Penyebab dan Gejala Usus Buntu

By Categories : Kesehatan

Usus buntu atau appendiks merupakan salah satu organ yang dianggap sebagai organ tambahan yang memiliki fungsi untukorgan imunologik dan secara aktif berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang memiliki atau berisi kelenjar limfoid. Berkaitan dengan penyakit usus buntu tentu saja terdapat penyebab dan gejala yang akan dirasakan oleh tubuh manusia.

Penyakit yang menyerang usus buntu atau appendix ini telah mengalami peradangan dan penyumbatan yang disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar lapisan saluran usus buntu atau appendix. Selain itu juga bisa disebabkan oleh makanan yang sulit untuk dicerna karena keras dan berbiji yang bersarang pada saluran usus buntu seperti misalnya jambu biji. Nah untuk lebih jelasnnya Anda bisa langsung perhatikan ulasan berikut ini mengenai penyebab dan gejala usus buntu.

Penyebab dan Gejala Usus Buntu1

Berikut Penyebab dan Gejala Usus Buntu

Bakteri

Penyebab yang paling utama usus buntu adalah dikarenakan oleh bekteri. Bakteri yang masuk dalam tubuh manusia malalui saluran pencernaan tersebut akan berkembang biak dengan cara membelah diri, dimana semakin lama bakteri tersebut bersarang di salah satu organ dalam tubuh maka semakin bertambah jumlah bakteri tersebut. Jenis bakteri ini biasanya bisa masuk dengan cara melalui makanan dan pori-poti tubuh, maka dari itu usahakan selalu menjaga kebersihan diri untuk menghindari persebaran bakteri yang bisa menyebabkan penyakit usus buntu.

Infeksi

Selain disebabkan oleh bakteri, penyakit usus buntu juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada usus buntu yang biasanya disebabkan oleh virus gastrointestinal. Virus tersebut bisa disebabkan oleh sisa makanan yang tersimpan dalam usus yang tidak bisa dicerna dengan baik. Maka dengan begitu usus buntu akan mengalami pembengkakan atau peradangan.

Faktor Makanan

Terdapat jenis makanan yang dapat meningkatkan resiko penyakit usus buntu di antaranya adalah makanan yang cara prosesenya di goreng, daging instan, daging unggas, makanan yang banyak mengandung vaksin atau garam, dan makanan yang dibakar langsung. Semua jenis makana tersebut dipercaya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit usus buntu.

Telah dijelaskan mengenai penyebab penyakit usus buntu, maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai gejala penyakit usus buntu yang harus Anda ketahui. Adapun gejalanya adalah sebagai berikut.

  • Badan merasa demam dan menggigil, gejala ini merupakan gejala awal yang akan dirasakan oleh seseorang yang terkena penyakit usus buntu. Untuk kondisi ini demam yang akan dirasakan bisa mencapai 39 derajat celsius dan sertai rasa sakit yang tidak tertahan pada perut.
  • Hilangnya nafsu makan, hal ini terjadi karena perut merasa kembung dan juga disertai dengan rasa mual dan muntah. Oleh karena itulah seseorang yang mengalami penyakit usus buntu akan sulit menerima makanan yang akan masuk dalam organ pencernaanya.
  • Diare, melihat banyak kasus dari penderita usus buntu juga akan mengalami masalah dengan pencernaan lainnya yang biasanya disertai dengan diare. Kotoran yang dikeluarkan dari diare ini biasanya berupa lendir.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan gejala usus buntu.

loading...