Olahraga Untuk Kesehatan Jantung

By Categories : Kesehatan

Olahraga untuk kesehatan jantung penting untuk Anda ketahui agar Anda terhindar dari berbagai penyakit mematikan ini. Jantung merupakan komponen utama yang dimiliki oleh organ manusia yang berfungsi sebagai sistem kardiorespirasi untuk bertanggung jawab mengangkut oksigen dan nutrisi dalam tubuh manusia. Dengan peranan jantung yang sangat penting seperti itu maka kesehatan jantung juga sangat penting untuk dijaga. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung diantaranya dengan menjaga pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

Menjaga kebugaran tubuh memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan jantung. Seseorang yang jarang memiliki pola hidup tidak sehat tentu akan berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung. Hal ini terjadi oleh banyak hal mulai dari makanan yang dikonsumsi, kebiasaan merokok, dan sebagainya. Maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang mengalami serangan jantung secara mendadak Jika Anda ingin menjaga kebugaran tubuh caranya sangat mudah cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setip pagi, bersepeda ataupun berlari, selain untuk kebugaran tubuh bisa juga untuk meningkatkan organ-organ lain dalam tubuh hingga menurunkan tekanan darah dan kolestrol.

Berikut ini terdapat lima jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang dapat Anda lakukan secara teratur agar manfaatnya maksimal Anda rasakan.

baca juga  tanda-tanda pembuluh darah tersumbat

olahraga untuk kesehatan jantung

olahraga untuk kesehatan jantung

Beberapa Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Aerobik

Olahraga ini sering dilakukan bagi orang yang sudah positif mengidap penyakit jantung. Karena dengan olahraga ini mampu membantu jantung lebih kuat dan memompa darah secara efisien, sehingga jantung akan lebih sehat. Olahraga ini juga baik dilakukan untuk penjegahan terkena penyakit jantung

Berlari

Dengan berlari bukan hanya dapat meningkatkan ketahanan tubuh saja berlari juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi lemak dalam tubuh. Olahraga berlari memang banyak manfaat yang dapat Anda rasakan maka dianjurkan untuk melakukannya setiap hari.

Berjalan-jalan

Olahraga untuk keseharan jantung selanjutnya adalah dengan berjalan-jalan. Lakukan olahraga berjalan cepat atau santai setiap pagi, namun lebih baiknya melakukan jalan cepat karena dapat meningkatkan detak jantung dan mengurangi resiko serangan jantung jika dilakukan secara teratur. Tidak hanya itu saja jalan cepat juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh.

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang sangat menyenangkan dan dapat dilakukan kapan saja. Anda dapat sambil menikmati udara dan pemandangan sehinnga tidak terasa manfaat yang kita dapatkan juga banyak. Selain menjaga kesehatan jantung juga dapat menjaga kesehatan paru-paru.

Berenang

Berenang merupakan olahraga yang sangat efektif untuk menurunkan tingkat stres pada seseorang. Selain itu gerakan dalam berenang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung seperti menurunkan detak jantung, melancarkan sirkulasi darah hingga membantu melancarkan pernapasan.

Itulah beberapa jenis olahraga untuk kesehatan jantung. Selain dengan berolahraga, Anda juga harus menjaga pola makan sehat. Pola makan yang dimaksud adalah memilih menu makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Kacang Hitam

Kacang hitam lembut memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang hitam mengandung natioksida, folat, serta megnesium yang dapat menurunkan tekanan darah. Kacang hitam juga mengandung serat yang berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol serta gula darah.

Rempah-rempah

Melakukan olahraga untuk kesehatan jantung dan dibarengi dengan mengonsumsi rempah-rempah secara rutin tentu baik untuk kesehatan jantung. Anda dapa menambahkan rempah-rempah pada masakan Anda sebagai pengganti garam. Bumbu dari rempah-rempah selain menambahkan cita rasa yang khas juga baik untuk kesehatan.

Ikan Tuna

Ikan ini mengandung omega 3 yang baik untuk tubuh. Anda dapat memilih jenis tuna putih karena memiliki kandungan omega 3 lebih baik dari jenis tuna lainnya. Cara memasaknya juga disesuaikan dengan selera Anda. Jika ingin nikmat dan berkhasiat Anda dapat membuat steak tuna yang dipanggang dengan dill dan lemon. Selain tuna, Anda juga dapat menemukan sumber omega 3 dari ikan herring, trout, sarden, mackerel, dan anchovies.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu lemak sehat yang berasal dari buah zaitun yang telah dihancurkan. Minyak ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung. Minyak zaitun juga baik untuk melindungi pembuluh darah. Saat Anda menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak jenuh maka dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

Jeruk

Buah jeruk ini sangat nikmat setelah Anda melakukan olahraga untuk kesehatan jantung. Buah ini mengandung serat perctin yang mampu melawan kolesterol. Selain itu, buah jeruk juga mengandung kalium yang baik untuk mengendalikan tekanan darah. Menurut beberpaa penelitian, dengan mengonsumsi 2 buah jeruk per hari maka dapat meningkatkan kesehatan dari pembuluh darah.

baca juga : pertolongan pertama pada serangan jantung mendadak

loading...
Tags:olah raga untuk kesehatan, olahraga jantung sehat