Penyebab Gusi Bengkak dan Pengobatanya

By Categories : Kesehatan

Apa penyebab gusi bengkak? Bisa dibilang banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan gusi bengkak. Gusi bengkak atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan gingivitis adalah peradangan gusi yang menimbulkan perubahan bentuk gusi dan bewarna merah. Selain itu gusi bengkak cederung sangat sensitif dan mudah berdarah akibat sentuhan ringan. Gusi bengkak itu sendiri diakibatkan karena kurang menjaga kebersihan mulut sehingga terbentuk plak atau karang gigi dibagian perbatasan gigi. Plak dan karang gigi tersebutlah yang memicu terjadinya infeksi pada gusi akibat bakteri.

Penyebab Gusi Bengkak

Kondisi umum yang dapat kita perhatikan secara mudah adalah terdapat tonjolan pembengkakan pada gusi. Dalam hal ini juga disertai dengan bau mulut yang tidak sedap dan gusi mengalami perubahan warna lebih merah dari warna pada umumnya. Jika kondisinya sudah semakin parah maka pembengkkan akan semakin besar dan mudah berdarah. Nah untuk lebih jelasnya berkaitan dengan penyebab gusi bengkak maka perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Penyebab Gusi Bengkak yang Harus Anda Ketahui

Kurang Menjaga Kebersihan Mulut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, hal ini merupakan pemicu utama kurangnya menjaga kebersihan mulut. Seperti misalnya tidak pernah menyikat gigi yang mengakibatkan terjadinya penumpukan makanan pada sela-sela gigi dan gusi. Dan pada akhirnya sisa makanan inilah yang menyebabkan bakteri mudah berkembang dan menyebabkan gusi bengkak.

Makanan yang Tidak Sehat

Penyebab gusi bengkak selanjutnya adalah makanan yang tidak sehat. Seperti yang bisa kita lihat banyak makanan olahan yang beredar dikalangan masayarakat. Makanan olahan tersebut banyak mengandung gula didalamnya yang dapat menyebabkan banyak masalah pada gigi dan gusi.

Kekurangan Vitamin

Gusi bengkak juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C dalam tubuh. Selain itu juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin B, asam folat, kalsium dan masih banyak lagi lainnya.

Penggunaan Behel atau Kawat Gigi

Penyebab gusi bengkak yang terakhir adalah penggunaan behel atau kawat gigi. Penggunaan behal atau kawat gigi memang sakarang ini telah menjadi trend dikalangan para remaja. Tapi yang harus Anda tahu penggunaan behel juga salah satu pemicu gusi menjadi bengkak.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab gusi bengkak dan selanjutnya akan kami jelaskan mengenai cara untuk mengatasi gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak dapat dilakukan dengan mudah yaitu menggunakan bahan herbal seperti berkumur dengan menggunakan air larutan garam, air perasan jeruk lemon, memenuhi asupan vitamin secara optimal dan paling penting adalah selalu menjaga kesehatan mulut secara teratur.

Sekian penjelasan mengenai penyebab gusi bengkak dan pengobatannya. Semoga dengan penjelasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua! Baca juga artikel mengenai Cara mengatasi gusi bengkak.