Olahraga yang Tepat untuk Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

By Categories : Kesehatan

Mengatasi sakit perut saat haid yang tepat adalah salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh hampir setiap wanita. Sebab selain wanita hamil, datang bulan tentu saja akan selalu dialami oleh para wanita dalam setiap bulannya. Bagi Anda yang sedang mengalami hal ini pastikan Anda tetap berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Sudah dijelaskan tadi bahwa datang bulan adalah hal yang pasti dialami oleh semua wanita kecuali wanita hamil. Dan biasanya para wanita akan menjauhi olehraga ketika mengalami hal ini, terutama pada hari-hari pertama periode datang bulan. Seperti yang kita ketahui saat datang bulan hampir setiap wanita memang sangat rentan mengalami pusing, lemas dan malas karena keluarnya darah maupun cairan tubuh. Meskipun begitu, dokter olahraga Dr Stacy Sims tetap menyarankan untuk berolahraga meskipun sedang datang bulan, apalagi jika fitnes sudah menjadi rutinitas sehari-hari.mengatasi-sakit-perut-saat-haid

Saat datang bulan hormon esterogen dan progesteron wanita sangatlah rendah. Tapi justru kondisi inilah yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan intensitas olahraga. Dr Stacy menjelaskan bahwa saat datang bulan tubuh lebih mudah menggunakan gula darah atau gikogen sebagai sumber energi. Sedangkan asam lemak dalam tubuh akan dicerna lebih lambat.

Hal ini tentu saja dapat membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan bekerja lebih cepat. Sehingga Anda bisa berolahraga dengan intensitas tinggi tanpa merasakan lelah yang teramat sangat. Namun yang perlu diketahui, kondisi tubuh setiap wanita pasti berbeda-beda. Oleh karena itu Anda harus berhenti berolahraga ketika tubuh sudah lemas dan letih.

Inilah Olahraga yang Tepat untuk Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Di hari pertama datang bulan biasanya wanita akan merasakan sakit pada perutnya sehingga akan sulit berolahraga dengan gerakan yang maksimal. Darah yang keluar pun akan lebih banyak di hari pertama oleh karena ity dr Stacy menyarankan untuk melakukan olahraga ringan di awal datangnya datang bulan. Lantas olahraga apa saja yang cocok dilakukan ketika datang bulan? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Baca juga sakit perut saat haid? lakukan gerakan yoga ini untuk mengatasinya

Yoga

Yang pertama adalah yoga, tak hanya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang dan rileks saja. Yoga yang Anda lakukan juga dapat membuat perut lebih nyaman saat datang bulan. Umumnya ada beberapa gerakan yoga yang bisa diterapkan, seperti utrasana, balasana, ardha matsyendrasana dan masih banyak lagi. Tak hanya meredakan nyeri saat datang bulan saja, beberapa gerakan tersebut juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Latihan Kardio Ringan

Yang kedua adalah dengan melakukan latihan kardio ringan. Tak hanya ampuh untuk membakar lemak dan mengecilkan bagian-bagian tubuh seperti perut, paha ataupun lengan, latihan ini juga sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan jantung dan pastinya sangat cocok dilakukan bagi wanita yang datang bulan. Tak perlu pergi ke tempat fitnes untuk melakukan latihan kardio, Anda pun bisa melakukan di rumah. Lantas latihan kardio apa saja yang cocok dilakukan ketika datang bulan?Mengatasi sakit perut saat haid yang tepat

  • High Knee Skip, yang pertama adalah high knee skip. Umumunya gerakan ini memiliki manfaat untuk membentuk bokong yang indah dan sexy. Namun tak jarang latihan kardio ini pun dapat melancarkan siklus datang bulan yang Anda alami. Caranya pun sangat mudah, yaitu lompatlah sambil menarik lutut tinggi-tingi. Lakukan hal ini sebanyak 1 menit secara rutin.
  • Squat Tap, Olahraga yang tepat untuk mengatasi sakit perut saat haid adalah dengan melakukan squat tap. Caranya, berdirilah dengan posisi badan tegak lurus dan kedua tangan teracung ke atas. Setelah itu Anda bisa melompat turun dalam posisi jongkok dengan kaki terbuka. Selain baik untuk wanita datang bulan, gerakan ini juga sangat ampuh untuk merampingkan perut dan paha.

Nah itulah beberapa latihan kardio yang dapat dilakukan ketika Anda sedang datang bulan. Selain itu Anda juga bisa melakukannya  latihan kardio di tempat fitnes, seperti tredamill, sepeda statis dan masih banyak lagi.

Berenang

Berenang juga bisa menjadi pilihan tepat yang bisa Anda lakukan. Namun sebaiknya lakukan olahraga ini ketika darah sudah tidak mengalir terlalu banyak agar renang yang Anda lakukan lebih nyaman. Selain itu, ketika darah tidak tidak banyak, Anda juga bisa berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi dan pastikan jangan lupa menambah asupan cairan saat datang bulan agar terhindar dari dehidrasi.

Baca juga inilah penyebab periode datang bulan tidak teratur

Demikianlah ulasan mengenai olahraga yang tepat untuk mengatasi sakit perut saat haid yang bisa Anda lakukan. Ketika haid sedang banyak-banyaknya biasanya para wanita pun rentan mengalami lemas, pusing dan lelah. Jika hal ini terjadi, disarankan untuk menjalani pola makan seimbang dengan nutrisi yang lengkap serta istirahat yang cukup.

Tags:gerakan olah raga setelah keguguran, olahraga cepat haid