Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Kulit

By Categories : Kesehatan

Selain kanker serviks dan jenis kanker lainnya, kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Jika tidak segera diatasi kanker kulit yang menyerang seseorang dan dapat menyebabkan kematian. Beradarkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic seseorang yang berusia 40 tahun ke bawah memiliki resiko yang lebih besar terkena kanker kulit. Untuk mengenal lebih jauh tentang kanker kulit, berikut adalah penyebab dan cara mencegah kanker kulit yang dapat Anda coba.

cara mencegah kanker kulit

Penyebab kanker kulit

  • Faktor keturunan
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia
  • Radiasi ioniasasi seperti radiasi sinar X
  • Kurangnya pigmen pada kulit, seperti seorang albino dan seseorang yang memiliki kulit putih mulus.

Nah itulah beberapa penyebab kanker kulit. Lantas bagaimana cara mencegah kanker kulit? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya!

Cara mencegah kanker kulit

Menghindari kulit dari paparan sinar matahari

Cara yang pertama adalah dengan cara menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jam 10.00 hingga jam 16.00 adalah waktu di mana matahari memancarkan sinar yang kuat. Jika Anda bekerja ataupun beraktivitas di luar ruangan pastikan Anda menggunakan tabir surya untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut pun diungkapkan oleh beberapa ahli, yaitu seseorang yang terlalu sering terkena paparan matahari secara langsung dan terlalu lama dapat memicu pra kanker bagi kulit Anda.

Menggunakan sunscreen

Menggunakan krim sunscreen atau yang lebih sering disebut dengan tabir surya merupakan salah satu produk perawatan yang wajib ada di dalam tas Anda. Hal ini dikarenakan kandungan SPF di dalamnya mampu melindungi Anda dari bahaya sinar UV. Sebaiknya pilihlah tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Bagi seseorang yang tinggal di iklim tropis, menggunakan tabir surya dengan SPF 15 sudah cukup untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Gunakan kacamata hitam

Selain menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit tubuh, Anda juga harus menggunakan kacamata hitam untuk melindungi kulit yang berada di area mata. Hal ini dikarenakan kulit yang berada disekitar mata merupakan kulit tipis dan cukup sensitif terhadap panas. Oleh karena itu, menggunakan kacamata hitam merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Memberi nutrisi pada kulit

Cara yang satu ini merupakan hal yang paling penting Anda terapkan. Karena seseorang yang memiliki kulit kering dan kusam adalah salah satu penyebab terjadinya kanker kulit. Anda dapat memberi nutrisi pada kulit dengan mengonsumsi makanan bergizi serta menggunakan vitamin, lotion ataupun lulur alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kanker kulit. Baca juga artikel mengenai Penyebab dan gejala penyakit lupus.

loading...
Tags:cara mencegah kanker kulit, cara pencegahan kanker kulit, penyebab kanker kulit dan pencegahannya, cara mencegah kanker kuli, mencegah kanker kulit, pencegahan kanker kulit, untuk menghindari kanker kulit dengan pemakaian