Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus

By Categories : Kesehatan

Mengenal penyebab dan gejala penyakit lupus memang sangat penting untuk Anda ketahui khususnya para wanita meskipun penyakit ini belum jelas penyebabnya. Adapun pengertian penyakit lupus itu sendiri adalah penyakit yang terjadi karena peradangan kronis yang disebabkan karena sistem imun tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh. Peradangan yang disebabkan karena lupus ini dapat berefek samping buruk pada sistem yang berada dalam tubuh di antaranya pada persendian, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru.

Penyakit Lupus

Seperti yang dijelaskan di atas tadi lupus sering terjadi pada wanita meskipun alasannya belum diketahi secara pasti. Untuk jenis lupus itu sendiri empat jenis di antaranya lupus systemic lupus ery thematosus, discoid lupus erythematosus, drug-inducet lupus erythematosus dan neonatal lupus. Di antara jenis ke empat lupus tersebut yang sering atau paling umum dialami kebanyakan orang adalah lupus jenis systemic lupus erythematosus.

Penyebab Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit yang muncul kektika kondisi tubuh terkena zat asing seperti dalam bentuk bakteri ataupun virus, kemudian disertai dengan sistem imun menyerang jaringan tubuh yang sehat. Adapun penyebab dan faktor apa saja yang meningkatkan resiko penyakit lupus adalah sebagai berikut.

Karena Pengaruh Obat Tertentu

Obat yang dimaksudkan adalah obat yang digunakan dalam jangka waktu yang lama sangat beresiko sekali menyebabkan penyakit lupus. Adapun obat yang sangat potensial penyebabkan lupus adalah obat tekanan darah tinggi, obat jantung, dan obat tuberculosis isonoazid yang dimana obat ini sangat membutuhkan waktu lama dalam penggunaanya untuk hasil yang maksimal.

Terkena Zat Kimia

Terdapat beberapa study yang mengatakan bahwa orang yang bekerja dan rentan dengan terekspos dengan merkurin dan silica memiliki resiko yang sangat tinggi terkena penyakit lupus. Karena zat kimia tersebut sangat berbahaya, selain itu merokok juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit lupus.

Ras, Usia dan Jenis Kelamin

Lupus biasanya sangat sering dialami oleh seorang wanita, adapun usus terkena penyakit lupus tersebut adalah bisa berefek pada segala usia termasuk juga dengan bayi. Tapi untuk usia yang secara umum terdiagnosis adalah anak berusia antara 15 – 40 tahun. Secara umum penyakit lupus sering terjadi dan dialami oleh orang Afrika, Hispanics dan Asia.

Nah itulah penyebab terjadinya penyebab penyakit lupus. Adapun gejala yang akan dialami oleh penderita penyakit lupus adalah sebagai berikut.

Gejala Penyakit Lupus

  • Mudah lelah.
  • Demam berkepanjangan.
  • Hilangnya berat badan secara drastis.
  • Timbulnya penyakit karena terkena sinar matahari.
  • Radang mulut.
  • Jari kuku yang mudah memutih atau membiru ketika merasa dingin atau stress.
  • Munculnya luka ruam pada wajah pada area pipi dan hidung.
  • Sering dan mudah depresi, gelisah hingga hilang ingatan.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan gejala penyakit lupus. Mengingat penyakit lupus sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja, maka sangat penting sekali kita untuk selalu memperhatikan penyebab dan gejala dari penyakit tersebut. Baca juga artikel lainnya mengenai Ciri-ciri wanita terkena kanker serviks.

loading...