Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

By Categories : Kesehatan

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya hidung tersumbat. Tentunya hal ini sangat menganggu para penderitanya. Pada umumnya hidung yang tersumbat akibat penyakit ringan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu maksimal satu minggu. Akan tetapi seseorang yang mengalami hidung tersumbat dengan jangka waktu yang sangat lama, biasanya disebabkan karena penyakit yang serius. Berikut adalah beberapa penyebab hidung tersumbat.

Woman Blowing Nose --- Image by © Mina Chapman/Corbis

Penyebab hidung tersumbat

  • Polip hidung, biasanya hidung yang tersumbat hanya sebelah dan tidak berpindah-pindah.
  • Sinusitis kronis.
  • Alergi serbuk sari.
  • Paparan zat kimia.
  • Septum menyimpang.

Nah itulah beberapa penyebab hidung tersumbat. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan peradangan. Sehingga ini akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan membengkak dan menyebabkan hidung tersumbat. Namun Anda jangan khawatir, berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami

Mengonsumsi makanan pedas dan panas

Cara yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang pedas serta panas. Jika Anda mengalami hidung tersumbat akibat adanya ingus kental dan susah dikeluarkan, cara yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi makanan pedas dan panas. Rasa pedas yang Anda makan dapat merangsang perlendiran. Sehingga hak ini akan membuat ingus lebih encer dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman seperti wedang jahe ataupun sup ayam hangat dengan rasa yang pedas.

Hindari mengeluarkan ingus kuat-kuat

Jika hidung tersumbat yang Anda derita akibat flu yang disertai ingus, sebaiknya Anda mengeluarkannya dengan lembut. Mengelurakan ingus secara paksa dapat membuat lapisan dalam hidung semakin meradang. Hal ini tentunya akan dapat membuat penyumbata hidung yang Anda alami semakin berat.

Menghirup balsem atau minyak angin

Cara selanjutnya adalah dengan cara menghirup balsem atau minyak angin. Kandungan menthol pada balsem dan minyak angin dipercaya dapat mengurangi dan meringankan hidung tersumbat. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu Anda dapat langsung menghirup balsem atau minyak angin langsung dari wadahnya, atau Anda juga dapat mengoleskannya sedikit pada bawah lubang hidung atau sekitar leher. Sebaiknya pilihlah balsem yang mengandung aroma terapi, agar tubuh dapat rileks dan tenang.

Larutan air garam

Selain menggunakan balsem Anda juga dapat menggunakan larutan air garam hangat. Larutan air garam dipercaya dapat meringankan hidung yang tersumbat. Ini dikarenakan garam mengandung sifat anti bakteri sehingga dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan hidung tersumbat. Caranya pun mudah, yaitu campurkan beberapa sendok garam ke dalam air hangat, kemudian basuhkan pada hidung Anda. Melakukan hal ini secara teratur, dipercaya dapat meredakan hidung tersumbat.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat. Baca juga artikel tentang Makanan yang perlu dihindari saat batuk.