Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kecantikan

Penuaan dini merupakan salah satu hal yang ditakuti setiap orang terutama wanita. Hal ini menjadi  fenomena yang sering kali membuat mereka resah, meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena kita dapat menunda dan mencegah proses penuaan dini.

Untuk mencegah penuaan harus melakukan berbagai cara untuk mendukung proses perlambatan proses penuaan pada kulit, namun sebelum kita membahas cara mencegah penuaan dini lebih baiknya jika kita mengetahui hal-hal yang dapat menyababkan penuaaan dini seseorang. Maka langsung saja simak ulasan berikut ini!

Penyebab Penuaan Dini

Faktor-faktor Penyebab Penuaan Dini

Sinar Matahari

Saat ini telah diperkirakan sekitar 80% kasus penuaan dini yang sudah terjadi disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terjadi secara berlebihan. Hal itu disebabkan karena sinar matahari dapat secara langsung menyebabakan kolagen dan serat-serat elastis pada kulit. Paparan sinar matahari dapat membentuk radikal bebas yang dapat merusak kolagen pada kulit, sehingga kulit akan tampak lebih kusam.

Asupan Nutrisi yang Buruk

Penyebab penuaan dini lainnya adalah karena asupan nutrisi yang buruk yang disebabkan oleh asupan makanan yang kurang mengandung serat, rendah vitamin, dan rendah antioksidan. Maka dengan begitu kondisi tersebut menjadikan kulit tidak mampu melawan paparan sinar matahari, polusi dan radikal bebas. Alhasil kulit akan mengalami penuaan secara dini dengan ditandai kulit menjadi tampak lebih hitam dan kusam.

Polusi

Polusi juga sangat jahat terhadap kulit dimana dapat menyebabkan kulit menjadi rusak. Karena populasi tersebut disebabkan oleh kerusakan lapisan ozon dan menyebabkan radikal bebas sinar ultraviolet menjadi meningkat. Maka dengan kondisi tersebut akan mempengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Nah itulah beberapa faktor penyebab penuaan dini. Setelah Anda mengetahui penyabab terjadinya penuaan dini tersebut maka selanjutnya Anda harus tahu cara mengatasinya. Adapun cara mengatasinya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Penuaan Dini

Minum Air Putih yang Cukup

Air putih sangat baik untuk kesehatan kulit yang  berfungsi mencegah dehidrasi pada kulit sehingga akan menjadikan kulit selalu dalam kondis yang lembab. Hal ini terutama bagi orang yang sudah mengalami usia tua sangat disarankan sekali untuk sering minum air putih, selain dapat menjaga kesehatan pada kulit, air putih juga bisa membantu membuang racun dari tubuh. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi rumput laut. Banyak Manfaat dari rumput laut yang dipercaya dapat mencegah penuaan dini.

Tidur yang Cukup

Ketika Anda sudah mulai muncul tanda-tanda penuaan seperti muncul kantong mata, wajah semakin keriput maka yang harus Anda lakukan adalah cukupilah waktu tidur Anda. Dengan pola tidur yang cukup maka masalah penuaan dini akan lambat laun akan menghilang dan tubuh menjadi tampak lebih muda.

Hindari Kebiasaan Tidak Sehat

Kebiasaan tidak sehat adalah sering merokok, minum kafein seperti kopi dan lain sebagainya. Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti itu akan membuat proses penuaan dini lebih cepat. Maka untuk itu, usahakan mulai hidup sehat dari sekarang dengan cara menghindari hal tersebut dan selalu melakukan olahraga secara teratur.

Itulah beberpa penyebab penuaan dini dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel kecantikan lainnya mengenai Manfaat buah melon.

loading...