Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

By Categories : Kecantikan

Terdapat istilah jika rambut merupakan salah satu asset berharga bagi wanita sekaligus menjadi mahkota. Hal inilah yang menjadikan wanita memiliki keinginan kuat untuk memiliki rambut indah dan kuat. Seiring dengan keinginan tersebut muncul permasalahan yang sering terjadi pada rambut wanita seperti rambut bercabang, mudah rontok, sampai berketombe. Hal-hal tersebut muncul karena terdapat penyebab yang perlu diketahui. Jika tidak segera diatasi, rambut rontok tentu saja dapat memicu kebotakan dini.

Seperti yang kita ketahui rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga kesehatannya. Rambut kepala yang tipis dan tidak lebat pastinya dapat membuat sebagian besar wanita tidak percaya diri dengan penampilannya. Untuk itu sebaiknya Anda perlu mengetahui apa saja sebenarnya penyebab permasalahan pada rambut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab rambut rontok pada wanita yang perlu diwaspadai.

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Berikut Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Sering Menggunakan Hair Dryer

Terlalu sering menggunakan hair dryer dapat menjadi penyebab rambut menjadi cepat rontok. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh wanita ini sudah menjadi kebiasaan yang wajib untuk dilakukan. Lalu apa sebenarnya hubungan antara menggunakan hair dryer terlalu sering dengan rambut rontok? Ini dikarenakan panas yang disebabkan oleh alat penata rambut tersebut dapat merusak protein yang ada pada rambut, sehingga menyebabkan rambut cepat rusak dan mudah rontok. Untuk mengatasi hal tersebut Anda disarankan menggunakan

Baca juga  vitamin untuk rambut rontok.

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Penyebab rambut yang kedua adalah mengikat terlalu kencang. Mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut cepat rusak. Hal ini akan menyebabkan juga luka pada folikel yang mengakibatkan luka permanen sehingga rambut akan susah untuk tumbuh lagi. Untuk itu sebaiknya sangat disarankan ketika mengikat rambut terlalu kencang terutama ketika Anda akan tidur.

Jarang dan Juga Terlalu Sering Keramas

Berikutnya adalah jarang sekaligus terlalu sering keramas. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari jika Anda sebagai wanita tidak ingin rambut Anda mudah rontok. Jarang keramas akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada kulit kepala yang dapat mengakibatkan tersumbatnya folikel rambut, sehingga akan terhambat pertumbuhan rambut. Sedangkan untuk yang sering keramas akan menyebabkan penurunan produksi minyak pada rambut. Yang terjadi adalah rambut mudah kering dan resiko rontok akan lebih besar. Oleh sebab itu Anda cukup keramas 1 kali dalam sehari atau 2 kali dalam saehari.

Terlalu Sering Mandi dengan Air Panas

Terlalu sering mandi dengan menggunakan air panas turut menjadi penyebab rambut rontok berikutnya. Mandi dengan air panas dapat menyebabkan menurunkan produktivitas dari minyak alami pada rambut serta membuat kilit beserta pori-pori pada kepala menjadi kering. Dengan begitu kerusakan pada akar rambut dapat terjadi yang mengakibatkan rambut kurang kuat dan mengalami mudah rontok. Untuk solusinya jika menggunakan air panas cukup mengguyurkan pada tubuh, sedangkan untuk kepala cukup dengan air biasa.

Menggaruk Kepala

Hal inilah yang terlihat sepele tanpa diperhatikan, tetapi sebenarnya dapat menyebabkan rambut cepat rontok. Untuk itu sebaiknya menghindari menggaruk rambut secara sering. Cari penyebab rambut Anda gatal, jika terdapat ketombe maka segera atasi dengan keramas menggunakan shampoo yang mengandung bahan alami seperti zinc, atau bahan lain yang aman untuk rambut.

Menggunakan Pengeriting Rambut

Selain penggunaan hairdyer, menggunakan pengeriting rambut terlalu sering juga merupakan penyebab dari rambut rontok yang perlu dihindari. Hal ini dikarenakan ketika mengeriting, rambut akan dililitkan pada alat pengeriting tersebut dan tentunya hal ini dapat membuat akar rambut menjadi tertarik. Hal inilah yang dapat memicu kerontokan rambut. Uap panas yang dihasilkan pada alat ini pun dapat membuat rambut bercabang dan pecah-pecah.

Penggunaan Obat Tertentu

Penggunaan obat tertentu juga dapat memicu kerontokan rambut yang parah. Misalnya saja obat untuk rebonding atau pelurusan rambut. Obat tersebut mengandung beberapa bahan kimia yang pada akhirnya berujung pada kerontokan rambut. Tak hanya obat rebonding saja, sering berganti cat warna rambut dan melakukan smoothing juga dapat menyebabkan masalah yang satu ini.

Stres atau Depresi

Berikutnya adalah karena stres atau depresi. Saat stres, oto saraf yang ada di kepala bisa menegang. Dan jika hal ini terjadi maka otot saraf pun dapat membuat akar rambut menjadi lemah. Akar rambut lemah inilah  yang bisa memicu kerontokan rambut.

Menggunakan Catok Rambut

Selain rebonding, untuk mendapatkan rambut yang lurus, banyak orang yang melakukan pencatokan rambut. Padahal catok yang Anda lakukan pun dapat membuat kulit kepala tidak sehat dan rambut kering serta bercabang. Sama seperti penggunaan pengeriting rambut, penggunaan catok rambut juga akan menghasilkan uap panas yang dapat menyebabkan masalah rambut ini.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab rambut rontok pada wanita yang perlu Anda ketahui.

Baca juga mengenai Penyebab rambut bercabang.