Olahraga untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Saat proses kehamilan bagi para ibu memang sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Ini berguna untuk kesehatan sang janin dan juga kesehatan tubuh ibu. Dengan melakukan aktivitas seperti olahraga, para ibu bisa menjaga kebugaran tubuh dengan baik. Namun tidak semuanya olahraga cocok untuk ibu hamil.

Oleh karena itu ibu hamil harus bisa memilih olahraga mana yang cocok untuk sang ibu dan juga untuk calon bayinya. Salah satu manfaat yang bisa diambil dari olahraga untuk ibu hamil adalah mempermudah saat persalinan, meminimalisir keluhan pada saat kehamilan, dan banyak lagi. Lalu apa saja olahraga  yang bisa Anda coba? Ikuti pembahasan di bawah ini!

Berikut Olahraga untuk Ibu Hamil yang Bisa Anda Coba

Yoga

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga untuk ibu hamil. Gerakan-gerakan yoga bermanfaat untuk ibu hamil, sebagai contoh gerakan dengan nama prenatal. Gerakan ini memang dirancang guna melatih otot rahim dan juga panggul. Selain itu manfaat yang bisa diambil dari gerakan yang satu ini adalah membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga sirkulasi pada tubuh. Adapun gerakan lainnya yang berguna untuk meningkatkan mood dari sang ibu dan juga mengurangi rasa nyeri yang dirasakan ibu hamil. Baca juga Tips meninggikan badan dengan yoga.

Aerobik

aerobik lom impact

Tidak kalah dengan olahraga yoga, olahraga aerobik juga bagus untuk ibu hamil. Pada umumnya untuk jenis olahraga yang satu ini membutuhkan gerakan aktif. Namun jangan khawatir karena latihan untuk ibu hamil tidak dilakukan seperti pada umumnya. Low Impact merupakan gerakan yang dilakukan dengan gerakan nyaman, tanpa melompat-lompat. Dengan begitu maka ibu hamil tidak perlu khawatir dengan resiko yang ditimbulkan. Dengan melakukan gerakan aerobik lom impact ini tubuh terasa bugar, kekuatan otot meningkat, serta membantu kelancaraan saat proses bersalin.

Berenang

Berenang

Olahraga untuk ibu hamil yang berikutnya adalah berenang. Berenang dapat dilakukan oleh ibu hamil ketika kandungan berada dikisaran trimester pertama sampai dengan ketiga. Namun ketika kandungan berusia 7 bulan sebaiknya lebih berhati-hati, mengingat keseimbangan akan berkurang. Manfaat yang bisa diambil dari berenang adalah memperkuat pernapasan, organ jantung dan paru-paru lebih sehat, memperkuat otot rahim dan panggul, serta mempermudah ketika proses bersalin.

Jalan Sehat

Jalan Sehat

Jenis olahraga ini mungkin paling mudah untuk dilakukan ibu hamil daripada olahraga di atas. Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ketika sore atau pagi hari. Meskipun terlihat sepele namun olahraga ini sangat cocok untuk ibu hamil. Jalan kaki selama 30 menit selama 3 hari tiap minggunya merupakan hal yang baik untuk membantu peredaran darah, jantung lebih sehat, serta membantu dalam proses persalinan agar lebih mudah.

Sepeda Statis

Sepeda Statis

Olahraga untuk ibu hamil yang satu ini dapat dilakukan ketika usia kehamilan berusia 16 sampai dengan 20 minggu. Ini dikarenakan pada usia kandungan tersebut plasenta terbentuk dengan sempurna. Sepeda statis lebih aman untuk ibu hamil, karena mengurangi resiko jatuh. Olahraga ini dapat dilakukan secara bertahap mulai dari 10 menit sampai dengan 60 menit dan tidak lebih.

Itulah tadi pembahasan mengenai olahraga untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Baca juga Manfaat air tebu untuk ibu hamil.

loading...
Tags:senam ibu hamil trimester pertama