Organ Tubuh Manusia yang Rusak Akibat Rokok

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui merokok merupakan salah satu hal yang sering dilakukan olah setiap orang pecandu rokok. Berbagai macam alasan yang sering dilontarkan para perokok, seperti merokok dapat menghilangkan beban pikiran dan stres, agar lebih terlihat laki-laki, gagah dan kuat. Akan tetapi semua itu hanyalah sugesti positif tentang rokok yang ia ketahui. Pada dasarnya para perokok sudah mengetahui apa saja efek samping dan apa saja zat-zat yang terkandung di dalam rokok.

Tahukah Anda dalam satu batang rokok, rata-rata mengandung lebih dari 3 000 bahan kimia berbahaya. Mulai dari nikotin, tar, arsenik, aseton, karbon monoksida, amonia, kromium, formaldehida, kadmium, hidrogen sianida dan lainnya. Kandungan zat berbahaya dalam rokok tersebut jika dihisap dan dihirup setiap hari, tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Organ Tubuh Manusia yang Rusak Akibat Rokok

Beberapa masalah kesehatan yang terjadi akibat rokok antara lain diabetes, kanker, tekanan darah tinggi atau hipertensi, serangan jantung, gangguan pada alat reproduksi dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh rokok. Untuk lebih jelasnya berikut adalah organ tubuh manusia yang rusak akibat rokok.

Beberapa organ tubuh manusia yang rusak akibat rokok

Organ paru –paru

Hampir setiap perokok pasti mengetahui, jika paru-paru merupakan salah satu organ yang paling menderita akibat asap rokok. merokok secara terus menerus tentunya dapat menurunkan kinerja paru-paru dan lama kelamaan paru–paru akan mengalami kerusakan. Beberapa penyakit yang kerap sekali menyerang paru-paru karena rokok adalah kanker paru–paru, pneumonia serta bronkitis. Pada umumnya ada beberapa cara membersihkan paru-paru dari asap rokok yang dapat Anda coba, yaitu menggunakan susu kedelai, mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan omega 3, minum air putih secara teratur serta dapat menggunakan jeruk nipis. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan tersebut sangat ampuh untuk menurunkan kadar nikotin hingga 70,65.

Organ jantung

Organ tubuh manusia yang selanjutnya adalah jantung. Jantung merupakan organ vital manusia yang sangat penting. Saat merokok, jantung merupakan salah satu organ yang akan menerima dampak buruk dari rokok. seseorang yang merokok secara terus menerus tentunya akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah serta pengerasan pembuluh darah. Jika hal ini terjadi setiap hari, ini akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung mendadak dan juga stroke. Mulailah untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Selain melakukan olahraga terbaik untuk kesehatan jantung, Anda juga harus mengurangi hingga berhenti merokok.

Ginjal

Organ tubuh manusia selanjutnya adalah ginjal. Fungsi utama ginjal adalah untuk mengatur volume darah, menyaring dan membersihkan darah serta untuk merangsang peningkatan laju pertumbuhan sel darah merah oleh sumsum tulang. Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, ginjal merupakan salah satu organ yang akan mengalami kerusakan jika terlalu sering menghisap rokok. Penyakit yang paling umum menimpa ginjal perokok adalah kanker ginjal dan gagal ginjal.

Mata

Selanjutnya adalah mata. Sama halnya dengan organ lainnya, mata juga salah satu yang akan mengalami kerusakan. Biasanya organ mata akan mengalami degenerasi makula atau yang lebih dikenal sebagai kebutaan secara permanen. Hal ini tentunya juga dapat membuat aktivitas seseorang terganggu jika mengalami hal yang satu ini. Oleh karena itu mulailah berhenti merokok untuk menurunkan resiko terjadinya kebutaan mata secara permanen.

Kulit

Meskipun kulit bukan salah satu organ yang ada di dalam tubuh, akan tetapi seseorang yang memiliki kebiasaan merokok kulitnya juga akan terkena dampak dari kebiasaan buruk tersebut. Jika dibandingkan dengan organ tubuh lainnya, perubahan dari kulit sangat terlihat jelas. Mulai dari kulit tambah keriput, adanya strech mark pada kulit, timbulnya kantong mata hingga sisik pada kulit. Tak hanya itu saja, seiring dengan berjalannya waktu keelastisitasan kulit juga akan semakin berkurang. Sehingga kemampuan kulit untuk melindungi tubuh pun akan semakin menurun. Dan hal ini menyebabkan tubuh sangat rentan terhadap suatu penyakit.

Hati

Selain disebabkan karena kebiasaan terlalu sering mengonsumsi alkohol, hati merupakan organ tubuh manusia yang rusak akibat rokok. Tahukah Anda hampir  setengah dari kasus kanker hati disebabkan karena merokok. Dan sisanya disebabkan karena obesitas yaitu 16%, terlalu sering mengonsumsi alkohol 10%, hepatitis B 13% dan juga  hepatitis C yaitu sebanyak 21%.

Organ reproduksi

Sudah dijelaskan pada bungkus rokok jika merokok juga dapat menyebabkan impotensi dan gangguan kehamilan serta janin. Dan hal ini pun terbukti bahwa rokok juga dapat merusak organ tersebut. Bagi seorang laki-laki yang selalu melakukan kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Hal ini dikarenakan nikotin yang terkandung pada rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga hal ini akan mengurangi dan menghambat aliran darah seluruh bagian tubuh. Sedangkan untuk para wanita yang sering merokok,  nikotin dapat mengganggu kehamilan dan memperbesar resiko anak lahir cacat.

Nah itulah beberapa organ tubuh manusia yang akan mengalami kerusakan jika Anda selalu merokok di setiap aktivitas Anda. Mulailah untuk menghentikan kebiasaan merokok, agar terhindar dari segala penyakit tersebut. Selain merugikan diri sendiri, merokok juga dapat memberikan dampak buruk bagi perokok pasif yang ada di sekitar kita. Baca juga artikel terkait lainnya cara ampuh berhenti merokok.

loading...
Tags:penyakit akibat merokok beserta gambarnya, Gambar akibat merokok, gambar penyakit akibat merokok, penyakit yang disebabkan oleh rokok dan gambarnya, bahaya merokok dan gambarnya, gambar akibat rokok, gambar bahaya merokok, gambar penyakit akibat rokok, foto akibat merokok, foto penyakit akibat rokok, foto penyakit akibat merokok, foto bahaya merokok, gambar penyakit rokok, gambar gangguan akibat merokok, foto paru paru akibat rokok