersebut untuk mempercepat proses penyembuhan.

Air Kelapa

 Selanjutnya adalah menggunakan air kelapa. Selain sangat menyegarkan dan enak, air kelapa juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Selain dapat membuat tubuh selalu terhidrasi, air kelapa juga mampu mengatasi sariawan yang Anda derita. Untuk mengobati sariawan dengan menggunakan air kelapa, Anda bia mengonsumsi air kelapa murni tanpa campuran apapun. Minumlah air kelapa secara rutin hingga sariawan yang Anda derita sembuh.

Mengonsumi Buah-buahan

Obat sariawan alami berikutnya adalah dengan menggunakan buah-buahan. Seperti yang kita ketahui. Salah satu penyebab dari sariawan adalah kurangnya asupan vitamin dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk mencukupi asupan vitamin Anda dapat mengonsumsi buah-buahan kaya akan vitamin C. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, stroberi, buah berry dan masih banyak lagi sangat cocok Anda konsumsi. Vitamin C yang terkandung dalam buah tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga dapat mencegah tubuh terserang dari penyakit seperti batuk, pilek serta sariawan.

Daun Jambu Biji

Selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Selain berguna untuk mengatasi demam berdarah daun jambu biji juga sangat ampuh untuk menyembuhkan sariawan. Hal ini karena daun jambu biji juga kaya akan vitamin. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu Anda dapat mengunyah daun jambu biji muda secara langsung, ataupun meminum air rebusan daun jambu biji secara teratur.

Mengonsumsi Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt juga dapat menyeimbangkan bakteri yang ada di dalam mulut dan tubuh. Dengan begitu, tentu saja hal ini akan membantu proses penyembuhan sariawan Anda. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi yoghurt untuk mengatasi dan mencegah sariawan agar tidak kembali lagi. Namun sebaiknya konsumsilah yoghurt murni yang belum dicampur perasa dan lainnya. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan sedikit madu murni kepada yoghurt yang akan Anda konsumsi.

Baca juga akibat kekurangan vitamin C dalam tubuh

Demikianlah ulasan mengenai obat sariawan alami paling ampuh dan mujarab yang dapat Anda coba.