Penyebab Penyakit TBC dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Di Indonesia penyakit TBC atau Tuberkulosis kini telah menjadi perhatian khusus dan masalah serius yang harus segera ditangani. TBC sendiri merupakan salah satu jenis penyakit pada pernapasan yang sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan penyakit TBC dalam proses penularannya yang sangat mudah. Penyebab penyakit TBC umumnya di picu oleh bakteri. Bakteri ini adalah bakteri jenis basil yang sangat kuat, sehingga dalam proses penyembuhannya dibutuhkan waktu yang realtif lama. Menurut penelitian tim medis bakteri ini sering menginfeksi organ paru-paru sebesar 90% dibandingkan organ tubuh lainnya.

Penyebab Penyakit TBC

 

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit menular yang harus diwaspadai bagi setiap orang. Karena persebarannya yang sangat mudah menyebabkan tidak ada satupun negara di dunia ini yang dapat bebas dari TBC. Banyaknya angka kematian dan kesakitan akibat penyakit TBC yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis kini menjadi perhatian dunia.

Gejala Penyakit TBC

Seperti penjelasan di atas mengenai penyebab penyakit TBC, tentu saja penyakit ini juga disertai gejala yang akan dirasakan oleh penderita. Gejala ini memang sangat penting untuk diketahui sejak dini. Hal ini dilakukan supaya dapat membuat proses penanganan lebih cepat dan tepat supaya tidak terjadi situasi yang semakin parah. Adapun gejala penyakit TBC adalah sebagai berikut :

  • Penderita yang terserang bakteri penyakit TBC akan sering mengalami timbulnya bunyi “mengi” pada suara napas, susah untuk bernapas hingga mengalami sesak napas.
  • Akan merasakan nyeri yang luar biasa pada paru-paru dan dada. Hal ini dikarenakan terdapat cairan di ronggapleura (pembungkus paru-paru).
  • Jika penderitanya anak-anak, maka penyakit ini kemungkinan akan mengenai lapisan pembungkus otak. Ini disebut dengan meningitis atau radang selaput otak. Adapun gejala yang timbul adalah demam tinggi, kejang-kejang hingga penurunan kesadaran.

Nah itulah beberapa gejala penyakit TBC yang harus Anda ketahui. Tapi rasanya tidak lengkap jika kita tidak mengetahui pula cara mengatasinya. Nah berikut akan kami sajikan cara mengatasi penyakit TBC. Langsung saja simak ulasan berikut ini!

Cara Mengatasi Penyakit TBC

Untuk mendiagnosis TBC, langkah pertama dokter akan melakukan pemerikasaan fisik terutama pada bagian paru-paru atau dada. Setelah diketahui selanjutnya pasien harus melakukan pengobatan secara teratur minimal selama 6 bulan, hingga 2 tahun. Jika pengobatan ini tidak dilakukan secara teratur makan penyakit TBC tidak akan disembuhkan secara maksimal.

Selain menggunakan pengobatan medis Anda juga bisa menggunkan pengobatan menggunakan bahan alami atau tradisional. Hal ini dilakukan supaya dapat mempercepat proses penyembuhan. Adapun bahan yang digunakan adalah bunga tembelekan, daun legundi, bunga kembang sepatu, dan biji pronowijo.

Setelah mengetahui penyebab TBC, gejala dan cara mengatasinya, kali ini akan menjelaskan mengenai komplikasi yang bisa muncul karena penyakit TBC. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Kerusakan hati dan ginjal

Yang pertama adalah TBC dapat menyebabkan kerusakan hati dan juga ginjal. Seperti yang kita ketahui hati dan ginjal merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring pengotor yang ada di dalam aliran darah. Fungsi ini pun dapat mengalami kegagalan jika kedua organ tersebut terinfeksi oleh kuman penyebab penyakit TBC.

Menyebabkan kerusakan pada tulang dan sendi

Nyeri pada tulang dan sendi dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengindikasikan jika Anda sedang terinfeksi kuman TB. Dari paru-paru, kuman TB menyebar ke jaringan tulang. Dalam banyak kasus, kuman TBC juga dapat menginfeksi tulang iga, sehingga dapat menyebabkan nyeri yang sangat parah.

Kerusakan otak

Komplikasi yang bisa saja terjadi pada penderita TBC berikutnya adalah kerusakan otak. Tak hanya kerusakan tulang saja, kuman TB yang menyebar hingga ke otak dapat menyebabkan peradangan pada selaput otak atau yang biasa disebut dengan meningitis. Penyakit meningitis sendiri dapat memicu pembengkakan pada membran yang menyelimuti otak. Jika tidak segera diatasi, meningitis sangatlah berbahaya dan mematikan.

Baca juga  vaksin penyakit meningitis untuk anak

Menyebabkan kerusakan pada jantung

Selanjutnya adalah dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Jaringan di sekitar jantung juga dapat terinfeksi oleh kuman TB. Sehingga hal ini dapat menyebabkan penumpukan dan peradangan cairan yang dapat membuat jantung menjadi tidak optimal dalam memompa darah. Komplikasi yang satu ini biasa disebut dengan cardiac tamponade.

Resistensi kuman

Penyakit TBC yang tak kunjung sembuh tentu saja dapat membuatnya jenuh, putus asa dan mulai bosan dalam mengonsumsi obat. Namun tahukah Anda bahwa pengobatan yang tidak tuntas dapat membuat kuman menjadi resisten atau kebal? Jika sudah begini, maka harus diganti dengan obat yang lain yang  lebih kuat dan pastinya efek samping yang ditimbulkan pun semakin berat.

Nah tulah beberapa penjelasan mengenai penyebab penyakit TBC dan cara mengatasinya yang dapat Anda ketahui serta komplikasi yang disebabkan oleh kuman TB.

Baca juga artikel mengenai Makanan yang perlu dihindari saat batuk.

loading...