Penyebab Hipertensi Dalam Kehamilan

By Categories : Kesehatan

Hipertensi autau tekanan darah tinggi yang dialami oleh ibu hamil sangatlah membahayakan bagi kesehatan ibu ataupun janin dalam kandungan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya dipicu karena darah yang dipompa oleh jantung mengalami peningkatan tekanan yang akan menyebabkan kerusakan dinding arteri di pembuluh darah. Biasanya hipertensi yang terjadi pada ibu hamil ketika usia telah menginjak 20 tahun sampai di atas 40 tahun.

Penyebab Hipertensi Dalam Kehamilan

Berkaitan dengan hipertensi dalam kehamilan, terdapat jenis hipertensi yang sangat berbahaya pada kehamilan adalah Preeklampsia atau yang sering disebut dengan keracunan kehamilan. Preeklampsia adalah sebuah penyakit yang timbul dengan disertai tanda-tanda hipertensi, edema, dan proteinuria yang timbul karena kehamilan.

Penyebab Hipertensi Dalam Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

Hipertensi kehamilan ini disebabkan oleh dua hal di antaranya hipertensi essensial atau hipertensi prime, dimana bukan kerena disebabkan oleh adanya gangguan jantung atau ginjal, melainkan karena disebabkan oleh polah hidup yang tidak sehat.

Pola hidup yang tidak sehat yang sering dilakukan oleh ibu hamil adalah mengalami stress, mengonsumsi garam berlebihan, merokok, kebiasaan minum alkohol dan kefein. Semua itu sangatlah dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menimbulkan banyak resiko kesehatan yang dapat mengganggu kondisi ibu dan janin dalam kandungan.

Selain itu juga bisa disebabkan karena pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung zat-zat berbahaya seperti pemanis buatan, pewarna makan dan lain sebagainya. Jenis makanan yang seperti itu dapat menimbulkan lemak dan menyebabkan kelebihan berat badan.

Bukan hanya itu saja, kebiasaan tersebut juga bisa menyebabkan terjadiinya konsentrasi protein dalam air kencing yang melebihi 0,3 g/liter yang artinya air kencing ibu penderita sangat sedikit sekali dan gangguan ini sampai sekarang belum diketahui cara penanganannya.

Cara Mencegahnya

Agar terhindar dari masalah gangguan hipertensi ketika hamil, maka yang harus Anda lakukan adalah selalu menjaga pola hidup sehat. Dengan melakukan pola hidup sehat memiliki potensi bagi ibu hamil terhindar dari hipertensi pada kehamilan. Pola hidup sehat di antaranya menjahui minuman yang beralkohol, hindari stres, menjaga pola makan sehat seperti mengonsumsi makanan yang tinggi serat, protein, dan menghindari mengonsumsi makanan yang berlebihan. Ada banyak makanan sehat untuk penderita hipertensi yang bisa Anda coba sepertibayam, kacang-kacangan, dan pisang.

Selain itu, Anda juga sangat bisa mengimbanginya dengan melakukan olahraga yang teratur dan mengonsumsi buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat yaitu seperti buah jeruk, beri, mengkudu, mentimun dan buah tomat.

Nah itulah ulasan mengenai penyebab hipertensi dalam kehamilan. Usahakan selalu lakukan pencegahan dari awal sebelum terjadinya masalah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Adapun caranya selalu lakukan kontrol secara rutin terhadap kondisi kehamilan dan ikuti petunjuk yang disarankan oleh dokter. Baca juga artikel tentang Makanan bayam untuk kesehatan tubuh.

loading...
Tags:penyebab hipertensi dalam kehamilan, penyebab hipertensi pada kehamilan, penyebab hipertensi kehamilan, penyebab hipertensi gestasional, penyebab hipertensi pada awal kehamilan, penyebab hipertensi dlm kehamilan, penyebab dari hipertensi gravidarum, kenapa kehamilan menyebabkan hipertensi, hipertensi pada kehamilan sebab, faktor penyabab hipertensi pada bumil