Penyebab Penyakit Herpes Zoster dan Pengobatannya

By Categories : Kesehatan

Herpes merupakan penyakit menular yang menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit herpes kulit sendiri sering artikan dengan peradangan kulit dengan bentuk gelembung-gelembung berisi cairan secara berkelompok. Penyakit herpes sendiri terdapat dua jenis yaitu herpes zoster yang menyerang area kulit dan herpes genalitas  atau penyakit herpes yang menyerang kulit sensitif seseorang. Nah agar lebih jelasnya langsung saja perhatikan ulasan berikut ini mengenai penyebab penyakit herpes pada kulit dan pengobatannya.

penyebab virus herpes
Inilah Penyebab penyakit Herpes Zoster Dapat Anda Ketahui

Penyakit herpes sendiri ditularkan oleh virus yang dikenal dengan nama Varicella-zoster, bersarang dalam tubuh seseorang sejak mengalami penyakit cacar. Virus ini akan menetap dalam kondisi tidak aktif pada pusat posterior dalam tubuh. Virus ini akan kembali aktif ketika daya tahan tubuh seseorang mengalami penurunan. Dimana virus Varicella-zoster akan menyebar melalui saraf tepi menuju kulit dan menyebabkan terjadinya penyakit herpes zoster.

Mengapa virus zoster ini dapat kembali lagi? Terdapat bebrapa faktor yang dapat memicu penyakit herpes zoster kembali lagi selain karena disebabkan oleh daya tahan menurun yaitu diantaranya sebagai berikut!

  • Karena faktor usia,¬† penyakit herpes yang satu ini memang sangat umum menyerang manula dari usia 50 tahun ke atas. Hal ini salah sarunya bisa disebabkan oleh kondisi daya tahan yang menurun.
  • Faktor stres yang berlebihan
  • Pengaruh dari obat-obatan yang digunakan dalam jangka panjang seperti obat steroid.
  • Selain itu juga bisa karena faktor menjalani kemoterapi.

Nah itulah beberapa faktor yang membuat herpes zoster. Jika Anda terkena penyakit herpes, Anda akan mengalami gejala seperti demam, nyeri diseluruh tubuh, sakit kepala dan tubuh sangat letih dan lesu. Selain itu kulit Anda akan muncul ruam kemerahan dengan sensasi terbakar. Ruam tersebut dalam 3-5 hari kemudian akan membentuk luka atau yang sering dikenal dengan koreng.

Penyakit herpes zoster ini sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya dan mengancam diri. Namun meskipun begitu alangkah baiknya jika Anda sudah mulai merasakan gejala penyakit herpes seperti yang sudah di jelakan di atas. Maka segerahlah untuk melakukan tindakan pengobatan.

Pengobatan herpes zoster yang paling cepat yaitu dengan melakukan pengobatan secara medis. Pengobatan bisa dilakukan dengan cara menggunakan obat acyclovir dan famciclovir. Kedua obat tersebut memang paling efektif untuk mengobati herpes zoster dalam waktu 3 hari. Selain menggunakan kedua obat di atas, Anda juga bisa menggunakan obat antikonvulsan dan antidepresan yang cenderung lebih lama yaitu satu minggu dalam proses penyembuhan.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab penyakit herpes zoster dan pengobatannya yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Bahan Alami Mengatasi Penyakit Kurap.

loading...
Tags:pengertian penyakit spiritis