Penyebab Badan Kurus yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Memiliki tubuh ideal menjadi keinginan setiap orang entah wanita maupun pria. Dengan tubuh ideal dapat menunjang penampilan semakin menarik. Namun bagaimana jika memiliki badan kurus? Memiliki badan terlalu kurus juga menjadi permasalahan bagi sebagian orang. Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Sama halnya dengan memiliki badan gemuk, memiliki badan terlalu kurus menimbulkan rasa kurang percaya diri. Lalu apa saja sebenarnya yang mempengaruhi badan menjadi kurus dan susah untuk menambah berat badan? Nah bagi Anda yang sedang mencari informasi tersebut, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Penyebab Badan Kurus

Berikut Penyebab Badan Kurus yang Perlu Anda Ketahui

Faktor Genetika pada Tubuh

Faktor genetika menjadi salah satu penyebab dari badan kurus pada sebagian orang. Ini dikarenakan setiap orang memiliki turunan gen dari orang tuanya. Sama halnya dengan tinggi badan yang juga dipengaruhi gen, namun tinggi badan bisa dimaksimalkan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi termasuk makanan yang mengandung kalsium serta olahraga yang cukup. Begitu pula dengan tubuh kurus, bagi Anda yang susah untuk menambah berat badan sebaiknya mulai memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Pastikan makanan tersebut mengandung gizi yang tinggi.

Terlalu Banyak Pikiran

Terlalu banyak pikiran menjadi penyebab badan kurus berikutnya. Dengan banyaknya beban pikiran menimbulkan rasa stress yang sangat mengganggu. Hal tersebut tentu tidak diinginkan oleh setiap orang. Rata-rata ketika orang stress akan melupakan jadwal makan menjadi tidak teratur. Nah itulah yang bisa menjadi penyebab turunnya berat badan.

Kurang akan Asupan Gizi

Kurangnya gizi baik juga sebagai penyebab badan kurus. Asupan gizi yang baik bisa didapatkan dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat sempurna seperti daging, telur, susu, sayuran, buah-buahan, dan sebagainya. Dengan mendapatkan asupan gizi yang cukup dan baik, maka kemungkinan besar berat badan Anda akan naik. Namun jangan lupa juga dengan berolahraga untuk medapatkan tubuh yang ideal.

Kurang Istirahatkan Badan

Penyebab berikutnya yang mempengaruhi badan kurus adalah kurangnya waktu untuk istirahat. Istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari dengan tidur di malam hari. Oleh sebab itu sebaiknya memulai menyeimbangkan antara waktu istirahat dengan makan dan minum agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu jangan lupa juga untuk menghindari begadang di malam hari.

Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh. Minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti resiko gagal ginjal. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang yang mengakibatkan turunnya berat badan. Selain itu terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food juga tidak baik untuk kesehatan yang beresiko serangan penyakit jantung dan berlebihan berat badan akibat banyak lemak yang terkandung.

Cara menggemukkan badan paling ampuh secara alami

  • Menambah porsi makan

 Cara yang pertama adalah menambah porsi makan. Menambah porsi makan  merupakan salah satu cara menambah berat badan paling efektif. Makanan penambah berat badan  paling efektif mulai dari buah alpukat, susu, keju, selai kacang makanan kaya protein, kalori dan pastikan Anda menghindari makanan tidak sehat seperti junk food ataupun fastfood.

  • Makan teratur

Yang kedua adalah dengan makan teratur. Meskipun dianjurkan untuk memperbanyak porsi makan akan tetapi Anda pun tidak boleh melakukannya secara asal-asalan pastikan Anda makan teratur, dan sebaiknya makanan yang Anda konsumsi pun kaya aka vitamin, nutrisi dan gizi yang baik agar tubuh tetap sehat dan ideal. Pastikan juga jangan melewatkan olahraga. Tak hanya menurunkan berat badan. Olahraga juga dapat membuat tubuh lebih proporsional dan ideal.

  • Mengunyah makanan sampai halus

Cara menambah berat badan  secara alami selanjutnya adalah mengunyah makanan sampai halus. Selain makan teratur mengunyah makanan sampai halus juga dapat menambah berat badan. Meskipun terlihat sepele akan tetapi hal ini sebenarnya cukup penting. Hal ini dikarenakan makanan yang dicerna secara halus lebih mudah dicerna oleh perut san gizinya juga mudah untuk diserap oleh tubuh. tak hanya itu saja, mengunyah makanan sampai halus juga dapat menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan.

  • Mengatur waktu tidur

Berikutnya adalah mengatur waktu tidur. Terlalu sering bedagang dan tidur terlalu larut malam ternyata juga dapat menghambat penambahan berat badan. Oleh karena itu pastikan Anda selalu tidur dengan kualitas yang baik. dalam setiap harinya setiap orang tidur 7 hingga 8 jam.

  • Minum air putih

Seperti yang kita ketahui air merupakan komponen utama dalam tubuh kita. Dalam menjalankan fungsingnya, tubuh membutuhkan banyak air. Selain menyehatkan, air putih juga dapat berat badan lebih proporsional. mulailah minum air putih minimal 8 gelas dalam setiap harinya. meskipun terlihat sederhana dan sepele,  terpenuhinya kebutuhan air putih dapat membuat seseorang lebih berisi dan tentunya sehat.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai penyebab badan kurus yang perlu Anda ketahui. Baca juga Tips mengatasi kurang nafsu makan.

loading...
Tags:kurus, banyak pikiran bikin kurus, banyak pikiran bisa menurunkan berat badan, kurus karena beban pikiran, beban pikiran kurus, banyak beban pikiran membuat badan, apakah banyak pikiran dapat menurunkan berat badan, Badan ku kurus karna beban pikiran, apakah tidur terlalu malam menghambat berat badan, apakah stres menyebabkan badan kurus, apakah pokiran mempengaruhi badan kurus, apakah pikiran kurus mampu membuat kurus, apakah pikiran dapat menghambat menggemukan badan, Vitamin untuk menambah berat bdan sama menghilangkan beban pikiran, apakah faktor beban fikiran bikin badan kurus