Obat Tradisional Asam Urat

By Categories : Kesehatan

Obat asam urat sekarang ini memang banyak dicari oleh masyarakat, karena penderita penyakit asam urat semakin hari semakin banyak. Lantas apakah Anda juga termasuk orang yang menderita penyakit ini ? Jika iya, maka Anda tidak dapat menganggap remeh penyakit ini.

Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang terjadi pada bagian persendian terutama pada bagian jari kaki, jari tangan, tumit, siku, pergelangan dan tangan. Penyakit asam urat dapat terjadi karena adanya zat purin (suatu unsur protein) yang berlebihan di dalam tubuh. Zat purin adalah zat yang di olah dalam tubuh menjadi asam urat, yang kemudian diatur oleh organ ginjal dan sisanya akan di buang melalui air seni. Hal ini tentu saja terdapat faktor penyebab penyakit asam urat, apa saja faktor penyebab asam urat berikut penjelasannya!

Tempuyung

Berikut Faktor Penyebab Asam Urat

  • Penyebab asam urat bisa disebabkan karena faktor genetik dan hormon yang tidak seimbang. Sehingga menyebabkan faktor metabolisme dalam tubuh menjadi beriringan dengan kenaikan kadar asam urat dalam tubuh.
  • Sedangkan untuk faktor lainnya adalah karena pola makan yang tidak sehat. Seperti banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin diantaranya kacang-kacangan, buah, dan sayuran. Semakin banyak kandungan zat purin masuk dalam tubuh maka semakin meningkat kadar asam urat dalam tubuh.

Lantas bagaiamana cara untuk mengatasi penyakit asam urat? Berikut akan kami jelaskan mengenai obat tradisional asam urat. Simak pejelasan berikut ini!

Berikut Obat Tradisional Asam Urat

Daun Salam, rempah-rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Menurut sebuah penelitian bahwa daun salam ini memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti tannin dan flavonoid yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Adapun cara untuk memanfaatkannya sebagai berikut:

  • Cukup dengan menyediakan 10 lembar daun salam, lalu rebus dengan menggunakan 700 cc air. Selain itu Anda juga bisa menambahkan ½ batang sere dan rebus hingga mendidih. Setelah air dingin, minumlah setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Tempuyung, tanaman yang memiliki kandunga senyawa alkanoid, fenol, kalsium, tanin, asam amino dan masih banyak lagi ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Selain itu tempuyung juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit darah tinggi dan wasir.
  • Kumis Kucing, kandungan senyawa yang terdapat di dalam kumis kusing seperti kalium, filatin, hipofilatin, tanin memang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Adapun caranya cukup sediakan 5 lembar daun kumis kucing rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Kemudian dinginkan dan minum setiap hari dua kali.

Sekian penjelasan mengenai obat tradisional asam urat. Baca juga artikel tentang Obat tradisional untuk mengobati rematik.

loading...
Tags:obat herbal asam urat, daun keladi tikus, manfaat tempuyung untuk asam urat, tempuyung untuk asam urat