Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Hernia

By Categories : Kesehatan

Mengetahui penyebab atau ciri-cirinya penyakit hernia ini sangatlah penting sekali, karena menurut prediksi tim medis mengatakan bahwa kondisi ini dapat menjadi kasus darurat medis yang dapat mengancam jiwa jika terlambat untuk ditangani. Penyakit hernia atau turun berok merupakan penyakit akibat turunnya buah zakar yang dikarenakan oleh melemahnya lapisan otot perut. Untuk penderita penyakit hernia memang kebanyakan seorang pria namun tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada seorang wanita hingga pada anak-anak sekalipun.

hernia

Penyakit hernia sebenarnya dapat dengan mudah kita kenali gejala atau ciri-cirinya di antaranya adalah rasa nyeri pada bagian bawah perut, terdapat benjolan pada bagian bawah perut, mengalami batuk berkepanjangan, tubuh merasa nyeri ketika mengangakat beban berat, dan terjadi gangguan pencernaan. Lalu apa saja penyebab penyakit hernia tersebut dan bagaimana untuk mengatasinya? Tentu dalam benak kita semua bertanya seperti itu. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasi penyakit hernia.

Penyebab Penyakit Hernia

  • Mengejan berlebihan ketika buang air besar.
  • Sering mengangkat beban yang terlalu berat .
  • Terdapat titik lemah pada dinding perut .
  • Obesitas.
  • Peningkatan tekanan pada perut.

Cara Mengatasi Penyakit Hernia atau Turun Berok

  • Mengurangi Mengangkat Beban Berat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi adapun menyebab penyakit hernia itu sendiri adalah karena sering mengangkat beban yang terlalu berat. Maka dari itu sebaiknya Anda untuk mengurangi aktivitas mengangkat beban berat selama masih dalam proses penyembuhan. Karena penyakit hernia ini bisa kambuh lagi meskipun sudah dinyatakan sembuh jika kita tidak memperhatikan aktivitas yang satu ini.

  • Ramuan Jahe

Cara alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi atau mengobati hernia adalah dengan memanfaatkan tanaman jahe. Cara yang pertama ini mamang menjadi sebuah alternatif yang sangat mudah dan tentunya tidak mahal untuk Anda lakukan. Adapun caranya adalah cukup dengan membuat minuman jahe setiap hari satu cangkir. Cara minum yang paling tepat yaitu ketika perut masih dalam keadaan perut kosong. Hal tersebut justru akan membuat proses penyembuhannya lebih cepat.

  • Akar Manis

Selain menggunakan ramuan jahe, Anda juga bisa menggunakan akar manis sebagai salah satu pengobatan hernia secara alami. Adapun manfaat akar manis ini adalah dapat mendorong proses penyembuhan hernia di bagian lapisan perut serta kerongkongan yang mengalami kerusakan akibat penyakit hernia. Adapun caranya adalah cukup dengan mengambil 2 sendok bubuk akar manis, lalu seduh dengan secangkir air hangat lalu minum setiap seminggu sekali.

Itulah penyebab dan cara mengatasi penyakit hernia yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Cara mengatasi rematik secara alami.

Tags:gerakan untuk kecilkan lengan bagi sakit hernia, hernia gatal, penyakit hernia itu gatal, penyakit hernia seminggu, proses pengobatan minum jahe terhadap penyakit hernia