Ketahui Faktor Penyebab Sering Mimisan

By Categories : Kesehatan

Penyebab sering mimisan menjadi hal yang harus Anda ketahui agar dapat dilakukan tidakan yang benar. Mimisan atau dalam istilah kedokteran sering disebut dengan epistaksis ini merupakan pendarahan yang terjadi pada selaput hidung.  Kondisi ini memang sangat umum terjadi entah pada anak-anak ataupun orang dewasa hingga orang yang telah lanjut usia. Sering kali mimisan atau epistaksis terjadi secara spontan dan tanpa diketahui penyebab pastinya. Mimisan disebut sebagai manifestasu dari penyakit yang ada dalam tubuh, sehingga menimbulkan terjadinya pendarahan melalui  hidung. Maka dengan begitu dapat kita simpulkan bahwa mimisan tersebut bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala atau tanda dari suatu kondisi tertentu.

Sebelum kita membahas mengenai faktor penyebab sering mimisa lebih baiknya kita ketahui terlebih dahulu jenis mimisan. Jenis mimisan itu sendiri ada dua diantaranya adalah mimisan anterior dan mimisan pasterior. Nah untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya!

  • Mimisan Antrerior, merupakan pendarahan yang berasal dari nasal septum bagian bawah. Nasal septum adalah bagian dinding yang memilsahkan rongga hidung bagian kiri dan kanan. Biasnya mimisan ini sering terjadi disebabkan karena adanya benturan yang menyebabkan pembuluh darah pecah. Tapi untuk jenis mimisan ini lebih mudah untuk diobati dibandingkan jenis mimisan pasterior.
  • Mimisan Pasterior, jenis mimisan pasterior merupakan pendarahan yang berasal dari bagian yang terletak jauh dibelakang bagian hidung. Lebih tepatnya pada cabang alteri pemasok darah ke hidung. Untuk  mimisan jenis ini lebih berat dan membutuhkan perawatan medis untuk mengatasinya.

Nah itulah beberapa jenis mimisan yang dapat Anda ketahui. Sedangkan untuk penyebab dari mimisan diantaranya adalah sebagai berikut :

Inilah Faktor Penyebab Sering Mimisan

faktor penyebab sering mimisan

faktor penyebab sering mimisan

Kelainan Pembuluh Darah (Lokal)

Faktor penyebab sering mimisan paling umum terjadi karena adanya kelainan pembuluh darah . Kelainan pembuluh darah merupakan kelainan kongenital atau bawaan sejak lahir, dimana kondisi pembuluh darah lebih besar, lebar, tipis dan jaringan ika sel-selnya lebih sedikit. Oleh sebab itu  cenderung sangat rawan terjadinya pendarahan atau mimisan.

Penyakit Kardivaskuler

Penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, kelainan pembuluh darah seperti yang terjadi pada kronik, sirosis hepatis atau diabetes melitus. Itulah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan penderita mimisan terlalu sering. Untuk mimisan yang disebabkan karena penyakit hipertensi akan menyebabkan pendarahan yang sanat hebat dan jika di atasi maka akan berakibat fatal.

Trauma

Faktor penyebab mimisan yang berikutnya adalah karena faktor trauma. Trauma dengan mongorek hidung, benturan ringan, bersin dan karena kecelakaan. Karena kondisi tersebut otak akan memberikan simulasi pada tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya mimisan.

Mimisan sebagai gejala penyakit tertentu

Nah itulah beberapa faktor penyebab sering mimisan. Tak hanya itu saja, mimisan yang terjadi juga dapat mengindikasikan adanya suatu penyakit di dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kondisi tubuh dan penyakit yang dapat menyebabkan mimisan.

Leukimia

Yang pertama adalah leukimia. Leukimia atau kanker darah merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan harus ditangani secara serius. Dan salah satu gejala leukimia adalah mimisan. Untuk mengatasi salah satu penyakit peredaran darah yang satu ini dibutuhkan beberapa penanganan dan perawatan medis, seperti operasi transplantasi sumsum tulang belakang, kemoterapi dan masih banyak lagi.

Hemofilia

Sama halnya dengan leukimia, hemofilia merupakan salah satu penyakit yang menyerang peredaran darah. Faktor utama yang menyebabkan penyakit ini adalah karena keturunan. Seseorang yang menderita penyakit ini sebaiknya menghindari luka, karena luka tersebut tidak bisa membeku dan dapat menyebabkan kematian.

Tumor dalam rongga hidung

Tumor dalam rongga hidung umumnya muncul pada bagian nasofaring atau bagian sekitar hidung. Dan tentunya hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi tertekan sehingga menyebabkan mimisan. Penyebab dari penyakit ini adalah serangan virus yang kemudian berkembang menjadi tumor. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan cara melakukan operasi pengangkatan tumor tersebut.

Demam berdarah

Gejala demam berdarah yang sudah parah adalah ditandai dengan adanya pendarahan. Selain gusi, mimisan juga dapat menunjukkan pendarahan. Seseorang yang mengalami demam berdarah sangat membutuhkan istirahat yang cukup serta asupan makanan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit agar tubuh tetap fit dan cepat pulih.

Psikosomatis

Penyebab berikutnya adalah karena psikosomatis. Psikosomatis sendiri merupakan suatu kondisi mental atau psikologis yang terganggu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, antara lain depresi, stres dan juga rasa cemas yang berlebih. Namun Anda jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatai hal ini seperti merileksasikan diri dengan melakukan kegiatan yang disukai, yoga dan beberapa hal lainnya. Dengan begitu, maka beban yang ada dipikiran akan dapat berkurang dan tubuh pun akan lebih sehat.

Baca juga artikel terkait lainnya cara mengobati mimisan secara alami.

Demikian penjelasan mengenai for penyebab sering mimisanakt yang dapat Anda ketahui.

loading...