Obat Tradisional Gatal Paling Ampuh dan Mujarab

By Categories : Kesehatan

Obat tradisional gatal menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Gatal merupakan salah satu gangguan pada kulit yang disebabkan oleh kuman dan juga bakteri yang menumpuk pada kulit. Setiap orang pasti menganggap gatal adalah hal sepele yang dapat diatasi hanya dengan menggaruknya. Padahal jika kita selalu menggaruknya ini akan membuat kulit semakin ruam dan menyebabkan iritasi kulit. Saat kulit teriritasi, pastinya ini dapat menyebabkan kuman serta bakteri dapat masuk ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam.

Oleh karena itu jika Anda menderita hal ini sebaiknya segera obati dengan menggunakan obat atau salep gatal yang sudah banyak dijual di pasaran. Akan tetapi jika Anda belum percaya dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia tersebut, Anda dapat memanfaatkan bahan alami yang dapat Anda temui di sekitar. Nah berikut adalah obat tradisional gatal paling ampuh dan mujarab yang dapat Anda coba.

Obat tradisional gatal kulit yang mujarab

Obat Tradisional Gatal

Obat Tradisional Gatal

Air kelapa

Jika Anda menderita gatal kulit akibat alergi Anda dapat mengatasinya dengan minum air kelapa muda. Hal ini merupakan cara paling efektif untuk mengatasi gatal pada kulit akibat alergi. Cara memanfaatkan air kelapa pun sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkannya dengan madu setelah itu minum air kelapa tersebut secara rutin hingga efek alergi yang Anda derita reda.

Menggunakan daun mahkota dewa

Yang kedua adalah dengan cara memanfaatkan daun mahkota dewa. Selain dapat memiliki khasiat dapat menjaga kesehatan tubuh, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai tanaman obat yang dapat mengatasi gatal-gatal. Caranya ambil beberapa lembar daun mahkota dewa. Setelah itu giling daun tersebut hingga halus kemudian balurkan tumbukan daun mahkota tersebut pada tubuh yang menderita gatal-gatal.

Daun kelor

Daun kelor juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun Anda juga dapat menggunakannya untuk obat tradisional gatal paling ampuh dan mujarab. Caranya, campurkan 30 gram daun kelor, air, 1 siung bawang merah serta 5 gram pulosari. Rebus campuran bahan alami tersebut hingga mendidih. Setelah itu saring lalu Anda dapat mengonsumsinya. Minum secara rutin hingga gatal-gatal yang Anda derita reda.

Daun biduri dan minyak kepala

Selanjutnya dapat Anda buat dari campuran daun biduri dengan minyak kelapa. Caranya, olesi daun biduri dengan menggunakan minyak kelapa di atas perapian. Jika sudah hangat, Anda dapat menempelkannya pada tubuh yang gatal. Akan tetapi sebelum menempelkan daun pada tubuh pastikan Anda sudah membersihkannya hingga bersih.

Kulit batang kamboja

Yang terakhir adalah kulit batang kamboja. Selain bunganya yang indah, kulit dari batang kamboja sangat berguna untuk mengatasi gatal-gatal. Caranya giling kulit kamboja hingga halus, kemudian balurkan gilingan tersebut pada kulit yang gatal.

Tanah liat

Obat gatal tradisional selanjutnya dengan menggunakan tanah liat. Tak hanya digunakan untuk pembuatan gerabah, tanah liat juga memiliki khasiat untuk mengobati  gatal dan iritasi pada kulit, terutama untuk mengobati gatal akibat sengatan ataupun gigitan serangga. Cara memanfaatkan tanah liat sebagai obat garal adalah dengan cara mencampurkan tanah liat dengan air ke dalam mangkuk. Kemudian oleskan tanah liat tersebut pada kulit yang gatal, kemudian keringkan dan bilas.

Daun peppermint

Berikutnya adalah dengan menggunakan daun peppermint. Daun peppermint baik untuk memberikan sensasi dingin. Sehingga dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan pada kulit yang gatal. Caranya, ambil beberapa daun mint, haluskan dan oleskan pada kulit yang teriritasi atau gatal.

Cuka sari apel

Obat tradisional gatal selanjutnya adalah cuka sari apel. Ini merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat. Cuka sari apel mengandung zat anti jamur, anti bakteri dan antiseptik yang sangat efektif untuk mengurangi gatal. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu teteskan cuka sari apel ke kapas atau ke kain lap lalu oleskan pada kulit yang gatal ataupun iritasi. Selain mencampurkannya dengan air, Anda juga bisa menggantinya dengan tanah liat agar lebih efektif.

Daun kemangi

Selain sangat nikmat jika digunakan sebagai lalapan, daun kemangi juga merupakan obat alami paling ampuh untuk mengatasi gatal ataupun iritasi. Hal ini dikarenakan daun kemangi mengandung zat anti gatal yang disebut kapur barus dan thymol. Sama seperti ketika memanfaatkan daun mint, Anda bisa menghancurkan daun kemangi dan menggosokknya langsung ke kulit untuk mengatasi gatal tersebut.

Oatmeal

Bahan alami yang satu ini kaya akan zat avenantharmides yang sangat ampuh untuk mengurangi peradangan. Oleh karena itu, oatmeal sangat ampuh jika digunakan sebagai obat gatal dan iritasi. Cara menggunakannya pun sangat mudah, tambahkan air pada oatmeal lalu oleskan pada bagian kulit yang teriritasi. Selain digunakan untuk mengatasi gatal, oatmeal juga merupakan makanan penurun kolesterol paling ampuh.

Baca juga artikel mengenai Obat tradisional asam urat

Demikianlah ulasan mengenai obat tradisional gatal paling ampuh dan mujarab.

loading...
Tags:obat gatal tradisional paling mujarab, obat gatal alami paling ampuh, obat gatal paling ampuh, obat gatal kulit ampuh, obat gatal tradisional, obat alergi tradisional paling manjur, obat gatal alami, obat gatal mujarab, obat gatal ampuh, obat gatal paling manjur, obat gatal paling mujarab, obat gatal yang ampuh, Obat gatal yg ampuh, obat gatal yg mujarab, obat gatal herbal